Label Musik Ciptaan Koen Lybaert

Di dalam dunia musik, keberadaan label musik merupakan hal yang amat penting. Label musik berperan sebagai sarana seorang musisi untuk memproduksi karya-karya yang mereka ciptakan. Label musik yang dibuat dan dimiliki oleh seorang musisi dimanfaatkan dalam mengeluarkan lagu, memanajemen artis dan mengatur penjualan lagu yang berhasil diciptakan. Karena manfaatnya tersebut, tak mengherankan jika sebuah label musik sangat penting bagi seorang musisi. Jika diperhatikan dengan seksama, setiap negara memiliki label musik yang namanya dikenal baik oleh musisi dunia.

U-Cover menjadi salah satu nama label musik ternama asal Belgia yang berhasil diciptakan oleh seorang musisi bernama Koen Lybaert yang bekerja sama dengan perusahaan untuk membangun U-Cover. Koen Lybaert sendiri merupakan seorang musisi yang menganggap U-Cover sebagai bentuk kepribadiannya sendiri. U-Cover ia gunakan untuk mengenalkan karya musiknya kepada orang banyak.

Menjadi seorang musisi, sudah sepantasnya bagi Koen Lybaert untuk mengabadikan karya musik yang ia ciptakan. U-Cover menjadi wadah atau sarana bagi seorang Koen Lybaert untuk mengenalkan karya musik yang ia ciptakan sendiri. Karya musik yang dibuat oleh Koen Lybaert menggunakan label U-Cover dan membuatnya mudah dikenal oleh orang lain. Dari label U-Cover, Koen Lybaert berhasil menciptakan dua buah labum lagu yang dirilis pada tahun 2011 dan tahun 2013. Pada tahun 2011, Koen Lybaert berhasil merilis album pertamanya yang diberi judul The Secret Meltdown. Album pertama ciptaan Koen Lybaert ini merupakan album yang berhasil dirilis oleh Koen Lybaert sejak 30 tahun ia berkarir di dunia musik. Dalam waktu yang lama tersebut, Koen Lybaert berhasil menciptakan album musik dengan menggunakan namanya sendiri. Album yang diberi judul The Secret Meltdown ini menggambarkan sebuah lagu yang dipadukan dengan alat musik.

Dua tahun berselang, Koen Lybaert berhasil merilis album keduanya yang diberi judul Dead Whale Floating. Album kedua tersebut merupakan hasil ciptaan Koen Lybaert yang dibuat dengan harapan yang amat besar. Album kedua buatan Koen Lybaert menjadi acuan seorang Koen Lybaert dalam berkarir di dunia musik. Koen Lybaert memutuskan untuk fokus dalam berkarir di dunia musik sejak album musik kedua yang ia rilis. Tidak hanya berhenti di album kedua, Koen Lybaert terus mengolah imajinasinya dalam menciptakan karya musik. Setiap karya musik yang dibuat oleh Koen Lybaert tak kalah keren dengan karya-karya musik yang sebelumnya pernah ia ciptakan. Dead Whale Floating menggambarkan seruan yang diperuntukan kepada beberapa pihak agar dapat berpikiran mengenai ekologi. Dead Whale Floating menjadi album musik yang menggambarkan secara pasti akan ciri khas yang dimiliki oleh Koen Lybaert dalam berkarir musik. Kedua album musik buatan Koen Lybaert dirilis langsung melalui U-Cover yang merupakan label musik buatannya sendiri.

5 Musisi Belgia Terkenal Di Dunia Yang Harus Kamu Dengarkan
Artis Informasi Musik

5 Musisi Belgia Terkenal Di Dunia Yang Harus Kamu Dengarkan

5 Musisi Belgia Terkenal Di Dunia Yang Harus Kamu Dengarkan – Belgia adalah negara dengan banyak budaya dan bahasa. Tapi musik membuat perbedaan antara negara dan orang menghilang. Inilah lima artis musik Belgia yang harus diketahui. Mengingat ukuran Belgia yang kecil, negara ini telah menghasilkan banyak sekali bakat inovatif akhir-akhir ini.

5 Musisi Belgia Terkenal Di Dunia Yang Harus Kamu Dengarkan

 u-cover – Saat generasi baru musisi Belgia menghiasi cakrawala, inilah pilihan dari Culture Trip dari rapper segar yang berkilau, kolektif jazz yang menarik, dan pakar musik elektronik yang ingin Anda awasi.

1. Danzel

Dia berusia 40 tahun, tetapi beberapa remaja di Belgia masih ingat ” Pump It Up ” miliknya, sebuah hit yang naik ke posisi ke-11 di UK Singles Chart yang bergengsi. Musik Danzel adalah house, techno, dan dance. Antara tahun 2003 dan 2011 ia hampir setiap tahun menerbitkan single baru, dan ” Jump ” (2007)-nya berada di 10 besar hit musik di Australia, Spanyol, Italia, Belgia, dan Jepang.

Baca Juga: Fokus Pasar Musik: Mengukur Industri Musik AS

Dia telah dianugerahi Artist of the Year Price oleh Polish Eska Music Awards (2005) . Faktanya, dia memiliki banyak penggemar di Polandia. Selanjutnya, ia mencoba untuk mewakili negara ini di Eurovision 2006.

2. Fabrizio Cassol

Pemain saksofon ini terkenal karena musiknya untuk tari dan teater, dan juga karena bandnya Aka Moon . Kami memilih Cassol karena instrumennya ditemukan oleh orang Belgia lainnya, Adolphe Sax, pada tahun 1840.

Fabrizio belajar di Liège Conservatory dan dia adalah musisi pertama yang menggunakan aulokrom , saksofon sopran ganda . Pada tahun 1992, ia bergabung dengan bassis Michel Hatzigeorgiou dan drummer Stéphane Galland untuk membuat Aka Moon, grup jazz beranggotakan tiga orang yang juga memainkan musik rock.

3. Pierre Kolp

Kolp lahir di Cologne (Jerman) pada tahun 1969, tetapi kita harus menganggap komposer ini sebagai orang Belgia. Studinya dalam komposisi (Conservatory of Brussels) dan Musicology (Free University of Brussels) semuanya di Belgia.Dia menggubah beberapa musik untuk orkestra. Juga musik kamar untuk alat musik tiup adalah bagian dari repertoarnya.

Tapi salah satu karyanya yang paling indah adalah potongan piano untuk instrumen yang dia mainkan. Pada tahun 1994, Kolp memenangkan Penghargaan Promosi Seni dan Musik Belgia, dan pada tahun 1995 ia dianugerahi dalam Kompetisi Komposer Eropa Muda. Dia adalah salah satu penulis lagu, komposer, dan pendidik musik terbaik di Belgia.

4. Stroma

Paul van Haver (1985) adalah nama asli musisi kelahiran Brussel ini. Dia menciptakan nama senimannya dalam ‘verlan’ , argot Prancis yang mengubah urutan suku kata. Faktanya, dia adalah Maestro pertama dan kemudian mengubahnya menjadi Stromae. Pada tahun 2008 ia bekerja untuk stasiun radio musik NRJ.

Dua tahun kemudian dia dinominasikan Best Dutch and Belgian Act di MTV Europe Music Awards. Terakhir, pada tahun 2011 ia mendapatkan European Border Breakers Award . Dari musik rapnya sampai sekarang, musiknya telah dipengaruhi oleh musisi techno lainnya dan, karena asal ayahnya, musik Kongo. Lagunya Papoutai menjadi nomor 1 di seluruh dunia pada tahun 2013.

5. Lara Fabian

Memiliki kewarganegaraan Kanada dan Belgia, dia adalah penyanyi wanita Belgia terlaris dalam sejarah. Dari crossover klasik hingga akustik, dengan repertoar musik pop-rock utama, dia berada di urutan ke-4 pada Kontes Lagu Eurovision 1988 mewakili Luksemburg. Lagu Croire benar-benar menjadi hit dan awal dari karir yang sangat bagus. Fabian adalah seorang komposer dan penyanyi, dan dia mampu berbicara bahasa Prancis, Inggris, dan bahkan Spanyol. Pada 2017 ia menerbitkan single baru Camouflage .

Fokus Pasar Musik: Mengukur Industri Musik AS
Artis Informasi Musik

Fokus Pasar Musik: Mengukur Industri Musik AS

Fokus Pasar Musik: Mengukur Industri Musik AS – Pasar musik AS bukan hanya pasar terbesar di dunia. Pengaruh AS menyebar jauh melampaui batas negara, mengamankan tempatnya sebagai trendsetter industri musik global. Pada Maret 2019, lebih dari 70% lagu di daftar putar Global Top-50 Spotify direkam oleh artis yang berbasis di AS.

Fokus Pasar Musik: Mengukur Industri Musik AS

u-cover – Tindakan Amerika memimpin industri ini, tetapi, pada saat yang sama, pasar musik Amerika sendiri sering kali kurang dieksplorasi oleh komunitas musik internasional. Sangat mudah untuk menghapusnya sebagai sepenuhnya mengglobal sementara industri ini sebenarnya penuh dengan kejutan dan kebiasaan lokal ketika Anda sampai ke dasarnya.

Mengukur industri musik Amerika

Tidak selalu jelas di mana harus menarik garis ketika mengukur industri musik. Definisi luas akan mencakup tidak hanya pengeluaran aktual pelanggan (untuk tiket konser, langganan streaming, dan sebagainya) dan arus kas lisensi B2B, tetapi juga pendapatan iklan dari radio dan media terkait musik lainnya. Definisi itu akan membuat total pendapatan pasar musik AS mencapai 43 miliar dolar .

Baca Juga :  9 Festival Musik Belgia  Terbaik Tahun 2022 Yang Pasti Kamu Ingin Hadiri

Di bawah pendekatan yang lebih konservatif, bagaimanapun, hanya sebagian kecil dari pendapatan radio yang akan dimasukkan dalam industri musik dalam bentuk pembayaran royalti. Di AS, bagaimanapun, bahkan itu tidak akan terjadi, karena stasiun radio Amerika tidak membayar royalti kinerja kepada artis rekaman, menyatakan bahwa mereka memberikan “publisitas dan promosi gratis kepada artis” .

Oleh karena itu, radio AS hanya memberikan kompensasi kepada pemilik komposisi penulis lagu dan penerbitnya . Jadi, mengadopsi definisi yang lebih tepat, pendapatan industri dapat diperkirakan dengan meringkas arus kas dari bisnis inti berikut:

Industri rekaman:

  • Industri rekaman tumbuh, dan pendapatan naik 16,5% pada tahun 2017, menambahkan hingga $8,8 miliar nilai ritel.
  • Pertumbuhan itu terutama didukung oleh munculnya layanan streaming. Selama periode yang sama, pendapatan streaming naik 43%.
  • Pada tahun 2018, streaming menyumbang 75% dari total pendapatan rekaman .

Industri langsung:

Sementara industri rekaman diukur dengan tepat, tidak ada konsensus mengenai pendapatan dari sektor live. Estimasi menjadi bermasalah karena berbagai alasan, mulai dari rumitnya atribusi pendapatan hingga volume pasar tiket sekunder. Akibatnya, estimasi pendapatan bervariasi antara sumber yang berbeda.

  • Berdasarkan estimasi Citi dan PwC , total pendapatan industri live dapat mencapai sekitar $9,5 miliar.
  • Sekitar 80% dari pendapatan langsung datang langsung dari penjualan tiket, sementara sponsor merek dan merchandise menghasilkan 20% lainnya.

Industri penerbitan:

  • Menurut Penelitian MIDiA , penerbitan menghasilkan $1,8 miliar di AS pada tahun 2017
  • Pendapatan penerbitan keseluruhan meningkat 8% selama tahun 2017.
  • Menurut Citigroup , pertumbuhan ini terutama didorong oleh lonjakan royalti kinerja, terkait dengan peningkatan streaming.

Meringkas arus kas segmen rekaman, siaran langsung, dan penerbitan, total pendapatan industri AS dapat mencapai sekitar $20 miliar.

Streaming adalah Raja

Pasar musik AS tampaknya sangat bergantung pada streaming sebagai media konsumsi musik. Laporan BuzzAngle terbaru menyatakan bahwa itu menyumbang sebanyak 85% dari semua pendapatan rekaman, sementara rata-rata global sekitar 38% . AS telah menyelesaikan transisinya ke paradigma distribusi musik baru : Drake’s Scorpion menempati posisi teratas di chart akhir tahun BuzzAngle dengan 500 ribu penjualan CD vs.

6 miliar streaming berdasarkan permintaan, dan SZN A Boogie Wit Da Hoodie mencapai 1 di Billboard dengan hanya 823 penjualan album . Namun, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan. Struktur konsumsi musik tidak sesederhana itu.

Radio di era digital

Ada sebagian besar konsumsi yang tidak tercermin dalam pendapatan industri. Seperti disebutkan sebelumnya, radio terestrial tidak berkontribusi langsung pada pendapatan industri, karena undang-undang AS mengatur bahwa efek promosi dari pemutaran cukup untuk mengkompensasi pemegang hak. Pada saat yang sama, radio tetap menjadi media paling kuat di AS, menjangkau 92% orang Amerika setiap minggu.

Jangkauan ini tidak hanya tinggi tetapi juga stabil angka ~90% tersebut bertahan selama dekade terakhir. Sebagai gambaran, menurut penelitian Nielsen, sepanjang tahun 2017 rata-rata konsumsi mingguan melalui radio sekitar 14 kali lebih besar dibandingkan konsumsi agregat melalui layanan audio streaming.(termasuk semua situs dan aplikasi internet yang dirancang untuk menyediakan konten audio, misalnya Pandora, Spotify, iHeartRadio).

Siaran radio, tentu saja, tidak hanya terbatas pada program musik: berita, acara bincang-bincang, dan konten non-musik lainnya selalu menjadi komponen penting dari pemutaran. Meski begitu, peran radio sebagai saluran konsumsi tidak bisa diremehkan.

Pada dasarnya, itu tetap menjadi media musik utama di AS hingga hari ini. Tapi apa alasan kekuatan radio seperti itu, media yang terkesan ketinggalan zaman di negara dengan tingkat penetrasi streaming tertinggi?

Kekuatan Airplay

Industri radio didukung oleh kekhususan budaya dan sifat pasar yang terlokalisasi. Pertama-tama, AS adalah salah satu industri musik yang paling terfragmentasi secara geografis. Negara terbesar keempat di dunia, membentang di lebih dari 9 juta km2, AS dibangun di atas prinsip-prinsip desentralisasi. Lanskap politik dan legislatif setiap negara bagian berbeda, dan ini merupakan cerminan dari keragaman budaya tingkat yang lebih dalam.

Sampai batas tertentu, setiap bagian Amerika Serikat yang berbeda memiliki latar budaya dan medianya sendiri, dan musik adalah bagian besar darinya. Desentralisasi itu tidak serta merta berhenti di tingkat negara bagian: Nielsen, misalnya, menyoroti tidak kurang dari 210 DMA (Area Pasar Khusus) sebagai wilayah tunggal di mana “penduduk dapat menerima saluran televisi, radio, dan siaran yang sama”.

Fragmentasi seperti itu mempengaruhi industri musik secara signifikan banyak penelitian telah menyoroti variasi preferensi musik di seluruh AS, dari distribusi selera genre secara keseluruhan hingga popularitas artis terpilih .

Dengan kata lain, AS lebih seperti sekelompok pasar gabungan lokal daripada industri homogen. Tentu saja, ada jaringan penyiaran yang menghubungkan ruang media negara, yang merupakan alat penting untuk promosi artis di tingkat nasional.

Siaran pantai-ke-pantai dapat menawarkan jangkauan nasional, dan acara seperti Saturday Night Live terkenal karena mendorong karier musik ke liga berikutnya. Namun, ada alasan bagus mengapa tidak ada musisi country yang pernah keluar dari New York dan di sinilah radio menunjukkan kekuatannya.

Sifat pemutaran yang terlokalisasi memungkinkan stasiun radio untuk terlibat dengan konteks budaya regional, dan itu adalah sesuatu yang tidak dapat ditawarkan oleh streaming global dan terpadu (setidaknya belum). Siaran radio dikuratori, dilokalkan, dan semakin interaktif, dan inilah tepatnya mengapa radio dapat bersaing setara dengan layanan streaming dari semua cakupan.

Sifat yang terlokalisasi itu juga menjadikan data pemutaran radio sebagai sumber wawasan yang sangat besar bagi para profesional musik itulah sebabnya Soundcharts saat ini melacak lebih dari 1.700 stasiun radio di 69 negara di seluruh dunia.

Selain itu, karena penyebaran geografis, kiasan budaya yang dominan dan kurangnya transportasi umum di wilayah tertentu, mobil pribadi tetap menjadi moda transportasi utama di negara ini. Amerika Serikat memiliki salah satu jumlah mobil per kapita terbesar, dengan 271 juta kendaraan beroperasi pada Q4 2017.

Populasi mobil seperti itu juga mendukung radio: lebih dari 70% orang Amerika menyebut radio terestrial dan satelit (SiriusXM dan sejenisnya) sebagai sumber audio dalam mobil terkemuka. Pada saat yang sama, semua layanan streaming utama sekarang menawarkan solusi untuk mendengarkan di dalam kendaraan, dari Apple CarPlay dan Google Android Auto hingga integrasi onboard Spotify dan pemutar suara yang dikabarkan ., menjadikan “Mobil” sebagai medan pertempuran utama dari kebuntuan “radio vs. streaming”.

Masa Depan Radio

Meskipun radio adalah media pertama untuk konsumsi audio, pendapatan gabungan dari stasiun-stasiun AS tetap stagnan selama beberapa tahun terakhir, karena pertumbuhan iklan digital dan penurunan arus kas pemutaran yang lambat menyeimbangkan satu sama lain.

Stabilitas ini diharapkan dari pasar yang matang seperti industri radio, tetapi pada saat yang sama, seperti yang ditunjukkan oleh kebangkrutan iHeart , bahkan beberapa pemain terbesar di pasar berjuang untuk menemukan model keuangan yang stabil.

Tantangan industri radio bukanlah pendapatan atau bahkan konsumsi yang turun, tetapi streaming telah tumbuh dua digit selama bertahun-tahun berturut-turut sekarang. Selain itu, profil usia pemirsa radio hampir berbanding terbalik dengan demografi pengguna streaming: sementara 16-25 tahun adalah sensus streaming teratas, radio tumbuh subur dalam demografi dari 35 tahun ke atas.

Penuaan penonton yang cepat ini sering disebut sebagai ancaman utama industri ini, karena pertanyaan apakah stasiun radio akan mampu melibatkan pendengar yang lebih muda atau tidak tetap terbuka. Dalam hal itu, Jika radio gagal untuk menerima generasi streaming, kita mungkin akan melihat penurunan cepat dalam pendapatan sektor ini di tahun-tahun mendatang.

Konsumsi Radio dan Musik

Untuk saat ini, bagaimanapun, radio mempertahankan posisinya yang menonjol. Berdasarkan studi AudienceNet , yang dilakukan pada bulan Juli 2018, tidak kurang dari 43% dari semua konsumsi musik terjadi melalui radio (termasuk airplay dan aliran digital dari siaran radio), melampaui streaming berdasarkan permintaan dengan 27%.

Layanan radio digital seperti Pandora, yang berada di semacam area abu-abu antara radio dan steaming, menyumbang 12% lainnya. Namun, bahkan jika kami akan menempatkan radio yang dapat disesuaikan di bawah label streaming, bagian agregat konsumsi musik melalui streaming masih akan kurang dari pemutaran radio.

Selain itu, lebih dari 49% orang Amerika menyebut radio sebagai saluran utama untuk penemuan musik. Dalam hal ini, industri AS adalah gabungan dari dunia digital dan fisik: sementara streaming menjadi pusat perhatian dalam hal struktur pendapatan, media tradisional masih tetap relevan seperti sebelumnya, dan penayangan tetap menjadi saluran promosi dan konsumsi pertama. dalam apa yang tampaknya menjadi industri yang sepenuhnya digital.

Namun, masih ada satu titik industri musik AS yang harus dijajaki. Sejak zaman pembajakan dan hingga ledakan streaming, pertunjukan langsung dianggap sebagai aliran pendapatan utama bagi artis mana pun di luar sana, sampai pada titik di mana semua aktivitas lain akan dilihat sebagai cara untuk mempromosikan tiket konser. Namun ada segmen industri live AS yang telah berkembang menjadi saluran promosi besar-besaran tidak hanya di Amerika Serikat tetapi di seluruh dunia festival musik papan atas.

Efek Coachella

Kemungkinannya adalah meskipun Anda tinggal di luar AS dan tidak pernah mengunjungi negara tersebut, Anda masih pernah mendengar tentang Coachella , Lollapalooza , dan South by Southwest . Jika Anda adalah penggemar EDM, Anda mungkin tahu EDC dan ULTRA , dan jika Anda menyukai musik country Anda mungkin merencanakan ziarah ke Festival CMA (walaupun itu masih lama).

Festival terbesar AS telah menjadi merek global, tidak hanya menarik banyak orang internasional ke AS tetapi mengekspor acara itu sendiri ke luar negeri. Festival ULTRA sekarang tersedia untuk penggemar di 28 lokasi di enam benua , dan sepanjang tahun 2019 Anda dapat menyaksikan Lollapalooza di 7 negara berbedadari Brasil ke Prancis dan kembali.

Untuk lebih mengaburkan batas, festival teratas sekarang menjadi acara online besar di atas yang fisik. Meskipun Coachella diketahui menarik lebih dari 500 ribu pengunjung sekaligus, kehadiran lokal hanyalah sebagian dari jangkauan festival.

Kehadiran digital dapat melipatgandakan atau bahkan tiga kali lipat dari total kehadiran: pada tahun 2018, misalnya, Coachella telah menghasilkan lebih dari 41 juta penayangan YouTube, memuncak pada sekitar 458 ribu pemirsa langsung secara bersamaan pada saat penampilan utama Beyonce.

Selain itu, tempat di jajaran festival liga pertama menjanjikan artis lebih dari sekadar peluang untuk menghasilkan uang dan mendapatkan penggemar baru (walaupun kedua faktor itu bisa sangat signifikan).

Memainkan festival besar menempatkan seorang seniman di peta . Ini segera menarik perhatian para promotor, pemrogram festival, dan profesional musik secara keseluruhan dari seluruh dunia itulah sebabnya pertunjukan festival top AS sering dianggap sebagai tonggak sejarah, terutama bagi artis internasional yang sedang naik daun.

Konteks Lokal dari Global Trendsetter

AS masih merupakan produsen utama dari konteks musik global. Hip-hop telah dimulai di New York pada tahun 70-an dan lagu rock’n’roll pertama direkam di Memphis pada awal tahun 50-an. Blues, Jazz, apa saja sebagian besar genre yang menguasai budaya populer sejak awal abad ke-20 berasal dari AS. Hal ini terkadang menyulitkan orang luar untuk menilai lanskap musik negara tersebut.

Kita semua tahu genre lokal yang tersebar di seluruh dunia: Prancis memiliki Variété Française, Korea memiliki K-pop dan sebagainya. Namun, ketika datang ke AS kita sering berpikir di sepanjang baris “semua genre internasional adalah Amerika, jadi semua genre Amerika adalah internasional”, sementara ada bagian penting dari konteks AS yang tidak menyeberangi lautan.

Negara negara

Musik country adalah ilustrasi yang sempurna untuk itu. Genre ini hampir tidak ada di luar Amerika Utara, dengan beberapa pengecualian aneh seperti pasar Cina , di mana, menurut IFPI , negara adalah genre paling populer ke-4.

Pada saat yang sama, itu sangat populer di AS: seperti yang dilaporkan oleh BuzzAngle , negara adalah genre musik paling populer ke-6 di Amerika Serikat, yang bertanggung jawab atas 8,7% dari total penjualan musik. Namun, ada alasan untuk percaya bahwa popularitas genre menyebar jauh melampaui lingkup itu.

Laporan BuzzAngle yang sama menempatkan hip-hop di puncak tangga lagu genre. Namun, sejalan dengan studi Deezer , yang dilakukan pada Mei 2018, musik country sebenarnya lebih populer daripada hip-hop, dengan 49,9% responden terlibat dengan genre tersebut, vs 37,5% dari hip-hop. Ketidakkonsistenan antara sumber terlihat jelas, tetapi apa alasannya?

Saat melihat metrik, selalu berguna untuk mengingat apa yang sebenarnya diwakilinya. Laporan BuzzAngle mengukur pendapatan rekaman dan memang, hip-hop adalah genre terlaris tertinggi dalam hal penjualan musik. Namun, seperti yang telah kami sebutkan, bagian konsumsi yang signifikan di Amerika Serikat tidak berarti mencatat pendapatan.

Bagan BuzzAngle tidak memperhitungkan pemutaran, sementara musik country memainkan peran besar dalam lanskap radio menurut Nielsen, ini adalah format radio 1 di AS, menyumbang 13,2% dari total mendengarkan radio .

Sekali lagi, tayangan tersebut menampilkan lapisan pasar AS, yang mungkin tidak terlihat pada pandangan pertama. Sifat desentralisasi AS memungkinkan beberapa konteks musik untuk hidup berdampingan dan berkembang secara paralel. Artis hip-hop yang berpusat pada internet mungkin dapat tumbuh ke puncak tangga lagu Billboard tanpa adanya pemutaran dan dukungan dari label rekaman, tetapi itu tidak berarti bahwa radio tidak penting lagi.

Kunci untuk memahami pasar ​​dan posisi Anda di dalamnya adalah dalam menilai gambaran lengkap: melampaui struktur pendapatan rekaman utama dan menjelajahi lanskap musik di semua saluran dan wilayah konsumsi.

Dan tidak ada alat yang memberi Anda pandangan 360° tentang karier artis seperti yang dilakukan Soundcharts . Platform kami melacak pemutaran radio di 69 negara di seluruh dunia (termasuk 400+ stasiun radio utama AS), konsumsi streaming dan daftar putar, audiens media sosial, sebutan pers online, dan ribuan grafik digital untuk memberi Anda laporan artis yang lengkap dan otomatis karir untuk artis 2M+ mana pun di basis data kami.

9 Festival Musik Belgia Terbaik Tahun 2022 Yang Pasti Kamu Ingin Hadiri
Informasi Musik

9 Festival Musik Belgia Terbaik Tahun 2022 Yang Pasti Kamu Ingin Hadiri

9 Festival Musik Belgia  Terbaik Tahun 2022 Yang Pasti Kamu Ingin Hadiri – Para pecinta musik dimanjakan dengan berbagai pilihan festival musik Belgia di tahun 2022. Festival kelas atas yang unik ini disambut baik dengan berbagai jenis antusiasme oleh orang-orang di seluruh dunia.Musik secara serius memiliki kekuatan untuk menyatukan kita dan festival musik Belgia membuktikannya dengan baik.

9 Festival Musik Balgia  Terbaik Tahun 2022 Yang Pasti Kamu Ingin Hadiri

u-cover – Dari acara-acara yang terkenal secara global seperti Boomtown, Sziget Festival dan Bout du Monde Festival, ada berbagai pilihan lain bagi Anda untuk menjadi liar dalam getaran yang baik. Berkemah di bawah bintang-bintang adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan yang tidak ingin dilewatkan oleh siapa pun.

1. Creamfields

Creamfields adalah salah satu seri festival musik dansa. Didirikan dan diorganisir oleh promotor klub Inggris, Cream. Festival yang dimulai sebagai festival satu hari kini menjadi acara empat hari dengan pilihan berkemah. Salah satu festival dansa paling bergengsi di planet ini memiliki semua yang Anda bisa minta terlepas dari rasa musik elektronik apa pun yang Anda sukai.

2. Festival Membaca & Leeds

Salah satu festival musik terbaik di Belgia, Reading and Leeds Festival berlangsung pada akhir pekan hari libur bank Agustus. Jangan lewatkan festival menarik yang merupakan salah satu sorotan utama musim panas ini.

Baca Juga :  10 Festival Musik  Di Belgia , 2022 Yang Tidak  Ingin  Anda Lewatkan 

3. Boomtown

Boomtown adalah salah satu festival musik terbesar dan luar biasa di Inggris yang diadakan selama akhir pekan kedua bulan Agustus. Festival lima hari ini memungkinkan Anda mengalami rangkaian musik yang beragam dengan konsep teater yang menakjubkan dan dunia musik yang sama sekali berbeda yang ada di dalam kota yang semarak. Festival ini mengikuti alur cerita yang berkembang setiap tahun dan mendorong masyarakat untuk menjelajahi semua kota yang ditawarkan, bahkan menjadi bagian dari cerita itu sendiri.

4. Festival Sziget

Sziget adalah salah satu festival musik Belgia terbaik di tahun 2022. Jangan lewatkan program paling berwarna di pulau kebebasan. Ini adalah salah satu festival yang tidak akan pernah menghabiskan satu sen pun untuk pemasaran karena terjual secepat itu setiap tahun. Festival Sziget memberikan pengalaman festival-liburan yang lengkap dengan konser langsung yang luar biasa, pesta tanpa henti, komunitas internasional, dan semua atraksi terkenal lainnya yang ditawarkan kota ini.

5. Pukkelpop

Sebuah festival musik multi-genre besar telah menghibur pengunjung festival sejak tahun 1985. Ini adalah favorit mutlak dari semua penggemar musik indie. Festival musik terbesar kedua di Belgia setelah Rock Werchter, dikenal luas dengan musik alternatifnya, mencakup gaya seperti elektronik, tari, rock, pop, hip-hop, heavy metal dan punk. Festival ini juga mencakup banyak permainan, aktivitas, restoran, dan lainnya yang tersebar di seluruh situs besarnya.

6. Festival Bout du Monde

Salah satu festival musik Belgia yang menakjubkan, Bout du Monde menarik banyak orang setiap bulan Agustus. Dengan lokasi yang fantastis dan musik yang bagus, festival musik ini wajib dikunjungi bagi semua pecinta musik di luar sana. Ini adalah salah satu festival musik dunia paling sukses di Prancis dan lokasinya memungkinkan pemandangan garis pantai Breton yang menakjubkan.

7. Festival yang Tak Terungkap

Untold festival adalah salah satu festival musik musim panas terbaik di Belgia dan pemenang European Festival Awards 2015. Tahun lalu, festival empat hari yang epik ini merayakan hari jadinya yang ke-5 dengan headliner David Guetta, Timmy Trumpet, Martin Garrix, Oscar And The Wolf, Bastille, Dimitri Vegas dan Like Mike. Ini adalah festival musik elektronik tahunan terbesar.

8. Festival Dimensi

Dimensions festival memberi pengunjung empat hari soulful house dan drum ‘n’ bass. Ini adalah salah satu festival musik elektronik terkenal di Belgia yang menyatukan semua pecinta musik dari seluruh dunia. Diatur dalam pengaturan festival yang paling unik, ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi banyak hal dengan pesta pantai, perahu, hutan, dan amfiteater.

9. Festival Pandangan

Festival Outlook adalah festival musik bass top Kroasia. Musim panas ini akan menjadi waktu terakhir bagi Anda untuk menikmati siang dan malam semua hal bazz di festival ini di benteng di Kroasia karena Outlook akan bergerak pada tahun 2020. Harapkan banyak kesenangan dengan pesta perahu, pesta pantai, dan menampilkan bintang tarian bawah tanah , hip hop, drum ‘n’ bass, kotoran dan garasi di sepuluh tahap.

Festival musik Belgia yang semarak benar-benar merupakan lambang dari suasana meriah dan alasan mengapa turis datang dalam jumlah besar. Ketika Anda meninggalkan kota, sedikit festival pasti akan ada di dalam diri Anda.

Pesan perjalanan Anda ke Belgia dari Traveltriangle dan berpartisipasi dalam kegilaan festival yang menakjubkan ini. Saksikan kota yang belum pernah ada sebelumnya dan ciptakan kenangan indah bersama orang yang Anda cintai.

10 Festival Musik  Di Belgia , 2022 Yang Tidak  Ingin  Anda Lewatkan 
Informasi Label Music Musik

10 Festival Musik  Di Belgia , 2022 Yang Tidak  Ingin  Anda Lewatkan 

10 Festival Musik  Di Belgia , 2022 Yang Tidak  Ingin  Anda Lewatkan – Belgia adalah negeri festival musik. Dari musim semi hingga akhir musim panas, Anda dapat menghadiri festival musik setiap akhir pekan dan bahkan lebih dari satu di bulan Juli dan Agustus. Flanders khususnya adalah festival yang sedikit gila, bahkan kota-kota terkecil pun menyelenggarakan festival mereka sendiri.

10 Festival Musik  Di Belgia , 2022 Yang Tidak  Ingin  Anda Lewatkan

u-cover – Beberapa festival musik di Belgia ini telah ada selama bertahun-tahun dan sekarang menjadi lembaga musik yang tepat. Saya telah mengumpulkan daftar untuk Anda dengan beberapa nama terbesar dan beberapa festival Belgia yang akan datang.

Ada festival musik rock, pop, dunia, elektronik di Belgia dan banyak lagi, jadi Anda pasti akan menemukan festival yang sesuai dengan selera Anda. Tidak ada alasan. Musim panas di Belgia berarti festival, dan festival berarti kesenangan!

1. DENGARKAN! FESTIVAL 2022

Mendengarkan! Festival 2022 adalah festival musik Brussel yang tidak boleh Anda lewatkan jika Anda menyukai musik elektronik dan suasana pesta di tengahnya. Mendengarkan! Festival adalah perayaan musik elektronik dan dansa di seluruh Brussel, menyatukan beberapa seniman paling berbakat dari Belgia dan luar negeri. Lebih dari 15.000 orang menghadiri acara ini pada tahun 2019.

Baca Juga : 15 Festival  Musik Terbaik Di Belgia Untuk  Dinikamati  Sebelum  Anda Mati 

Perlu diingat tidak ada berkemah karena ini adalah festival kota. Tapi kabar baiknya adalah pada tahun 2022, Dengar! Festival telah bermitra dengan Motel One Brussel. Untuk melihat semua detailnya, lihat halaman FAQ festival . 2022 Dengarkan! Barisan festival meliputi Sinyal Malam, Le Bureau Electronique, Not Your Techno.

2. EKSTREM LUAR RUANGAN BELGIA 2022

Extrema Outdoor Belgium kembali pada tahun 2022 dengan setlist yang tidak nyata untuk tetap menjadi salah satu perwakilan terbaik dari festival EDM Belgia. Extrema Outdoor Belgium adalah festival rumah dan techno di Belgia. Tapi itu juga jauh lebih dari itu. Visual memainkan peran besar dalam pengalaman Extrema Outdoor, dengan tahapan yang mengesankan dan tema menyeluruh yang berbeda setiap tahun.

Festival musik house dan techno ini mencoba untuk beroperasi dengan cara yang bertanggung jawab secara ekologis dan memberikan banyak perhatian pada keseluruhan pengalaman festival, dengan pilihan berkemah yang berbeda dan stan makanan yang lezat. Pada 2019, lebih dari 53.000 orang mengunjungi festival tersebut.

3. PERTEMUAN LOGAM GRASPOP 2022

Festival Graspop Metal Meeting merayakan edisi ke-25 pada tahun 2022 dengan empat hari starpower logam murni untuk menjadikannya akhir pekan yang tak terlupakan.Seperti namanya, festival ini adalah tentang metal, rock, dan punk. Ini adalah salah satu festival paling buruk di Belgia.

Pada tahun 2019 festival menerima lebih dari 80.000 pengunjung yang datang ke rock. Graspop 2022 menampilkan lebih dari 110 band luar biasa, termasuk Iron Maiden, Faith No More, Deftones, Korn, Judas Priest, The Dropkick Murphys, Megadeath, Mastodon, dan banyak lagi!

4. GENK DI PANGGUNG 2022

Genk on Stage adalah musik pop di kota Genk dengan banyak artis Belgia, tetapi juga beberapa nama internasional. Pada tahun 2019, lebih dari 28.000 orang menghadiri Genk on Stage tahun lalu.Jajaran Genk on Stage 2022 termasuk School is Cool, Yung Mavu, The Starlings, dan De Mens.

5. COULEUR CAFÉ 2022

Couleur Café 2022 menghadirkan kembali seniman paling menarik di lanskap musik dunia di bawah Atomium yang ikonik di Brussels.Couleur Café adalah festival musik Brussel tepat di bawah Atomium yang terkenal.

Ini adalah tempat untuk musik dunia, reggae, hip-hop, dubstep dan banyak lagi. Dengan enam panggung, Anda akan kesulitan menentukan aksi mana yang akan dilihat, dan kemudian ada juga aksi sampingan kecil yang muncul di area festival.

Untuk yang lapar, saya sangat merekomendasikan pasar makanan dunia. Pada tahun 2019, lebih dari 40.000 orang menghadiri festival Couleur Café. Ini adalah salah satu festival paling populer di Brussel. The Couleur Cafe line up 2022 termasuk Youssou N’Dour, Dub Inc, Shaggy, Tarrus Riley, dan Mr Eazy.

6. FESTIVAL MUSIK EROPA MUDDY ROOTS 2022

Muddy Roots Europe Music Festival merayakan edisi ke-10 dengan acara yang intim namun penuh perasaan. Muddy Roots Music Festival berasal dari tahun 2010 di Amerika Serikat dan diperluas ke Eropa pada tahun 2012. Menampilkan banyak genre musik dari country dan bluegrass hingga rock and roll, festival populer ini adalah pilihan tepat bagi pecinta musik di mana pun.

Pada tahun 2019, acara tiga hari yang luar biasa ini menampilkan 22 band dan dihadiri oleh lebih dari 1300 tamu yang berbahagia. Babak pertama untuk Festival Musik Muddy Roots 2022 telah diumumkan. Artis pertama yang bergabung dengan pesta adalah Dimiliki oleh Paul James dan Phat Bass Mountain Boys. Aksi lainnya akan segera diumumkan.

FESTIVAL MUSIK BELGIA PADA JULI 2022

7. KOTA SURGA 2022

Paradise City adalah festival musik elektronik hijau di Belgia yang berfokus pada inovasi dan ekologi melalui musik. Jangan berharap tempat yang agak hippie. Harapkan makanan lezat yang dibuat dengan produk lokal, musik elektronik terbaik, tempat berkemah hijau, dan suasana santai.

Paradise City adalah festival baru dan agak kecil, tetapi tumbuh lebih besar setiap tahun. Pada tahun 2019, lebih dari 35.000 orang menghadiri acara tersebut. Line-up 2022 lengkap telah diumumkan, dan tidak ada yang lebih baik dari ini artis termasuk Sofia Kourtesis, Axel Boman, Fatima Yamaha, TSHA, dan DJ Tennis.

8. ROCK WERCHTER 2022

Rock Werchter adalah salah satu festival musik pop dan rock terbesar di Belgia. Itu selalu terjual habis dengan sangat cepat dan merupakan lembaga nyata di lanskap festival Belgia, dengan empat tahap. Pada bulan Maret 2017, Rock Werchter memenangkan ILMC Arthur Award untuk “Festival Terbaik” untuk keenam kalinya.

Dan pada tahun 2019, festival yang terjual habis menerima lebih dari 100.000 orang. Lineup Rock Werchter 2022 termasuk artis seperti The Killers, Pearl Jam, Red Hot Chili Peppers, Royal Blood, dan Pixies.

9. GENT JAZZ FESTIVAL 2022

Festival musik Belgia tidak lengkap tanpa perayaan jazz. Gent Jazz Festival menghadirkan aksi jazz mainstream dan jazz yang lebih avant-garde dan fusion. Setiap tahun Anda dapat menemukan beberapa nama jazz terbesar di dunia di sini, serta aksi yang akan datang, baik Belgia maupun internasional. Pada 2019, lebih dari 34.000 orang mengunjungi festival musik Ghent ini. Jajaran Gent Jazz 2022 termasuk nama-nama seperti Van Morrison, Sting, dan Melody Gardot.

10. LES ARDENTES 2022

Les Ardentes berlangsung di pusat kota Liège dan menggabungkan panggung utama terbuka dengan panggung dansa luar ruangan yang lebih kecil dan dua aula pertunjukan di dalam. Line-up sangat beragam, dengan hip-hop, dance, rock dan banyak lagi. Pada tahun 2019, festival musik Belgia ini menyambut tidak kurang dari 70.000 pengunjung. Barisan Les Ardentes 2022 termasuk artis seperti A$AP Rocky, Tyler, The Creator, dan Megan Thee Stallion.

15 Festival  Musik Terbaik Di Belgia Untuk  Dinikamati  Sebelum  Anda Mati 
Informasi Musik Seni

15 Festival  Musik Terbaik Di Belgia Untuk  Dinikamati  Sebelum  Anda Mati 

15 Festival  Musik Terbaik Di Belgia Untuk  Dinikamati  Sebelum  Anda Mati  – Mencari festival musik terbaik di Belgia pada 2021-2022!? Nah, Anda berada di tempat yang tepat, karena saya telah menyusun panduan luar biasa ini untuk acara-acara mendatang terbesar dan terbaik di negara ini!

15 Festival  Musik Terbaik Di Belgia Untuk  Dinikamati  Sebelum  Anda Mati 

u-coverBelgia baik dan benar-benar ada di peta dunia karena banyak alasan yang luar biasa, dan untuk negara yang begitu kecil (30.000 kilometer persegi), banyaknya festival musik Belgia cukup mencengangkan! Sebagai perbandingan, Australia berukuran lebih dari 250 kali ukuran destinasi kecil di Eropa Barat ini.

Baca Juga : 10 Festival Musik Teratas di Belgia 2022

Semua kota besar di Belgia (dan di mana-mana di antaranya) memiliki berbagai festival, dan jika Anda berada di sini kapan saja dari bulan Juni hingga September, pertimbangkan jadwal Anda sampai penuh! Dari Brussel hingga Antwerpen, Brugge hingga Ghent, festival musik di Belgia tidak ada habisnya.

1. Tomorrowland

“Saat Martin Garrixx memainkan set penutup di Mainstage pada Minggu malam, saya menyaksikan dengan takjub lingkungan rave saya yang gila. Itu adalah bentuk terbaik dari kelebihan sensorik lengkap dengan dentuman bass, mesin asap, pita warna-warni, laser yang hidup, lampu yang kuat, kembang api astronomi, dan lautan orang yang mengibarkan bendera dari hampir setiap negara di planet bumi.

“Tomorrowland adalah festival musik dansa terbesar di dunia, menghadirkan jajaran DJ papan atas dari seluruh spektrum musik dansa ke Boom di Belgia setiap musim panas. Itu berarti apakah Anda menyukai EDM, house, techno, hardstyle, atau semua hal di atas, Anda hanya akan dikelilingi oleh yang terbaik. Masukkan desain panggung, produksi, dan kejutan uniknya yang luar biasa, dan mudah untuk melihat mengapa tiket Tomorrowland terjual habis dalam waktu singkat setiap tahun. Sekarang dianggap sebagai kiblat bagi semua penggemar musik dansa, membenamkan diri ke dalam negeri ajaib mitologis ini harus menjadi yang teratas dalam daftar keinginan setiap penggemar musik.”

2. FESTIVAL DURI

“Festival Dour multi-genre telah merobek pedesaan Belgia sejak 1989. Ini mungkin dimulai sebagai acara satu hari dengan beberapa ribu orang, tetapi sekarang festival besar lima hari itu dihadiri 225.000 peserta, dan ratusan seniman. Perpaduan musiknya mencakup segala hal mulai dari rock mainstream hingga elektronik hingga pop.”

3) KOTA SURGA

Paradise City Festival adalah festival musik elektronik di Perk, Belgia. Dengan panggung yang diselenggarakan oleh beberapa merek clubbing paling dihormati di negara ini, festival ini menyambut sederetan nama yang sangat dihormati dari rumah dan bawah tanah techno yang dinamis dan beragam. Halaman yang indah dari Kastil Ribaucourt yang bersejarah menjadi tuan rumah pesta, yang sekarang berlangsung selama tiga hari setelah diperpanjang dari dua hari untuk pertama kalinya musim panas lalu.

4) ROCK WERCHTER

“Rock Werchter adalah festival musik multi-genre di Belgia. Dimulai pada tahun 1974 sebagai perayaan musik satu hari, festival ini terus berkembang selama bertahun-tahun dan sekarang mencakup empat hari. Menyambut lebih dari 150.000 penggemar setiap tahun, Rock Werchter adalah salah satu festival terbesar tidak hanya di negara asalnya, tetapi juga di Eropa. Dengan sikap “untuk rakyat”, suasana terbuka, dan barisan tahunan beberapa nama besar dalam musik, festival ini tidak diragukan lagi telah mencapai status daftar ember.”

5) EKSTREM LUAR RUANGAN BELGIA

“Extrema Outdoor Belgium adalah festival musik elektronik yang diadakan di Houthalen-Helchteren, di timur laut negara itu. Deretan artis underground house dan techno’s heavy-hiter menjadikan festival ini salah satu festival terbesar dan terbaik di kawasan ini, dan permintaan tiket tampaknya terus meningkat saat penggemar musik dansa berduyun-duyun ke hutan dan tepi danau yang mempesona. Inti dari ini adalah komitmen yang tepat untuk mempromosikan inklusivitas, kepositifan, dan rasa kekeluargaan. Festival ini membuat semua orang merasa seperti di rumah sendiri, mulai dari DJ superstar papan atas hingga ribuan penggemar musik di setiap lantai dansa.”

6) FESTIVAL KAKTUS

“Cactusfestival adalah festival musik multi-genre di Bruges, Belgia. Berfokus pada rock dan alternatif, festival ini adalah salah satu dari sedikit yang tersisa untuk menampilkan satu panggung. Hal ini dilakukan untuk menghindari konflik waktu panggung dan membangun suasana yang kohesif. Sejalan dengan ini, penyelenggara bersikeras untuk menjaga suasana yang agak intim, membatasi Cactusfestival menjadi sekitar 25.000 orang. Dijalankan setiap tahun sejak 1982, Cactusfestival memasuki edisi ke-36, jadi formulanya jelas bekerja.”

7) FIRE IS GOLD (SEBELUMNYA FESTIVAL LAUNDRY DAY)

“Setelah lebih dari 20 tahun menjadi bagian dari sejarah Antwerpen, Laundry Day memutuskan sudah waktunya untuk masa depan. Apa yang dimulai sebagai acara gratis di area perbelanjaan Kammenstraat, tumbuh menjadi festival musik multi-genre terbesar di Antwerpen. Dengan sangat gembira, Laundry Day mempersembahkan Fire is Gold, sebuah pertemuan perkotaan yang bercita-cita untuk terhubung dalam musik, mode, olahraga, dan pembicaraan.”

8) MARATON ELEKTRONIK BRUSSEL

“Brussels electronic marathon adalah festival musik elektronik perkotaan empat hari, tersebar di lebih dari 30 tempat di seluruh ibu kota. Festival ini merupakan hasil dari upaya kolaboratif antara banyak kolektif lokal yang bersama-sama menciptakan dan membangun dunia musik Brussel. BEM akan menyelenggarakan puluhan acara untuk menunjukkan bakat yang ditawarkan kota kita. BEM adalah festival banyak sisi, dengan pesta, instalasi seni, lokakarya, pembicaraan, kegiatan pengenalan untuk anak-anak dan keluarga mereka, dan segala macam hal indah lainnya. Festival ini berfokus pada musik elektronik, dalam arti seluas mungkin.”

9) GENK DI PANGGUNG

“2019 melihat Genk tahunan ke-17 di atas Panggung! Resep untuk kesuksesan festival? Lebih dari 100 aksi, deretan eklektik nama-nama terkenal dari dalam dan luar negeri serta talenta lokal, tiga hari festival, sembilan panggung, program pinggiran yang dikemas dan gebrakan nyata di udara Semuanya gratis!”

10) FESTIVAL MAANROCK

“Maanrock, festival luar ruang besar di Mechelen. Panggung utama dapat ditemukan di Grote Markt, dua panggung yang lebih kecil terletak di Ijzerenleen dan di Vismarkt. Minggu secara tradisional adalah hari keluarga, dengan beberapa tindakan ramah anak. Maanrock menjadi festival rock dan pop gratis terbesar dan terpopuler di Flanders.”

11) FESTIVAL W

“W-Festival, festival musim panas gelombang baru dan synth pop Belgia, merayakan gelombang kehidupan baru! Semua jalan menuju Waregem W Fest di Belgia terdalam, terletak 30km dari perbatasan Prancis, dan sekarang di tahun ketiganya menjadi daya tarik utama bagi penggemar musik dari segala usia dengan sisi gelap (dengan pertunjukan kuat 50-an) .”

12) PUKKELPOP

“Pukkelpop adalah festival tiga hari yang diselenggarakan oleh Leopoldsburg’s Humanistische Jongeren (“Kaum Humanis Muda”) yang dimulai pada tahun 1985. Pukkelpop memulai kehidupan sebagai acara musik lokal kecil sebelum menjadi festival alternatif luar ruang. Pukkelpop kini telah menjadi salah satu acara musik terbesar di Eropa.

Festival ini adalah pengalaman yang lengkap, dan salah satu yang telah mempromosikan hubungan masyarakat selama lebih dari 30 tahun. Pukkelpop memilih line-up musik dengan pinggiran alternatif. Hampir 200 sensasi musik saat ini, legenda hidup, dan seniman alternatif visioner semuanya datang untuk tampil di salah satu dari banyak panggung kami. Pukkelpop membuka dunia kemungkinan, dari rock hi-octane hingga penyanyi-penulis lagu low-fi, percikan cerah pop murni hingga banging house dan hot metal.”

13) FESTIVAL MUSIM PANAS BRUSSEL

“BSF bukan sekadar festival. Terlepas dari lokasi yang sarat dengan sejarah yang digunakan dan dirayakan, itu tidak terikat pada satu gaya musik tetapi membahas banyak genre artistik Berbagai macam musik yang sangat baik tetap menjadi formula kemenangan dan ciri khas BSF, dan yang telah menyenangkan penonton dalam jumlah yang meningkat melalui tahun lalu. Mencerminkan keragaman musik yang kita jumpai di kota besar, BSF akan menghadirkan artis-artis berbakat yang mewakili berbagai genre musik, pop/rock, elektro, Hip Hop, Dan sebagian lagi diperuntukkan bagi artis pendatang baru. Festival ini menawarkan mereka sebuah platform dan kesempatan untuk dipromosikan seperti para headliner, dan itu adalah bagian penting dari daya tarik acara.”

14) FESTIVAL TEGANGAN

“Voltage Festival merupakan festival musik elektronik di Zwevegem, Belgia. Dengan jajaran DJ bawah tanah yang canggih, festival ini melayani kepala musik serta mereka yang suka berpesta. Mengubah pembangkit listrik yang terbengkalai menjadi pusat kreatif berjiwa bebas, Voltage Festival memiliki nuansa industri yang unik, menampilkan panggung dalam dan luar ruangan. Mencari talenta muda terbaik sepanjang tahun, festival ini adalah kesempatan Anda untuk melihat aksi mendatang yang tidak akan Anda temukan di festival perusahaan reguler Anda.”

15) KITA BISA MENARI

“Musik dansa di pantai Zeebrugge yang kami cintai. Musik bawah tanah berkualitas 4 panggung direncanakan dengan mitra panggung yang merupakan crème de la crème dari promotor nasional saat ini line-up keren dan orisinal tertinggi dalam latar dekoratif yang unik. Line-up akan terungkap dalam beberapa minggu dan bulan berikutnya. WECANDANCE adalah tentang menemukan elemen gaya hidup. Anda mungkin tidak mengenal semua artis, tetapi mengapa tidak datang saja, nikmati suasananya, dan temukan lagu favorit baru Anda di Musim Panas.”

10 Festival Musik Teratas di Belgia 2022
Informasi Musik Seni

10 Festival Musik Teratas di Belgia 2022

10 Festival Musik Teratas di Belgia 2022 – Oh Belgia, dari mana kita mulai? Superstar global Tomorrowland ? Raja pop alternatif Pukkelpop ? Sabuk konveyor ikon musik yaitu Rock Werchter ? Tapi bagaimana dengan pertemuan titanic hip-hop dan trap, Les Ardentes ?

10 Festival Musik Teratas di Belgia 2022

u-cover – Sebenarnya, bisa jadi salah satunya, karena meskipun populasinya hanya 11 juta, Belgia memang sangat serius dalam merayakan festival musiknya, memenuhi setiap genre yang bisa dibayangkan.

Berikut adalah sepuluh yang terbaik Belgia yang tidak boleh dilewatkan.

Ronquières

Terletak di apa yang disebut ‘dermaga miring’ Ronquières di wilayah Walloon (berbahasa Prancis), festival dua hari ini mengundang barisan dan kerumunan yang sebagian besar berbasis di Prancis dan Belgia, meskipun dengan bumbu bakat internasional yang biasa.Meskipun musik yang ditawarkan eklektik, selalu ada kehadiran Francophone yang kuat dengan nuansa elektronik dan pop, melihat Snow Patrol dan Julien Doré pada tahun 2022 dengan lebih banyak lagi yang akan datang.

Graspop Metal Meeting

Graspop Metal Meeting telah mengumpulkan raksasa musik metal di kotamadya Dessel selama lebih dari 25 tahun, melihat festival tersebut menjadi salah satu yang paling bergengsi di antara acara metal besar di benua itu. Dengan perkiraan 150.000 pengunjung festival yang hadir setiap tahun, itu adalah jumlah yang serius dari tanduk setan yang dipamerkan.

Baca Juga : Cara Lisensi Musik 

Couleur Café

Mixer perkotaan Couleur Café memadukan koktail yang memperkaya dari suara paling keren di sekitar dengan masakan global, lokakarya tari, marching band, bar koktail, pameran seni di ‘Cool Art Café’, dan ‘Desa Solidaritas’ dengan pembicaraan dari LSM.

Masam

Kami suka menggunakan mantra “jika segar, itu Dour”, dan itu karena pengunjung festival dapat mengharapkan suara baru terbaik yang keluar dari segala sesuatu mulai dari elektronik dan hip-hop hingga punk dan hardcore. Jangan khawatir jika Anda mendengar gelombang besar orang-orang meneriakkan ‘DOUREUHH’, itu adalah kebiasaan festival dan tidak diragukan lagi Anda akan bergabung pada akhirnya.

Festival Musim Panas Brussel

Seperti namanya, festival tahunan ini mengambil alih ibukota Belgia di musim panas dengan barisan elektro, rap, house, indie, dan pop top. Menjadi rumah bagi Place des Palais dan Mont des Arts yang megah sekali lagi, festival musim panas ini akan merayakan ulang tahunnya yang ke-18.

The Ardents

Apa yang dulunya merupakan festival berbasis elektro/rock, Les Ardentes, atau “The Burning” jika Anda menerjemahkan ke dalam bahasa Prancis, sekarang menjadi salah satu pemimpin negara dalam hal musik urban. Meskipun ada raksasa hip hop dan trap internasional, Anda juga akan menemukan dosis house, techno, dan IDM yang bagus untuk menjaga tempo.

Pukkelpop

Sebuah institusi budaya sejak lahir pada pertengahan 1980-an, Pukkelpop adalah salah satu festival musik terbesar di Belgia, dengan ratusan ribu orang berduyun-duyun dari seluruh dunia untuk menikmati festival pop kontinental yang klasik.Meskipun festival ini dulunya memiliki daya tarik rock yang kuat, lineup dalam beberapa tahun terakhir terdiri dari beragam gaya musik. Sebuah pengalaman yang sepenuhnya mendalam, Pukkelpop mungkin adalah hubungan terdekat Belgia dengan Glasto.

Rampage

Bukan untuk yang lemah hati, Rampage adalah festival drum dan bass beroktan tinggi dan dubstep di kota Antwerpen. Sekarang memasuki dekade kedua, festival ini dikenal di seluruh Eropa sebagai tempat pertemuan utama bagi para penggemar genre musik dansa ini. Harapkan pertunjukan cahaya sebesar sistem suara.

Rock Werchter

Sekarang menjadi raksasa rock, sejarah Rock Werchter yang terkenal hampir 50 tahun telah melihat royalti seperti Bob Dylan, Oasis, Arctic Monkeys, Foo Fighters, Muse, Nine Inch Nails, System Of A Down, Radiohead, REM, dan bahkan Pink Floyd menghiasinya. panggung di depan 150.000 penumpang.Konon, festival ini tidak semuanya rock, rock, rock, tetapi mereka menggandakan legenda musik mereka pada tahun 2022 dengan Metallica, Red Hot Chili Peppers, dan Pearl Jam semuanya menjadi headline. Bukan berarti siapa pun akan mengeluh tentang hal itu.

Tomorrowland

Legenda festival dunia, Tomorrowland tidak perlu diperkenalkan. Menampilkan krim EDM dari tahun ke tahun, dunia fantasi telah menjadi kiblat bagi penggemar musik elektronik yang datang dari seluruh dunia untuk merasakan pengalaman seperti Hardwell, David Guetta, dan rekan-rekannya. di samping bunga berukuran besar, gunung berapi aktif, bola disko raksasa, kupu-kupu yang meledak, meriam asap, confetti, dan segala macam keajaiban yang mengejutkan.

Cara Lisensi Musik
Album Record Informasi Musik

Cara Lisensi Musik

Cara Lisensi Musik – Universal Music Publishing Group (UMPG) adalah penerbit musik global terkemuka dengan 48 kantor di 46 negara. Berkantor pusat di Los Angeles, UMPG mewakili musik di setiap genre dari beberapa penulis lagu dan katalog paling penting di dunia.

Cara Lisensi Musik

u-cover – Hak apa yang harus saya hapus untuk menggunakan lagu di video saya? Penerbitan vs Master

Saat Anda ingin menyinkronkan lagu dengan visual apa pun, ada dua hak terpisah yang perlu Anda bersihkan:

– Yang pertama adalah Hak Penerbitan yang ditujukan untuk komposisi dan lirik dan dapat dilisensikan dari penerbit musik yang mewakili penulis lagu.

– Hak kedua yang perlu Anda hapus adalah Hak Master yang ditujukan untuk perekaman suara yang sebenarnya dan dapat dilisensikan dari label rekaman yang mewakili artis yang merekam lagu tersebut.

Baca Juga : Cara Merekam Dan Menjual Lagu Cover Secara Legal Dalam 3 Langkah 

Mari kita gunakan lagu ‘White Christmas’, yang ditulis oleh Irving Berlin sebagai contoh. Universal Music Publishing mengontrol hak penerbitan untuk lagu ini tetapi jika Anda ingin menggunakan rekaman Bing Crosby dari ‘White Christmas’, serta mendekati Universal Music Publishing, Anda juga perlu menyelesaikannya dengan Universal Records yang memiliki master rekaman. Atau jika Anda memutuskan untuk menggunakan versi Michael Buble, maka rekamannya dimiliki oleh Warner Records sehingga Anda memerlukan izin mereka. Rekaman mana pun yang Anda gunakan, Anda akan selalu memerlukan izin penerbit yaitu UMPG dalam hal ini.

Bagaimana cara memeriksa siapa yang memiliki Hak Penerbitan dan Master untuk sebuah lagu?

Untuk memeriksa siapa yang memegang hak penerbitan Anda dapat menghubungi Buma/Stemra dan untuk hak master Anda dapat memeriksa secara online dengan beberapa platform streaming seperti I-Tunes dan Spotify. Informasi juga mungkin ada di dalam sampul CD yang sering kali memberi tahu penerbit dan label rekaman.

Saya tinggal di Belanda dan ingin menggunakan lagu Universal Publishing di video saya, apa yang terjadi selanjutnya?

1. Jika lagu tersebut adalah hak cipta Universal Music Publishing, maka Anda perlu menghubungi tim lisensi kami melalui, memberi tahu kami lagu apa yang ingin Anda gunakan dan deskripsi singkat tentang proyek Anda.
2. Kami kemudian akan dapat mengonfirmasi bagian penerbitan kami dan mengirimkannya melalui formulir sinkronisasi yang sesuai.
3. Berdasarkan informasi yang diberikan, kami kemudian akan mengirimkan kutipan kasar untuk penggunaan yang akan tunduk pada persetujuan akhir penulis.
4. Jika Anda ingin melanjutkan ke izin berdasarkan ketentuan kutipan kami, kami akan mengirimkan persetujuan penulis yang relevan.
5. Jika permintaan disetujui, kami kemudian akan mengeluarkan persetujuan resmi kami bersama dengan permintaan detail kontrak dan faktur. Semua persetujuan tunduk pada kontrak akhir sehingga penggunaan hanya boleh dilanjutkan setelah semua dokumen selesai.
6. Harap diperhatikan, kami tidak dapat menjamin permintaan Anda akan disetujui oleh penulis kami.

Bagaimana jika saya tidak berbasis di Belanda?

Semua permintaan harus ditangani oleh kantor Universal Music Publishing (UMPG) setempat sebagai pihak yang mengadakan kontrak. Kantor kami menangani permintaan untuk Belanda, Belgia dan Luksemburg. Jika Anda tidak yakin dengan kantor lokal Anda, Anda dapat melihat peta di halaman Kontak kami .Permintaan lisensi master untuk Belgia ditangani oleh kantor Universal Music Belgia.

Saya tidak yakin apakah saya akan menggunakan lagu itu tetapi hanya ingin kutipan?

Biaya kami didasarkan pada persyaratan yang Anda minta sehingga formulir sinkronisasi kami harus dilengkapi sebelum kami dapat memberikan penawaran kasarnya. Hanya setelah Anda menerima kutipan kasarnya, kami akan melanjutkan ke izin. Penawaran bukan merupakan biaya yang disetujui, biaya yang disetujui dapat berbeda dari penawaran dan tunduk pada persetujuan pemilik hak,

Berapa lama untuk meminta izin?

Sebagai aturan praktis, kami biasanya menyarankan untuk memberikan waktu minimal 2 minggu, meskipun sebagian besar katalog kami dapat diselesaikan dalam jangka waktu yang lebih singkat. Ini hanya panduan dan waktu permintaan dapat bervariasi tergantung pada lagu yang ingin Anda gunakan atau bahkan jenis permintaan.

Bagaimana saya bisa mempercepat prosesnya?

Cara utama untuk memastikan permintaan Anda tidak tertunda adalah dengan memberikan informasi sebanyak mungkin. Jika kami perlu bolak-balik untuk mengonfirmasi detail, ini dapat memperlambat proses. Jadi untuk film, berikan misalnya Sinopsis (dalam bahasa Inggris) atau tautan ke adegan dan sebanyak mungkin informasi bagaimana trek akan digunakan. Untuk moodboard iklan, tautan ke suntingan dll sangat membantu. Harap diingat bahwa kami perlu menghubungi pemilik yang tepat untuk persetujuan dan kami tidak dapat menjamin umpan balik tepat waktu.

Jika kutipan kasarnya menyatakan biayanya adalah MFN, apa artinya?

Umumnya lagu dapat memiliki lebih dari satu penulis dan kami mungkin tidak mewakili 100% penulis. Kutipan kasarnya kami akan menguraikan persentase total termasuk persentase yang kami kendalikan untuk lagu yang diminta. Jika ditentukan bahwa kutipan kami didasarkan pada 100% maka jika disetujui oleh semua pihak (penerbit bersama) masyarakat Belanda kami Buma/Stemra akan mengirimkan faktur yang mewakili semua penerbit yang terlibat. Mereka akan memastikan bahwa semua pihak akan mendapatkan persentase yang tepat.

Kutipan kasarnya juga menyatakan biayanya adalah MFN, apa artinya itu?

Most Favored Nations (MFN) memastikan kesetaraan antara pemegang hak. Jika pemegang hak tertentu (penerbit bersama dan/atau master) mengutip lebih tinggi, maka biaya kami harus dinaikkan setidaknya sama dengan mereka. Anda akan membayar biaya untuk penggunaan penerbitan (hak cipta) dan biaya untuk master.

Beberapa informasi berguna lainnya:

  • Beberapa lagu mungkin lebih sulit untuk dihapus daripada yang lain, jadi sebaiknya siapkan juga lagu alternatif jika kami tidak dapat memperoleh persetujuan atas permintaan Anda.
  • Ketika hak cipta dikendalikan oleh penerbit yang berbeda, Anda harus menghubungi mereka sendiri secara terpisah. Anda akan memerlukan persetujuan dari semua pihak sebelum menggunakan lagu dalam proyek
  • Anda. Anda dapat menghubungi Buma/Stemra untuk mendapatkan informasi kontak yang tepat.
  • Bila Anda tidak memiliki anggaran yang besar untuk musik, maka kami menyarankan Anda untuk melihat di katalog unippm.
  • Jika Anda ingin menggunakan lirik atau skor musik untuk salah satu lagu kami, Anda dapat menghubungi Hal
  • Leonard yang menangani permintaan cetak atas nama kami.
  • Permintaan hak cipta Universal Music Publishing terkait adaptasi, sampel, remix, lirik, dan skor dapat dikirim ke licenties benelux
  • Permintaan tentang master Universal dapat dikirim ke departemen Hukum Musik Universal
  • Pertanyaan tentang sampul lurus, silakan hubungi Perhimpunan Belanda kami Buma/Stemra .
Cara Merekam Dan Menjual Lagu Cover Secara Legal Dalam 3 Langkah
Informasi Musik

Cara Merekam Dan Menjual Lagu Cover Secara Legal Dalam 3 Langkah

Cara Merekam Dan Menjual Lagu Cover Secara Legal Dalam 3 Langkah – Jika popularitas platform konten yang dibuat pengguna (UGC), seperti YouTube dan SoundCloud, telah mengajari kita apa pun tentang industri musik di Era Digital, artis yang bercita-cita tinggi dari mana saja dapat mengumpulkan audiens online yang besar dan mendapatkan jangkauan global dengan mengeluarkan cover lagu yang memicu reaksi.Kisah sukses seperti Justin Bieber, Tori Kelly, 5 Seconds of Summer, Charlie Puth, Shawn Mendes, dan Ed Sheeran bukan lagi fenomena langka. Artis berbakat tanpa tanda tangan seperti Jade Novah dan Austin Mahone telah mendapatkan puluhan juta penayangan dan pemutaran di seluruh akun UGC mereka.

Cara Merekam Dan Menjual Lagu Cover Secara Legal Dalam 3 Langkah

u-cover – Bakat yang sebelumnya belum ditemukan telah mendapatkan sponsor merek, pertunjukan langsung dengan artis rekaman besar, penampilan di TV, casting dalam iklan, dan banyak lagi-semuanya tanpa dukungan dari label rekaman besar.

Namun, meskipun merekam dan mengunggah lagu cover ke platform UGC bisa menjadi langkah awal yang bagus untuk membangun basis penggemar, memonetisasi lagu-lagu tersebut di layanan musik digital tradisional bisa menjadi mimpi buruk hukum jika tidak dilakukan dengan benar. Selain itu, mengetahui kapan, di mana, dan bagaimana menangkap semua aliran royalti yang diperoleh dari rekaman sampul Anda akan menempatkan Anda pada posisi yang lebih baik untuk menuai semua imbalan dari merilis rekaman sampul yang lepas landas.

Baca Juga : ‘Renaissance’ review: Beyoncé gets filthy on the dance album of 2022

Langkah 1: Dapatkan lisensi yang tepat untuk mereproduksi dan mendistribusikan komposisi asli.

Undang -Undang Hak Cipta AS memberikan pemilik hak cipta enam hak eksklusif termasuk hak untuk mereproduksi dan hak untuk mendistribusikan komposisi mereka dalam rekaman suara. Saat Anda merekam cover lagu yang ada, Anda secara efektif menggunakan karya berhak cipta milik orang lain dan mereka harus diberi kompensasi atas penggunaan saat Anda mendistribusikan rekaman tersebut di media fisik dan/atau digital.

Undang-undang tersebut mencakup ketentuan yang memungkinkan siapa pun untuk mereproduksi dan mendistribusikan komposisi dengan mengikuti persyaratan khusus yang ditetapkan dalam lisensi wajib . Persyaratan ini pada dasarnya menyatakan bahwa Anda harus memberi tahu pemilik hak cipta tentang niat Anda untuk menggunakan lagu mereka dan Anda harus bertanggung jawab (memberikan laporan dan pernyataan tentang penggunaan) dan membayar royalti mekanis menurut undang -undang kepada pemilik hak cipta untuk setiap penggunaan.

Istilah “mekanis” mengacu pada saat lagu direproduksi secara mekanis dalam rekaman suara. Tarif royalti mekanis menurut undang -undang ditetapkan oleh Dewan Royalti Hak Cipta .

Saat ini, tarif royalti mekanis menurut undang-undang untuk format fisik (CD, kaset, piringan hitam) dan unduhan digital permanen (misalnya iTunes) adalah 9,1¢ untuk lagu 5 Menit atau kurang atau 1,75¢ per menit atau pecahannya untuk lagu di atas 5 Menit.Harry Fox Agency (HFA) , Loudr , dan Easy Song Licensing hanyalah tiga dari sumber daya untuk mendapatkan lisensi mekanik.HFA adalah agen lisensi mekanik berbasis keanggotaan yang dimiliki oleh SESAC.

HFA mewakili dan menerbitkan lisensi mekanis di AS atas nama anggota penerbit musik AS mereka. Situs web HFA mengklaim bahwa mereka saat ini mewakili lebih dari 48.000 penerbit musik. Ini memudahkan Anda untuk mengunjungi mereka untuk sebagian besar lagu populer teratas yang dirilis di layanan HFA AS untuk mendapatkan lisensi mekanis yang disebut SongFile .

Melalui SongFile , Anda membayar di muka untuk jumlah rekaman suara fisik atau digital yang Anda proyeksikan untuk dijual. Misalnya, jika Anda akan menjual 1.000 CD, maka Anda akan membayar 9,1¢ x 1.000 = $91 per lagu cover , yang kemudian akan dibayarkan kepada penerbit untuk memberi kompensasi kepada penulis lagu. Anda juga dapat mengamankan lisensi untuk streaming interaktif.

Namun, di Amerika Serikat, beberapa layanan streaming interaktif sudah membayar tarif streaming interaktif mekanis , jadi Anda tidak perlu melakukannya saat merilis ke platform ini di Amerika Serikat. Spotify, misalnya, membayar HFA untuk lisensi mekanik untuk lagu yang digunakan pada platform mereka di Amerika Serikat, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan lisensi mekanik jika Anda hanyarilis ke Spotify.

Tarif untuk streaming interaktif (misalnya Spotify) dan unduhan terbatas (misalnya mode offline) ditentukan oleh formula yang memperhitungkan jenis layanan, jenis lisensi, apakah didukung iklan atau tidak, jumlah yang dibayarkan ke label, dan faktor lainnya. Tarif Spotify mencapai sekitar $0,0007 per streaming.

Sekali lagi, mereka membayar ini ke HFA sehingga Anda tidak perlu melakukannya!Loudr dan Easy Song Licensing adalah layanan independen yang membebankan sedikit biaya layanan (sekitar $15 per lagu) untuk mendapatkan lisensi mekanis untuk lagu apa pun yang ingin Anda cover. Ini luar biasa karena jika Anda mengcover beberapa lagu yang tidak jelas dari band indie di Wyoming atau penulis lagu internasional dari Prancis, Anda tidak akan bisa.

Saat Anda mendapatkan lisensi melalui Loudr atau Easy Song Licensing, jangan pilih aliran interaktif. Seperti yang saya sebutkan di atas, Spotify sudah membayar ini ke HFA dan layanan lain membayar Music Reports, Inc. (MRI), yang merupakan administrator hak yang mewakili sejumlah platform musik digital.

Di luar AS, layanan digital membayar lembaga koleksi lokal, yang kemudian membayar penerbit.Jadi, pastikan Anda mendapatkan lisensi jika Anda merilis lagu cover dalam format fisik. Pasti amankan lisensi jika Anda merilis lagu cover sebagai unduhan digital. Jika Anda hanya merilis ke platform streaming interaktif utama, Anda mungkin tidak perlu mendapatkan lisensi karena sebagian besar perusahaan ini sudah membayar HFA atau MRI.

Langkah 2: Dapatkan kode unik untuk membedakan rekaman Anda.

Jika Anda berencana membuat cover lagu populer, kemungkinan banyak artis lain telah atau akan mengcover lagu yang sama. Dengan beberapa rilis lagu yang sama ke ekosistem musik global, penting untuk membedakan versi rekaman Anda dari lagu asli dari yang lainnya.

Ini dilakukan dengan pengidentifikasi unik yang disebut Kode Perekaman Standar Internasional atau disingkat ISRC .Kode ISRC adalah kode alfanumerik 12 karakter unik yang ditetapkan untuk setiap versi/campuran rekaman (mis. QMZTA1700001). Misalnya, jika Anda memiliki versi live dan versi studio dari lagu cover Anda, masing-masing akan memerlukan ISRC sendiri. Jika Anda mendapatkan remix dansa dari sampul Anda atau membuat versi akustik dari sampul yang diproduksi studio Anda, sekali lagi setiap versi ini akan memerlukan ISRC yang unik.

Saat Anda mendistribusikan musik secara digital, hampir semua platform digital memerlukan ISRC untuk setiap rekaman. ISRC Anda dapat dan juga harus disematkan dalam metadata file rekaman Anda sehingga saat rekaman Anda dirilis sebagai unduhan digital atau dalam format fisik, ISRC dilampirkan ke rekaman.Berhati-hatilah untuk hanya membeli kode ISRC dari Manajer ISRC resmi.

Manajer ISRC yang ditunjuk oleh Badan ISRC AS, Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA), adalah satu- satunya perusahaan yang disetujui untuk menetapkan ISRC atas nama pemilik rekaman. Perusahaan-perusahaan ini telah menjamin bahwa mereka akan mematuhi Prosedur Penugasan ISRC oleh Manajer ISRC.

Perusahaan lain yang mengklaim menetapkan ISRC atas nama klien mereka tidak berwenang untuk melakukannya dan ISRC yang mereka hasilkan tidak valid dan berisiko bertabrakan dengan kode yang dikeluarkan oleh pendaftar resmi dan Manajer ISRC. Ini terjadi ketika ISRC palsu dikeluarkan atau ISRC yang sah digunakan kembali.

Hal ini menyebabkan metadata yang salah disebarluaskan di seluruh ekosistem musik digital, yang dapat mengakibatkan hilangnya atau salah alokasi royalti dan perselisihan.TuneRegistry adalah platform manajemen metadata dan hak musik all-in-one yang juga merupakan Manajer ISRC yang disetujui yang menawarkan kode ISRC gratis dan diskon yang disertakan dalam paket langganannya. Anda dapat dengan cepat dan mudah memperoleh ISRC untuk setiap versi/campuran Anda di dalam akun Anda dan segera menggunakan ISRC dengan distributor digital mana pun untuk mendistribusikan lagu cover Anda.

Langkah 3: Buka kunci royalti Anda dan dapatkan bayaran.

Tujuan dari hampir semua calon seniman adalah agar musik mereka didengar seluas dan sejauh mungkin. Ketika lagu-lagu hits, mendapatkan jangkauan nasional dan bahkan internasional dapat terjadi secara harfiah dalam semalam. Dan bahkan ketika ada momentum yang lambat saat buzz muncul di blog dan situs sosial, penyebutan yang tepat, penempatan yang tepat pada daftar putar dapat merusak lagu dalam hitungan minggu.

Terlepas dari apakah lagu cover Anda mencapai kesuksesan internasional atau tidak, Anda masih dapat memperoleh dan berhak mendapatkan royalti untuk eksploitasi rekaman lagu cover Anda. Meskipun Anda tidak akan memperoleh royalti penerbitan terkait dengan komposisi yang mendasarinya (ingat, penulis lagu asli adalah pemilik hak cipta dan lisensi wajib memungkinkan Anda untuk merekam dan mendistribusikan cover), seperti royalti pertunjukan yang dibayarkan oleh ASCAP, BMI, dan SESAC , Anda akan memiliki rekaman suara master dan dapat mengumpulkan royalti master.

Berikut adalah beberapa aliran pendapatan yang terkait dengan rekaman suara master dan bagaimana Anda mendapatkan royalti:

  • Pendapatan Penjualan – Ini cukup mudah. Anda memperoleh penghasilan saat rekaman Anda dijual dalam format fisik atau unduhan digital permanen. Penjualan umumnya diteruskan kepada Anda melalui distributor Anda.
  • Royalti Streaming Interaktif – Saat rekaman Anda dialirkan pada platform interaktif (mis. Spotify), layanan membayar royalti penggunaan master streaming kepada distributor, yang kemudian membayar Anda untuk streaming tersebut. Tarif royalti didasarkan pada formula yang memperhitungkan jenis penggunaan, jumlah total aliran, bagian aliran Anda, dan wilayah.
  • Royalti Streaming Non-Interaktif – Webcaster dan layanan digital yang menyiarkan rekaman melalui Internet (mis. Pandora, iHeart Radio), kabel (mis. Music Choice), dan satelit (mis. SiriusXM) dalam program bergaya radio di mana pengguna akhir/pendengar terbatas untuk tidak mengontrol pemilihan musik membayar royalti untuk kinerja digital rekaman suara ke SoundExchange . SoundExchange kemudian membayar 45% dari royalti kepada pemain unggulan pada rekaman , 50% kepada pemilik hak cipta dari rekaman utama , dan 5% untuk dana untuk vokalis latar dan musisi sesi yang dikelola oleh AFM & SAG-AFTRA Hak Kekayaan Intelektual Distribusi Dana. Penting bagi Anda untuk mendaftarkan judul lagu, penyanyi, pemilik hak cipta (yang akan menjadi Anda jika Anda independen dan tidak menandatangani kontrak dengan label), dan ISRC ke SoundExchange. Ini membantu mereka mengidentifikasi Anda dan mencocokkan laporan penggunaan dan royalti yang masuk dari layanan digital kepada Anda sebagai peserta pendapatan. Setelah bergabung dengan SoundExchange, Anda dapat dengan mudah terus mendaftarkan semua trek Anda secara langsung melalui akun TuneRegistry Anda . Dengan cara ini, Anda tidak akan pernah lupa untuk memastikan bahwa Anda mengangkat tangan untuk mendapatkan royalti streaming non-interaktif Anda.
  • Penggunaan Master untuk Biaya Sinkronisasi- Jika lagu cover Anda dilisensikan ke acara TV, film, iklan, atau media audiovisual lainnya, Anda perlu mendapatkan lisensi sinkronisasi dari penerbit komposisi. Selama Anda memiliki rekaman lagu cover Anda, pemilik hak cipta memiliki komposisi dan tetap memberikan izin untuk komposisi tersebut untuk digunakan dalam media audiovisual (ini adalah lisensi terpisah dari lisensi mekanik wajib). Produser konten harus membayar biaya sinkronisasi untuk komposisi dan membayar biaya penggunaan master untuk lisensi penggunaan master rekaman suara. Negosiasi ini terjadi secara langsung antara produser konten (atau perwakilan mereka) dan pemilik hak cipta (Anda untuk rekaman suara master dan penulis lagu atau penerbit untuk komposisi yang telah Anda cover).

Sekarang setelah Anda menjadi ahli dalam merekam dan menjual lagu cover secara legal, bagikan pengetahuan Anda dengan teman-teman musisi Anda! Tidak ada artis yang perlu takut untuk merekam dan merilis lagu cover — kecuali jika Anda merilisnya ke YouTube, karena itu adalah hal yang berbeda! Kabar baiknya adalah, banyak penerbit telah ikut serta dalam perjanjian antara YouTube dan Asosiasi Penerbit Musik Nasional untuk mendapatkan bagi hasil dari iklan yang ditempatkan pada video yang menampilkan rekaman yang mewujudkan komposisi mereka. Namun, mendapatkan lisensi untuk YouTube bisa turun melalui We Are The Hits .

‘Renaissance’ review: Beyoncé gets filthy on the dance album of 2022
Album Record Berita Musik Informasi

‘Renaissance’ review: Beyoncé gets filthy on the dance album of 2022

‘Renaissance’ review: Beyoncé gets filthy on the dance album of 2022 – “Renaissance” (keluar sekarang) menemukan Ratu Bey dalam kemuliaan pasirnya, tiga tembakan D’Ussé jauh di klub malam bawah tanah paling berkeringat di New York City. Itu membuat “Bootylicious” terdengar seperti lagu tema “Barney” dan “Partition” seperti “I Will Always Love You.”

‘Renaissance’ review: Beyoncé gets filthy on the dance album of 2022

u-cover – Melewati 16 lagu, suara karamel Beyoncé diperkuat oleh irama berdenyut yang dengan mudah memadukan musik house dengan Afrobeats untuk menjadi album dansa terbaik tahun 2022. (Maaf, Drake.)

“Cozy” adalah lagu cinta-diri (“Nyaman di kulit saya,” Bey berkicau) seperti halnya slogan yang selamat (“Dia getaran Dia pahlawan”). Dan dengan lirik seperti “Paint the world p—y pink”, tidak heran “Renaissance” memiliki stiker “Parental Advisory” yang bagus.Di atas kertas, “Church Girl” terlihat seperti sesuatu yang bisa Anda mainkan dengan mudah di barbekyu musim panas tanpa mendapat perhatian dari nenek Anda. Tapi 50-an detik, praktis Anda tidak berani melakukan twerk saat Beyoncé meneriakkan, “Lepaskan seperti thotty” di atas ritme yang memusingkan.

“Amerika Memiliki Masalah” juga menipu dengan judul yang terdengar politis. Sungguh, ini hanya tentang Bey menggiling Jay-Z (“Tidak sabar untuk mendukungnya .Saya menyediakan pria saya saya dalam permintaan Segera setelah saya mendarat”).Dan jangan biarkan kami memulai “Plastic Off the Sofa,” ode paling sensual untuk suaminya sejak “Dance for You” tahun 2011. Setelah terengah-engah menyenandungkan, “Saya tahu Anda mengalami masa pertumbuhan yang sulit, tapi tidak apa-apa,” geram Beyonce, “Saya suka yang kasar.”

Baca Juga : Let’s Eat Grandma: Two Ribbons review

Barnya mungkin lebih kotor dari sebelumnya, tetapi “Renaissance” adalah album klasik Beyoncé terus menerus. Vokalnya tidak salah lagi pada pengantar eksperimental “I’m That Girl,” dan braggadocio-nya yang angkuh mencakup seruan pertempuran LGBTQIA+ “Alien Superstar” ketika dia mengucapkan, “Kategori: bad bitch / I’m the bar” dan “I’m salah satu dari satu saya nomor satu saya satu-satunya.”

Sama seperti “The Gift,” album pendamping “Lion King” Bey 2019, “Renaissance” adalah perayaan budaya. Ini juga merupakan penghormatan kepada para penari hebat yang datang sebelum dia; diva disko Grace Jones kembali ke studio untuk fitur langka di “Move,” dan house klasik Robin S. 1990 “Show Me Love” dijadikan sampel pada singel utama yang didukung Great Resignation “Break My Soul.”

Ketika Beyoncé benar-benar bersandar pada persona klubnya di sini, dia unggul. Lagu “Cuff It” yang ceria adalah earworm funky yang mengingatkan kita pada “Blow” dari album self-titled 2013, ditambah dengan klakson jazzy yang membuat “Schoolin’ Life” menjadi permata yang diremehkan dari “4” tahun 2011 lalu.Mengangguk ke diskografi bertingkat pemenang Grammy 28 kali sebaliknya sedikit dan jarang.

Pada “Virgo’s Groove” berdurasi enam menit, dia menyenandungkan, “Kamu adalah cinta dalam hidupku,” jauh dari kalimat yang mengejek Becky tentang perselingkuhan yang diakui Jay di “Lemonade” tahun 2016. Dan di “Thique,” ​​dia menampilkan suara serak yang belum pernah kita dengar sebelumnya, didukung oleh irama klub yang merenung.

Orang bisa berargumen bahwa “Renaissance” tidak terasa seperti tonggak karir seperti yang dilakukan “Beyoncé” dan “Lemonade” — lagi pula, rilis kejutan dan komponen visual mereka hanya meningkatkan keajaiban — tetapi ini adalah kemajuan yang disambut dan bahkan menyegarkan untuk seorang superstar yang secara konsisten menulis ulang buku peraturan.

Dan dengan lagu-lagu yang tak lekang oleh waktu seperti bagian akhir “Pure/Honey” yang terinspirasi dari Prince dan sampel lagu Donna Summer yang lebih dekat “Summer Renaissance”, Beyoncé membuktikan bahwa apa pun yang disentuhnya berubah menjadi emas (atau, dengan rekam jejaknya, multiplatinum) .

Let’s Eat Grandma: Two Ribbons review
Artis Label Music Musik

Let’s Eat Grandma: Two Ribbons review

Let’s Eat Grandma: Two Ribbons review -inilah perbandingan instruktif yang harus dibuat antara judul album ketiga Let’s Eat Grandma dan debut mereka. Dirilis pada tahun 2016, yang terakhir disebut I, Gemini, yang tampaknya sangat cocok. Dua teman sekolah berusia 16 tahun yang membuatnya suka menampilkan diri seperti kembar, atau bahkan aspek dari orang yang sama. Mereka mengenakan pakaian dan riasan yang serasi.

Let’s Eat Grandma: Two Ribbons review

u-cover -Di atas panggung, mereka sesekali tampil dengan rambut panjang menutupi wajah mereka sehingga Anda tidak bisa membedakan satu sama lain. Dipenuhi dengan lagu-lagu yang seolah-olah tentang jamur, dongeng, dan berbagai teror masa kecil, I, Gemini benar-benar tampak seperti album tentang persahabatan intens yang berkembang di kalangan remaja.

Dengan struktur lagunya yang tidak ortodoks, pengalihan mendadak ke rap, dan banyaknya instrumen yang dimainkan dengan cara yang menunjukkan bahwa duo ini menghargai eksplorasi atas keahlian, itu terdengar seperti versi baru dari sesuatu yang mungkin direkam bersama oleh dua anak berbakat dan imajinatif selama berjam-jam dalam sebuah kamar tidur.

Dengan lelucon tak tertembus yang diungkapkan melalui non-sequitur liris, mendengarkannya terkadang terasa seperti menguping sebuah perkumpulan rahasia yang terdiri dari dua orang. Single debut mereka Deep Six Textbook dibuka dengan suara Rosa Walton dan Jenny Hollingworth memainkan permainan tepuk tangan yang rumit.

Baca Juga : Cara Membuat Cover Lagu dengan Aturan yang Baik 

Enam tahun kemudian, Two Ribbons adalah judul yang menunjukkan dua entitas terpisah yang mungkin terjalin atau tidak. Dan itu adalah album yang sangat berbeda yang dibuat dalam keadaan yang sangat berbeda. Setelah mencoba memanfaatkan keanehan debut mereka ke pendekatan elektronik yang lebih lugas pada Ivor Novello yang dinominasikan tahun 2018, I’m All Ears , penggantinya adalah pop habis-habisan: synthesizer besar berwarna neon yang ditempatkan di suatu tempat antara hits 80-an yang gembira dan hands-in- kerusakan lantai dansa udara; balada akustik yang membengkak ke klimaks besar.

Satu-satunya hubungan sonik yang nyata dengan debut mereka adalah suara Hollingworth dan Walton yang tanpa seni dan tidak terlatih, meskipun fakta bahwa rasanya mengejutkan mendengar lagu pop yang dinyanyikan oleh seseorang yang terdengar seperti manusia mungkin mengatakan lebih sedikit tentang Let’s Eat Grandma daripada tentang saat ini. keadaan pop.

Pada tahun 2019, menjelang tur AS untuk mempromosikan I’m All Ears, pacar Hollingworth meninggal karena kanker tulang pada usia 22 tahun. Kematiannya jelas berdampak pada Two Ribbons. Ada instrumental yang disebut In the Cemetery; di belakang Giorgio Moroder-ish bass Watching You Go dan chorus yang berputar ke atas mengintai sebuah lagu tentang manifestasi kesedihan yang membingungkan, dari bersikeras bahwa hidup harus berjalan seperti sebelumnya (“Saya tidak tinggal di, saya tidak menyia-nyiakannya, saya ‘m not”) untuk merindukan dilupakan: “Saya ingin melepaskan diri dan berbaring di bumi kadang-kadang,” Hollingworth bernyanyi.

Tetapi pada akhirnya terasa kurang seperti album tentang kematian daripada tentang menavigasi sifat persahabatan yang berubah seiring bertambahnya usia: berkurangnya ikatan remaja awal yang intens yang ditangkap pada saya, Gemini, karena sisa hidup menghalangi: “Kami sedang berubah ,” seperti yang dinyanyikan Hollingworth di lagu utama, “seperti dua pita.

Tidak serta merta berarti bahwa dua orang berusia dua puluhan yang membahas perubahan sifat persahabatan mereka harus menjadi pendengar yang menarik, tetapi dalam hal ini memang demikian. Itu sebagian karena liriknya ditulis dengan sangat baik: di Levitation, Walton tampaknya menggambarkan ikatan duo ini sebagai “sesuatu yang berkilauan di dalam saluran pembuangan”; “Kami berdua berpegangan erat hingga memar,” saran Hollingworth kemudian.

Tapi itu juga karena – tidak seperti banyak aksi lapangan kiri yang mencoba berbelok ke pop – Let’s Eat Nenek memiliki lagu untuk mendukungnya. Bahkan ketika mereka menggambarkan suara mereka sebagai “sludge-pop eksperimental” dan menyanyikan lagu-lagu berjudul Eat Shiitake Mushrooms, duo ini memiliki fasilitas melodi yang kuat, jelas terdengar di tengah saksofon yang membunyikan klakson dan mandolin yang dipetik dengan panik. Rasanya lebih tajam dari sebelumnya di sini.

Album ini diurutkan sedemikian rupa sehingga terkadang terasa seperti percakapan – sebuah lagu oleh Walton yang berbicara dengan Hollingworth, lalu sebaliknya. Dan ada sesuatu yang sangat ampuh tentang mendengarkan lagu-lagu yang cenderung memeriksa diri sendiri dan nada pasrah yang penuh harapan namun terdengar sangat gembira secara keseluruhan – variasi dari trik disko lama untuk menyetel lirik sedih ke musik euforia. Pada satu titik, Selamat Tahun Baru benar-benar meledak menjadi kembang api, bertentangan dengan apa yang dinyanyikan: “Saya telah banyak berpikir tentang bagaimana saya ingin kita yang lama kembali.”

Dari perselisihan seperti itu, muncullah lagu-lagu yang langsung, kuat, dan melibatkan. Anda mendengarkan Two Ribbons meminta pasangan untuk menyelesaikan masalah, seolah-olah Anda sedang menonton drama yang sangat magnetis. “Kamu tahu kamu akan selalu menjadi sahabatku,” nyanyikan Walton pada satu titik, “dan lihat apa yang aku buat denganmu.” Pada saat itu, dia terdengar seperti seseorang yang berseri-seri dengan bangga, dan memang demikian: Two Ribbons adalah album yang luar biasa.

Cara Membuat Cover Lagu dengan Aturan yang Baik
Berita Informasi Label Music

Cara Membuat Cover Lagu dengan Aturan yang Baik

Cara Membuat Cover Lagu dengan Aturan yang Baik – Penting bagi semua orang yang terlibat untuk mengetahui cara membuat cover lagu dengan aturan sehingga Anda tidak terjebak dalam masalah hukum. Semua lagu dan musik dilindungi hak cipta oleh komposer, komposer, dan pengelola lagu.

Cara Membuat Cover Lagu dengan Aturan yang Baik

u-cover – Pada industri hiburan berkembang sangat baik dan, tentu saja, berkembang pesat. Juga, kebutuhan setiap orang untuk dapat mengungkapkan rasa terima kasih mereka sangat luas. Namun hal ini ternyata tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, khususnya peraturan persetujuan bagi penerima manfaat tinggi.

Selain itu, kualitas media distribusi ditingkatkan untuk berbagi setiap karya, dan tentu saja jangkauannya juga sangat cepat. Misalnya, untuk YouTube yang dapat dilihat oleh ribuan bahkan jutaan orang, ini merupakan alasan penting mengapa kebutuhan industri juga harus diperhitungkan.

Namun, dengan pola perkembangan yang cukup besar dan luas ini. Oleh karena itu, secara tidak langsung pengertian hak cipta belum sepenuhnya diketahui. Itu sebabnya kemampuan untuk mengakses layanan ini menjadi semakin penting bagi mereka yang ingin belajar tentang lagu cover. Mengapa saya perlu izin dari pemilik untuk mengcover lagu?

Baca Juga : 10 Tip Hukum untuk Penulis Lagu: Kredit, Hak Cipta, dan Penulis Bersama

Seperti yang saya jelaskan, lagu tersebut dipatenkan. Oleh karena itu, penting bagi orang yang ingin menutupi bisa mendapatkan izin terlebih dahulu. Untuk mendapatkan izin dari pemilik lagu , secara tidak langsung penting bagi orang yang ingin mengcover lagu tersebut mendapatkan izin dari administrator atau lembaga rekaman yang membawahi lagu tersebut. Setelah itu, proses mengcover lagu baru selesai.

Cara Berbagi Karya Cover di Media YouTube

Tentunya setelah mendapatkan izin untuk mendapatkan rekomendasi cover lagu, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu untuk membuat cover lagu dengan aturan YouTube. Hal ini untuk memastikan bahwa karya yang Anda bagikan nantinya tidak menyalahi aturan.

Kemampuan untuk mendapatkan izin di YouTube juga penting, karena banyak orang dapat menonton video jika bocor ke media sosial seperti YouTube. Oleh karena itu, perlu disebutkan dengan jelas siapa sebenarnya pemilik lagu tersebut dan penyanyi aslinya.

Tidak hanya diperbolehkan mengcover lagu, tetapi juga penting untuk mengcovernya pada tahap meminta izin hak cipta untuk karya yang Anda unggah ke YouTube. Panduan tentang cara mengajukan izin ini, tentu saja, dapat berlangsung pada berbagai tahap yang sangat penting dan tentu saja.

Cara pertama untuk mendapatkan izin mengcover lagu di YouTube adalah mencari tahu siapa yang memiliki hak paten untuk lagu tersebut. Penting untuk mendapatkan izin dari pemilik asli lagu tersebut, karena pemilik lagu biasanya adalah pemilik hak kekayaan intelektual.

Langkah selanjutnya juga dapat dilakukan dengan melisensikan label rekaman yang memproduksi lagu tersebut. Label juga memiliki hak cipta dari karya tersebut. Setelah mendapatkan izin dari kedua aspek tersebut, langkah selanjutnya adalah menyusun email dengan baik dan sopan.

Penting juga untuk dicatat bahwa penting juga untuk menyimpan email yang menerima tanggapan yang sesuai sebagai bukti bahwa semua izin telah diperoleh. Oleh karena itu, otomatis tidak ada tanda-tanda pelanggaran hak cipta saat diunggah ke YouTube.

Tips menghilangkan dugaan pelanggaran hak cipta

tips mendapatkan kualitas video bagus tidak semudah mendapatkan izin. Setidaknya ada beberapa aspek yang membuat pemilik dan paten lagu asli ragu untuk memberikan izin kepada seseorang untuk mengcover lagu tersebut di media YouTube. Bagaimana cara mengunggah video YouTube di tanpa klaim hak cipta? Secara umum, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Yang pertama tentunya membuat video cover lagu asli, baik dari segi gambar maupun panjangnya.

Jika ada perbedaan kombinasi gambar atau lagu yang tidak sama menurut aturan panjang dan ringkas, proses klaim hak cipta menjadi lebih sulit untuk diikuti secara tidak langsung. Dan cara menggunakan rule tersebut untuk membuat cover lagu dengan rule adalah rekomendasi langsung dari YouTube Direct.

Layanan Justika Membantu Masalah Hak Cipta

Banyak orang tidak menyadari bahwa membuat sampul dengan aturan yang salah dapat melanggar hak cipta penyanyi atau lagu asli. Justika dapat membantu Anda mengatasi masalah terkait hak kekayaan intelektual melalui tiga layanan:

Layanan Konseling Chat

Layanan Konseling Chat Justika membuat konsultasi hukum menjadi lebih mudah dan terjangkau. Silakan kunjungi halaman ini dan masukkan masalah hukum yang ingin Anda angkat di kotak obrolan. Langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran sesuai petunjuk yang diberikan. Sistem kemudian langsung menemukan penasihat hukum yang tepat untuk masalah tersebut.

Phone Advisory Service

Jika fitur chat tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, tersedia Phone Advisory Service Justika. Dengan layanan ini, Anda dapat dengan mudah dan efektif mengobrol dengan mitra konsultan hukum Anda melalui telepon selama 30 atau 60 menit (tergantung pilihan Anda) untuk membahas masalah hukum secara lebih rinci.

Layanan Konseling Pribadi

Selain menelepon dan mengobrol, Anda memiliki lebih banyak kebebasan untuk berdiskusi dan mencari saran secara langsung melalui layanan konseling pribadi dengan Mitra Advokat Justica. Diskusi berlangsung sekitar 2 jam (bahkan bisa lebih lama jika mitra advokat menginginkannya).

Selama rapat, Anda dapat mengajukan pertanyaan yang lebih bebas dan mendetail, seperti bercerita atau melihat dokumen terkait. Semua informasi hukum yang terkandung dalam artikel ini hanya untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum khusus terkait kasus Anda, klik tombol Saran di bawah dan hubungi langsung penasihat hukum yang berpengalaman.

10 Tip Hukum untuk Penulis Lagu: Kredit, Hak Cipta, dan Penulis Bersama
Album Record Artis Berita Musik Informasi Label Music Musik

10 Tip Hukum untuk Penulis Lagu: Kredit, Hak Cipta, dan Penulis Bersama

10 Tip Hukum untuk Penulis Lagu: Kredit, Hak Cipta, dan Penulis Bersama

10 Tip Hukum untuk Penulis Lagu: Kredit, Hak Cipta, dan Penulis Bersama – Anda mungkin telah menulis lagu yang luar biasa dengan melodi yang luar biasa, lirik yang bagus, dan hook yang mudah diingat. Namun pekerjaan Anda seharusnya tidak berakhir di situ. Penulisan lagu menimbulkan banyak masalah bisnis dan hukum, seperti siapa yang mendapatkan royalti dan kredit untuk sebuah lagu, potongan pajak apa yang dapat Anda klaim untuk studio rumah atau pembelian instrumen, apakah Anda harus mendaftarkan hak cipta, dan banyak lagi.

u-cover – Musisi harus mempertimbangkan masalah praktis semacam ini, terutama jika mereka ingin mencari nafkah dari karya kreatif mereka. Berikut adalah sepuluh tips untuk membantu mengelola sisi hukum dan bisnis dari penulisan lagu Anda.

1. Tentukan Siapa yang Mendapatkan Pendapatan Penulisan Lagu Sejak Awal

Musisi sering bekerja dalam kelompok. Satu orang mungkin menulis lirik, yang lain mungkin menulis melodi, dan yang lain mungkin memainkan dan merekam produk jadi.

Jika Anda menulis dengan kolaborator, segera setelah Anda menyelesaikan sebuah lagu, Anda harus setuju dengan mereka tentang cara membagi pendapatan potensial. Apakah vokalis utama menghasilkan sebanyak gitaris utama? Bagaimana dengan orang yang melakukan mixing audio? Berapa banyak waktu dan usaha yang masing-masing dimasukkan ke dalam lagu?

Baca Juga : Cara Mengcover Lagu Secara Legal

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat menyebabkan percakapan yang sulit dan terkadang emosional. Itulah mengapa penting untuk melakukan percakapan ini lebih awal , jauh sebelum aliran pendapatan mulai mengalir atau perasaan sulit muncul. Jika Anda menunggu sampai Anda mendapatkan penghasilan, Anda bisa memilah-milah uang dan pembayaran dengan anggota band yang telah lama meninggalkan grup, atau yang menjadi lebih mementingkan diri sendiri.

Banyak band juga memasukkan anggota non-penulis yang memiliki hak atas penghasilan apa pun. Kecuali Anda menyelesaikan pembagian kredit dan pendapatan ini sekarang, Anda mungkin akan mengalami pertengkaran yang sulit setelah lagu tersebut menerima distribusi yang lebih luas.

Jika Anda berada di sebuah band yang menghasilkan uang, memiliki peralatan, dan memiliki karir kerja, pertimbangkan perjanjian kemitraan band. Untuk bantuan dalam membuatnya, termasuk perjanjian template kosong.

2. Tentukan Siapa yang Mendapat Kredit Penulisan Lagu

Hak cipta penulisan lagu diberikan kepada mereka yang secara bersama-sama berkontribusi pada struktur lagu, progresi akor, dan lirik. Ini bisa siapa saja, bahkan anggota bagian ritme. (Dalam banyak lagu, terutama dalam musik rock, pop, dan dance, bagian bass atau drum sangat menyatu dengan lagu sehingga menjadi sama pentingnya dengan melodi).

Cara terbaik untuk memutuskan siapa yang mendapat pujian adalah anggota band menentukan siapa yang menulis lagu, atau mengabaikan aturan tradisional dan berbagi secara setara (atau dengan formula lain) dalam semua lagu yang ditulis band.

Keputusan ini akan sangat spesifik tergantung pada hubungan antara Anda dan kolaborator Anda. Sekali lagi, ini adalah percakapan yang harus dilakukan di awal, begitu sebuah lagu dibuat, bukan setelah lagu itu menyentuh gelombang udara.

3. Publikasikan Nama dan Hak Cipta Penulis Lagu

Menulis lagu saja tidak cukup untuk memutarnya di radio atau di klub. Anda perlu mempromosikannya! Pastikan Anda mempromosikannya dengan detail hak cipta yang eksplisit. Setelah Anda menentukan siapa yang menulis lagu, publikasikan nama dan cara menghubungi Anda atau penerbit musik Anda.

Saat menyiapkan musik untuk diunduh (biasanya sebagai MP3, AAC, atau WMA) gunakan tag teks yang memungkinkan Anda untuk mengkodekan nama penulis lagu dan informasi hak cipta terkait lainnya. Ditto untuk situs web atau materi online apa pun. Ini akan membantu menjaga hak-hak anggota relatif sama dan jelas. Ini juga akan menghindari situasi di mana kontributor merasa bahwa kontribusi mereka dikesampingkan dan diabaikan, yang dapat menyebabkan konflik.

4. Pertimbangkan “Menulis Bersama” Dengan Penulis Lagu yang Meninggal

Mengalami kesulitan menulis lagu yang menarik atau menghasilkan uang? Anda dapat mencoba pendekatan Vera Matson, yang mengambil lagu perang saudara, “Aura Lee,” dan menambahkan liriknya sendiri. Hasilnya adalah “Love Me Tender,” hit monster untuk Elvis Presley dan banyak artis lainnya. Musik lama (diterbitkan sebelum 1923) seperti “Aura Lee” tidak dilindungi oleh hak cipta, dan oleh karena itu dikatakan berada dalam ” domain publik “. Ini gratis bagi siapa saja untuk menyalin.

5. Daftar Dengan BMI dan ASCAP

BMI (Broadcast Music, Inc.) dan ASCAP (American Society of Composers, Authors, and Publishers) dikenal sebagai organisasi hak pertunjukan yang paling berpengaruh. Mereka memantau stasiun radio dan televisi, klub malam, situs web, dan entitas lain yang memutar musik.

Mereka mengumpulkan royalti dari tempat-tempat ini, dan membayar royalti langsung ke penerbit musik dan penulis lagu (sehingga Anda mendapatkan pembayaran secara langsung, bukan penerbit atau manajer Anda). Pastikan untuk mendaftar dengan BMI atau ASCAP dan menjaga informasi Anda saat ini.

6. Jangan Takut untuk Menetapkan Hak Cipta untuk Kesepakatan

“Jangan menyerah hak cipta Anda,” adalah seruan yang sering terdengar dari musisi dan penulis lagu. Ya, memang benar bahwa bisnis musik penuh dengan kisah celaka tentang penulis lagu seperti Richard Berry, yang menyerahkan hak ciptanya untuk “Louie, Louie” seharga $750. (Berry akhirnya memenangkan putusan pengadilan senilai $2 juta atas lagu tersebut.)

Kenyataannya adalah bahwa hampir setiap penulis lagu yang menandatangani kontrak dengan penerbit musik besar melepaskan hak cipta atas lagu tersebut. Sebagai imbalannya, penerbit membayar penulis lagu bagian besar dan kuat dari royalti selama masa pakai hak cipta. Seringkali, penulis lagu, bukan penerbit musik, memperoleh bagian yang lebih besar dari royalti penulisan lagu dan keuntungan dari hiruk pikuk penerbit musik.

Intinya: Jika Anda berurusan dengan penerbit musik terkemuka, jangan takut untuk menandatangani hak cipta, terutama jika pengacara hiburan yang berpengalaman memeriksa kesepakatan untuk Anda. Terutama sebagai musisi yang tidak dikenal, Anda harus menyadari bahwa kemampuan Anda untuk menawar agak dibatasi oleh norma-norma industri ini. (Lihat panduan Nolo untuk Mempekerjakan Pengacara Hiburan , untuk memastikan bahwa Anda memiliki nasihat yang tepat saat membuat keputusan semacam ini.)

7. Pasarkan Lagu Anda ke Media Nontradisional

Perubahan teknologi telah mengubah cara lagu menghasilkan uang. Salah satu sumber terbesar untuk jam mendengarkan musik, misalnya, adalah video game.

Selain itu, biro iklan, perusahaan film dan TV, dan situs web Internet semuanya telah membuka peluang lisensi baru. Misalnya, MTV menemukan satu penulis lagu di MP3.com dan melisensikan musiknya untuk latar belakang serial televisi Real World nya, yang menghasilkan pembayaran dari MTV dan kemudian dari BMI.

8. Pertimbangkan untuk Mengambil Persentase Pendapatan yang Lebih Rendah dari Penerbit yang Sudah Berdiri

Jika Anda membuat perusahaan penerbitan musik sendiri, Anda akan menerima 100% dari pendapatan penulisan lagu. Jika Anda menjual lagu ke penerbit musik yang ada, Anda mungkin akan memperoleh 60-75% dari pendapatan lagu.

Tetapi jangan berasumsi bahwa mendapatkan persentase pendapatan yang lebih besar selalu lebih baik. Penerbit mapan mungkin lebih siap untuk memberi Anda penawaran, terutama yang menguntungkan, seperti menempatkan lagu Anda di film atau iklan.

9. Pertimbangkan Mendaftarkan Hak Cipta Anda

Anda sebenarnya tidak perlu mendaftarkan musik Anda ke Kantor Hak Cipta AS untuk mendapatkan perlindungan hak cipta. Di sebagian besar negara, termasuk AS dan Kanada, semua yang diperlukan agar sebuah lagu memiliki hak cipta adalah lagu itu “asli” dan “tetap”.

“Asli” berarti lagu tersebut asli dari penulisnya dan tidak disalin dari sumber lain. Sebuah karya “tetap” ketika ada dalam beberapa cara nyata seperti lembaran musik, rekaman kaset, atau disimpan ke disk komputer.

Meskipun pendaftaran hak cipta tidak diperlukan untuk melindungi lagu Anda, ini dapat membantu melindunginya dari pelanggaran, terutama jika lagu Anda didaftarkan sebelum pelanggaran atau dalam waktu tiga bulan setelah dirilis (Anda mungkin dapat memperoleh lebih banyak uang dari pelanggar dalam hal itu. kasus).

Untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran hak cipta, kunjungi situs web Kantor Hak Cipta AS , yang merupakan lembaga federal yang mengelola pendaftaran hak cipta untuk musik serta kreasi seni visual dan pertunjukan.

10. Manfaatkan Pemotongan Pajak untuk Penggunaan di Rumah

Jika Anda secara teratur menggunakan bagian dari rumah Anda secara eksklusif untuk membuat dan merekam lagu Anda, dan Anda tidak memiliki lokasi tetap lain di mana Anda melakukan hal-hal seperti itu, Anda dapat mengklaim pengurangan pajak kantor pusat. Berapa banyak yang dapat Anda klaim untuk pengurangan kantor rumah Anda tergantung pada berapa banyak (berapa persentase) dari rumah Anda yang Anda gunakan sebagai kantor rumah atau studio.

Misalnya, jika Anda menggunakan 20% dari rumah Anda, Anda dapat mengalokasikan 20% dari biaya kantor rumah Anda (seperti sewa, depresiasi, bunga hipotek, pajak properti, listrik, gas, asuransi) untuk pengurangan kantor rumah.

Namun, jika Anda mengambil pengurangan kantor pusat dan kemudian menjual rumah Anda, Anda bisa kehilangan pembebasan pajak capital gain di bagian rumah kantor di rumah Anda. Ini tidak akan terjadi jika Anda tinggal di rumah dua dari lima tahun sebelum Anda menjualnya.

Cara Mengcover Lagu Secara Legal
Artis Berita Musik Informasi Label Music Musik Seni

Cara Mengcover Lagu Secara Legal

Cara Mengcover Lagu Secara Legal – Mungkin terinspirasi oleh maraknya kasus hak cipta baru baru ini , sekelompok blog musik favorit kami akhir-akhir ini memberikan tips menarik untuk merekam dan menampilkan cover lagu musisi lain secara legal. Berbeda dengan bentuk imitasi musik yang lebih rumit yang terlibat dalam tuntutan hukum tersebut, mengcover sebuah lagu sebenarnya cukup mudah.

Cara Mengcover Lagu Secara Legal

u-cover – “Cover” adalah penampilan baru dari lagu yang direkam sebelumnya oleh seseorang selain artis aslinya dengan lirik dan melodi dasar yang dibiarkan utuh.

Dalam debat opini untuk peraturan baru yang mendorong kolaborasi musik dan mengakui kepemilikan, Pitchfork menjelaskan betapa jelas aturan tentang meliput sebuah lagu:

Ada aturan tentang versi sampul Sistem ini disebut lisensi wajib. Siapapun bisa mengcover lagu orang lain, dan penciptanya tidak bisa menolak (itu bagian yang wajib). Tetapi jika Anda meng-cover sebuah lagu, Anda harus membayar royalti kepada pencipta lagu (itu adalah bagian lisensi). Terlebih lagi, tarif royalti selalu sama—itu “berdasarkan undang-undang”, artinya tetap dan tidak tunduk pada negosiasi individu—tidak peduli siapa yang meng-cover lagu tersebut dan berapa banyak (atau sedikit) kopi yang mereka jual. Tingkat undang-undang ditetapkan oleh dewan arbiter, tiga “hakim royalti hak cipta” yang ditunjuk oleh Pustakawan Kongres, dan disesuaikan dari waktu ke waktu untuk mempertahankan nilai relatifnya.

Baca Juga :  Streaming Musik dan dampaknya terhadap komposer & penulis lagu 

Ada sedikit ruang untuk pengacara atau tuntutan hukum dalam sistem ini, karena aturannya jelas dan diterapkan secara universal.

Artikel ini membahas sejarah jenis lisensi paling umum yang Anda perlukan untuk merilis sampul: lisensi mekanik. Ini sebenarnya berasal dari zaman pemain piano, ketika Anda benar-benar mereproduksi suara lagu secara mekanis !

Hypebot menjelaskan cara kerja lisensi mekanis:

Setelah seorang seniman merilis karya musik mereka, siapa pun dapat membuat dan mendistribusikan rekaman suara mereka sendiri dari karya tersebut (yaitu merilis ‘sampul’) selama mereka mendapatkan lisensi mekanik dan membayar pemilik karya musik tersebut ‘royalti mekanik’ (saat ini 9.1 per salinan lagu).

Saat ini, mendapatkan lisensi mekanis untuk mereproduksi lagu sangatlah mudah. Ari Herstand meninjau tiga layanan yang akan membantu memperoleh lisensi itu dengan harga sekitar $15: Loudr , Songfile , dan Easy Song Licensing .

Perbedaan terbesar antara Loudr, Easy Song Licensing dan Songfile adalah Songfile hanya akan mengeluarkan lisensi untuk lagu yang mereka wakili. HFA [yang menjalankan Songfile] mewakili sebagian besar penerbit (di Amerika), tetapi tidak semua. Jadi jika Anda ingin meliput band Jerman yang tidak dikenal (tanpa perwakilan AS) atau pertunjukan indie panas dari Boston yang tidak memiliki penerbit, Anda tidak akan dapat melalui HFA. Loudr dan Easy Song Licensing akan memburu lisensi ini untuk Anda.

Dengan menggunakan layanan ini, Anda memperkirakan berapa banyak unduhan/CD yang akan Anda jual dan membayar jumlah tersebut x 9,1 sen (tarif royalti mekanis yang ditetapkan oleh pemerintah AS jika lagunya kurang dari 5 menit). Jadi, jika Anda berpikir Anda akan menjual 1.000 unduhan sampul Oasis Anda, Anda akan membayar $91 di muka + biaya layanan. Setiap layanan kemudian akan memberikan 100% dari royalti tersebut ke penerbit Oasis.

Songfile dan Easy Song Licensing hanya akan mengeluarkan lisensi hingga 2.500 unduhan. Jika Anda membutuhkan lebih banyak Anda harus pergi langsung ke penerbit. Loudr saat ini menawarkan hingga 5.000 unduhan melalui sistem mereka, tetapi jika Anda membutuhkan lebih banyak, Anda dapat mengirim email langsung ke support@loudr.fm.

Tetapi ada kasus umum di mana Anda mungkin membutuhkan lebih dari sekadar lisensi mekanik. Jika Anda ingin memposting video sampul Anda ke YouTube dan menurut Anda ada kemungkinan lebih dari beberapa orang akan menontonnya, Anda memerlukan lisensi sinkronisasi , yang mencakup kombinasi suara dengan pengalaman visual.

MakeUseOf membagikan dua skenario untuk memposting lagu cover ke YouTube:

Kepada Artis Tidak Dikenal: Saya tidak memaafkan pelanggaran hukum. Tetapi kenyataannya adalah dengan aliran terus-menerus dari unggahan dan sampul musik populer yang tidak diminta milik Anda kemungkinan besar tidak akan terjebak dalam jaring bisnis musik.

Kepada Artis Cukup Terkenal: Berapa jumlah penayangan YouTube Anda ? Mungkin 7000 hingga 10.000 tampilan? Lagi? Luar biasa. Nah… ini berarti Anda mendapatkan perhatian, dan ini juga berarti ada lebih banyak kemungkinan sampul Anda akan mendapat perhatian hukum.

Biasanya, untuk mendapatkan lisensi sinkronisasi, Anda hanya perlu bertanya kepada penerbit. Sayangnya, tidak ada harga yang ditetapkan untuk hal semacam ini kami bahkan tidak memiliki skala harga yang tersedia! Terkadang Anda bisa mendapatkannya secara gratis, dan di lain waktu Anda harus membayar mahal. Mudah-mudahan, itu bukan yang terakhir.

Kemungkinannya, video sampul Anda tidak akan membuat Anda dituntut. Tetapi ada sejumlah laporan di luar sana tentang YouTube yang menarik video dan bahkan menutup akun karena pelanggaran hak cipta, tampaknya secara sewenang-wenang, jadi Anda mungkin ingin mempertimbangkan lisensi sinkronisasi, bahkan jika Anda hanya memiliki beberapa pelanggan.

Jadi, bagaimana Anda mengetahui siapa yang harus dihubungi untuk mendapatkan lisensi sinkronisasi itu?

Sonic Bids memiliki masalah yang ditutupi dengan daftar lengkap alat untuk meneliti siapa yang memiliki hak cipta untuk hampir semua lagu yang dapat Anda pikirkan:

Basis Data ASCAP ACE Ini adalah sumber informasi utama tentang penulis, artis, penerbit, dan judul alternatif untuk lagu berhak cipta dari ASCAP dan afiliasi non-ASCAP.

ISWC (International Standard Musical Work Code) Ini adalah opsi lain untuk menemukan pencipta, artis, dan judul alternatif karya, serta nomor ISWC mereka.

Katalog Publik Kantor Hak Cipta Amerika Serikat (online) Katalog ini mencakup karya yang terdaftar di Kantor Hak Cipta AS mulai tahun 1978 dan seterusnya.

Koleksi Audio Library of Congress melalui SONIC (Sound ONline Inventory and Catalog) Seperti katalog Kantor Hak Cipta AS, SONIC akan memberi Anda informasi tentang karya audio yang telah didaftarkan untuk tujuan hak cipta.

Worldcat Dirancang untuk membantu Anda menemukan item di perpustakaan di dekat Anda (termasuk perpustakaan universitas yang mungkin memiliki koleksi lembaran musik dan rekaman yang kuat), database ini juga dapat membantu Anda mengetahui lebih banyak tentang artis, label rekaman, dan penerbit musik dan rekaman.

AllMusic yang lebih penting bagi peneliti hak cipta, ia menyediakan bagian “kredit” di mana ia dapat mencantumkan banyak profesional yang terlibat dalam pembuatan album, termasuk produser, musisi lain, dan artis/band utama.

Saran serupa berlaku untuk melakukan live cover. Jika Anda memiliki kurang dari beberapa ribu orang di acara Anda dan Anda tidak merekam dan mendistribusikan kinerja, Anda mungkin akan terbang di bawah radar. Tetapi jika Anda memutar acara besar atau merekam video untuk didistribusikan secara luas, Anda harus menghubungi penerbit lagu atau salah satu organisasi hak pertunjukan utama ( ASCAP , BMI , dan SESAC ) untuk mendapatkan izin yang sesuai. (Inilah penjelasan lengkap tentang subjek.)

Dan di sana Anda memilikinya! Ini mungkin bukan sistem yang paling mudah untuk dinavigasi, tetapi untungnya, tampaknya setiap publikasi musik di luar sana siap membantu dengan semua sumber daya yang Anda butuhkan untuk menjauhkan Anda dari masalah dan, yang terpenting, membantu Anda memberikan sedikit bantuan.

Streaming Musik dan dampaknya terhadap komposer & penulis lagu
Berita Berita Musik Informasi Label Music Musik

Streaming Musik dan dampaknya terhadap komposer & penulis lagu

Streaming Musik dan dampaknya terhadap komposer & penulis lagu

 Streaming Musik dan dampaknya terhadap komposer & penulis lagu – Jauh sebelum krisis COVID-19, Aliansi kami dan anggotanya telah mencela tingkat remunerasi yang sangat rendah yang berasal dari eksploitasi online – termasuk streaming – dan menyerukan tindakan kebijakan publik yang kuat dan inisiatif legislatif yang ambisius untuk memperbaiki situasi para penulis musik dan mempromosikan masa depan yang berkelanjutan untuk musik. Meskipun penerapan Pedoman Hak Cipta 2019 yang tepat dan tepat waktu adalah langkah kunci pertama untuk menghadirkan lebih banyak keadilan dan transparansi, itu tidak akan memperbaiki kelemahan mendasar dan kegagalan pasar pasar streaming musik untuk pencipta musik, keragaman budaya, dan warga negara Eropa.Itu sebabnya kami memanggil pembuat kebijakan dan semua pemangku kepentingan di sektor musik untuk mempromosikan ekosistem streaming musik yang lebih adil dan transparan, yang pada akhirnya dapat menguntungkan pencipta musik, yang merupakan cikal bakal semua kreasi musik.

u-cover – Untuk melakukannya, tidak ada satu solusi ajaib melainkan beberapa perubahan penting yang diperlukan untuk meningkatkan pasar musik, memulihkan nilai lagu dan komposisi, mengevaluasi dan mereformasi alokasi pendapatan per aliran saat ini, dan meningkatkan transparansi (termasuk untuk algoritme dan daftar putar). Karena COVID-19 secara dramatis memperburuk dampak negatif streaming musik pada pencipta musik, tidak ada waktu untuk mengubah sistem jika kita ingin membangun masa depan yang berkelanjutan untuk streaming musik. Tapi mari kita lihat dulu beberapa fakta dan angka serta dampak ganda COVID-19 pada komposer dan penulis lagu:

Streaming musik telah menikmati pertumbuhan yang konstan dan signifikan selama lebih dari satu dekade sekarang. Sementara krisis COVID-19 telah secara dramatis berdampak pada sektor musik live dan pencipta musik, streaming musik terus berkembang. Menurut IFPI:

Baca Juga : Musik Besar Perlu Dipecah Untuk Menyelamatkan Industri

Jauh sebelum krisis COVID-19, komposer dan penulis lagu (serta pemain) – yang sebagian besar adalah pekerja lepas yang menghadapi kondisi kerja yang genting serta pendapatan yang rendah dan tidak stabil – tidak dibayar secara adil dari layanan streaming musik. Menurut survei anggota kami, 74% penulis musik tidak dapat hidup dari pendapatan yang dihasilkan oleh profesi artistik mereka di awal tahun 2020. Bahkan bagi para penulis yang mencari nafkah penuh dari profesi artistik mereka, streaming biasanya hanya memberikan kontribusi jumlah nominal pendapatan mereka.

Dampak ganda dari krisis COVID-19 bagi komposer dan penulis lagu

Situasi ini diperparah oleh pandemi COVID-19, yang berdampak dramatis pada anggota kami dan banyak pemain di sektor budaya dan kreatif. Studi EY baru-baru ini “Membangun kembali Eropa – Ekonomi budaya dan kreatif sebelum dan sesudah krisis COVID19”, yang didukung oleh organisasi kami, telah menunjukkan bahwa industri budaya dan kreatif (secara keseluruhan) mengalami kerugian lebih dari 30% dari omset mereka untuk tahun 2020 – akumulasi kerugian sebesar €199 miliar – dengan sektor musik mengalami kerugian 75%. Studi ini juga melaporkan penurunan sekitar 35% dalam royalti – sumber pendapatan terpenting bagi komposer dan penulis lagu – yang dikumpulkan oleh Collective Management Organizations (CMO), yang pendapatannya akan berkurang tajam pada tahun 2021 dan 2022. Akibatnya, banyak penulis dan sekarang sedang mencari pekerjaan lain di luar sektor budaya dan kreatif.

a) Eksploitasi musik di mana penulis musik biasanya mendapatkan pendapatan yang lebih layak dari CMO (TV dan radio, pertunjukan langsung dan publik) sekarang menghadapi kerugian besar.

b) Royalti streaming untuk penulis masih sangat rendah, dengan bagian terbesar dari pendapatan streaming (sekitar 55% dari total pendapatan layanan streaming) mengalir ke industri rekaman. Sebaliknya, hanya 21% atau EUR 2,1 miliar dari pendapatan CMO (untuk semua repertoar penerbitan kecuali royalti mekanis yang dibayarkan langsung ke penerbit musik) yang berasal dari sumber online pada 2019, menurut CISAC Global Collections Report 2020. Persentase ini kemudian secara umum harus dibagikan antara penulis musik dan penerbit musik.

Selain itu, lambatnya penerapan Pedoman Hak Cipta 2019 dan meningkatnya penggunaan kontrak pembelian untuk komposer audiovisual semakin memperburuk tren negatif penurunan pendapatan bagi penulis musik. Situasi saat ini tidak berkelanjutan dan harus berubah. Sekarang mari kita lihat streaming dari sudut yang berbeda dan beberapa perubahan penting yang diperlukan untuk mempromosikan ekosistem yang lebih adil dan transparan.

1. Melihat gambaran pasar musik digital yang luas: mengapa membatasi safe harbour pada platform yang dibuat pengguna harus meningkatkan pasar musik.

Saat ini, penyedia layanan berbagi konten online (seperti YouTube) bersaing dengan layanan streaming berlisensi penuh (seperti Spotify) dan merupakan layanan terburuk untuk remunerasi pembuat musik. Ini karena ketentuan pelabuhan yang aman, yang telah memungkinkan mereka untuk menghindari remunerasi yang adil untuk konten yang dilindungi hak cipta pada layanan mereka selama lebih dari satu dekade sekarang. Kami adalah pendukung kuat tindakan yang bertujuan mengurangi dampak berbahaya dari ketentuan safe harbour pada pencipta musik dan pemegang hak lainnya, seperti Pasal 17 Pedoman Hak Cipta, dan kami mendorong semua negara di luar UE untuk mengadopsi tindakan tersebut.

Di UE, penerapan Pasal 17 Arahan Hak Cipta 2019 yang ambisius dan tepat waktu dapat mengakhiri situasi ini jika tetap setia pada tujuannya. Tetapi ini masih merupakan janji yang jauh hari ini, karena sebagian besar Negara Anggota UE masih harus menerapkan Arahan tersebut, meskipun tenggat waktu 7 Juni 2021 semakin dekat. Selain itu, mengkhawatirkan melihat proposal untuk pelabuhan aman baru dan pengecualian dalam ruang lingkup Pasal 17. Penafsiran seperti itu bertentangan dengan tujuan Pasal 17 – lingkungan online yang lebih adil bagi pencipta – dan menghalangi kesepakatan lisensi yang lebih adil antara pemegang hak dan mereka. platform.

Memastikan bahwa penyedia layanan berbagi konten online gratis harus mendapatkan lisensi yang adil akan membantu mempromosikan persaingan yang lebih adil antara platform tersebut dan layanan berbasis langganan, dan menyamakan kedudukan untuk semua layanan streaming musik. Memang, fakta bahwa layanan berbasis langganan memiliki tingkatan gratis (dengan pendapatan yang sangat rendah untuk penulis) dan/atau belum menaikkan harga langganan bulanan selama bertahun-tahun (berbeda dengan layanan VOD seperti Netflix) sebagian besar disebabkan oleh persaingan dari konten berbagi layanan.

Dengan penerapan Pasal 17 yang memadai, CMO harus dapat menegosiasikan kesepakatan yang lebih baik dengan penyedia layanan berbagi konten online untuk kepentingan penulis musik dan mempromosikan tingkat permainan yang lebih adil untuk semua platform streaming. Dalam jangka panjang, layanan berlangganan berbayar dengan harga lebih tinggi harus menjadi norma jika kita ingin mempromosikan ekosistem musik yang dapat bekerja untuk semua orang. Oleh karena itu, kami menyambut baik pengumuman terbaru oleh Spotify bahwa itu akan menaikkan harganya sebagai langkah pertama ke arah yang benar, dan kami meminta layanan streaming musik lain untuk mengikuti jalur ini. Namun, “menumbuhkan kue” tidak akan meningkatkan pasar streaming jika tidak ada tindakan untuk membagi kue secara adil dan mengembalikan nilai lagu dan komposisi.

2 . Melihat cara kerja streaming: mengapa kita harus mengembalikan nilai hak pencipta

Layanan streaming musik harus mendapatkan lisensi baik hak rekaman dari label rekaman maupun hak pengarang (atau hak penerbitan) dari CMO dan/atau penerbit musik.

Untuk menawarkan alternatif pembajakan dan untuk melawan penurunan penjualan CD, layanan streaming mulai berkembang pada tahun 2000-an dengan model ekonomi berdasarkan langganan murah atau gratis, dan dengan “model gaya CD” untuk berbagi pendapatan yang dihasilkan antara pemangku kepentingan industri musik, di mana label rekaman mendapat bagian terbesar dari pendapatan. Partisi ulang semacam itu dapat dibenarkan dengan produk fisik karena biaya produksi, distribusi dan pemasaran yang terkait dengan CD, tetapi menerapkan model yang sama untuk streaming tidak masuk akal lagi, karena layanan streaming telah menjadi lebih dari sekadar substitusi penjualan CD. Sementara itu, saat streaming tumbuh secara eksponensial dengan model ini, ada devaluasi hak penulis.

Dalam transaksi streaming hari ini, nilai yang masuk ke hak rekaman masih sering 4 atau 5 kali lebih tinggi daripada yang masuk ke hak penulis (atau hak penerbitan). Akibatnya, hak pencipta musik – dengan kata lain, nilai yang melekat pada sebuah lagu – telah diremehkan. Pada tahun 2020, survei yang dilakukan di AS, Inggris, Kanada, Australia, Prancis, dan Jerman dengan lebih dari enam ribu peserta menyimpulkan bahwa 60% responden menganggap bahwa lagu yang bagus adalah faktor terpenting ketika mereka memutuskan musik apa yang akan didengarkan. Jadi mengapa nilai yang melekat pada lagu dan remunerasi penulis begitu rendah?

Hilangnya nilai lagu ini juga sering disebabkan oleh fakta bahwa jurusan musik – yang bertindak sebagai label rekaman dan penerbit musik – biasanya lebih menyukai hak rekaman dengan merugikan hak penulis (atau hak penerbitan). Ini karena – sebagai hasil dari konvensi industri – mereka menghasilkan lebih banyak pendapatan dari rekaman, di mana biasanya hanya sebagian kecil yang dibayarkan kepada para pemain, dibandingkan dengan hak penerbitan, di mana penerbit biasanya menerima bagian pendapatan yang minoritas. Konflik kepentingan tersebut memiliki dampak yang sangat merugikan bagi penulis musik dan menjelaskan sebagian besar tingkat remunerasi mereka yang sangat rendah. Baik CMO maupun pembuat kebijakan harus mencegah konflik kepentingan tersebut dan mengurangi efek negatif dari konsentrasi yang terus meningkat di sektor hak musik – di mana tiga jurusan musik menggunakan kekuatan pasar mereka untuk mendapatkan perlakuan istimewa dan mendikte aturan main. Pembuat kebijakan dan otoritas persaingan harus hati-hati melihat dampak jurusan di pasar streaming musik.

Secara umum, CMO harus merundingkan ulang kontrak lisensi dengan mempertimbangkan peningkatan penggunaan karya anggota mereka di platform streaming musik. Bagian untuk hak penerbitan dalam kesepakatan lisensi harus terus tumbuh untuk mencerminkan nilai sebenarnya dari lagu tersebut dan pertumbuhan layanan streaming yang stabil. Pembuat kebijakan dan otoritas persaingan harus hati-hati melihat dampak jurusan di pasar streaming musik. Secara umum, CMO harus merundingkan ulang kontrak lisensi dengan mempertimbangkan peningkatan penggunaan karya anggota mereka di platform streaming musik. Bagian untuk hak penerbitan dalam kesepakatan lisensi harus terus tumbuh untuk mencerminkan nilai sebenarnya dari lagu tersebut dan pertumbuhan layanan streaming yang stabil. Pembuat kebijakan dan otoritas persaingan harus hati-hati melihat dampak jurusan di pasar streaming musik. Secara umum, CMO harus merundingkan ulang kontrak lisensi dengan mempertimbangkan peningkatan penggunaan karya anggota mereka di platform streaming musik. Bagian untuk hak penerbitan dalam kesepakatan lisensi harus terus tumbuh untuk mencerminkan nilai sebenarnya dari lagu tersebut dan pertumbuhan layanan streaming yang stabil.

3. Melihat nilai aliran dan distribusi pendapatan per aliran

Melihat kriteria yang berbeda untuk nilai streaming dan alokasi pendapatan untuk pemegang hak per streaming, banyak pilihan diskresi yang dibuat oleh pemain dominan kini telah menjadi norma untuk hampir semua layanan streaming, dengan dampak yang kuat pada pencipta musik dan budaya. perbedaan. Meskipun kami mengakui fakta bahwa tidak ada solusi tunggal atau mudah untuk menyeimbangkan kembali sistem saat ini, kami meminta pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan musik untuk mengevaluasinya dan menerapkan solusi alternatif. Lebih detail, kita harus melihat daftar masalah ini (tidak lengkap):

– Debat yang berpusat pada pengguna:

Dengan model pro-rata saat ini untuk distribusi royalti yang digunakan oleh hampir semua layanan streaming musik, pendapatan dialokasikan menurut bagian masing-masing lagu dari total streaming, menurut jenis langganan dan negara, dalam satu bulan. Dengan kata lain, total pendapatan didistribusikan kepada pemegang hak berdasarkan pangsa pasar bulanan. Model ini jelas menilai terlalu tinggi trek yang didengarkan oleh pendengar streaming intensif dan dengan demikian meremehkan trek yang didengarkan oleh pendengar streaming rata-rata. Sebuah studi Prancis baru-baru ini menunjukkan bahwa saat ini 30% dari pendengar streaming intensif menghasilkan 70% dari total streaming dan oleh karena itu menentukan ke mana 70% dari uang itu pergi. Model ini juga jelas menyukai manipulasi dan aliran palsu.

Cara lain dari distribusi pendapatan adalah apa yang disebut sistem pembayaran yang berpusat pada pengguna (UCPS), yang terdiri dari pendistribusian pendapatan dari setiap langganan secara terpisah sesuai dengan perilaku mendengarkan aktual masing-masing pengguna: yaitu langganan pengguna didistribusikan hanya kepada pemegang hak dari trek yang dia dengarkan. Meskipun ada beberapa penelitian, beberapa menyoroti dan beberapa memperdebatkan dampak dan pergeseran pendapatan antara genre yang akan dihasilkan dari mengadopsi UCPS, untuk komunitas komposer dan penulis lagu, ini mewakili sistem pembayaran penggemar-ke-kreator yang lebih adil, lebih transparan, dan langsung. .

Keuntungan lain dari UCPS adalah fakta bahwa itu akan mengurangi aliran palsu atau penipuan. Pembuatan sejumlah besar streaming dengan streaming yang dibuat secara otomatis melemahkan citra tentang apa yang sebenarnya didengarkan konsumen. Dalam sistem saat ini, aliran penipuan ini juga berakhir dengan sebagian besar pendapatan, karena mereka mewakili bagian besar dari aliran total yang dihasilkan. Dengan UCPS, mereka hanya berhak atas pendapatan yang dibayarkan oleh akun-akun yang menghasilkan aliran otomatis. Ini akan memastikan bahwa lebih sedikit uang yang masuk ke ‘pertanian streaming’ dan bisnis penghasil aliran palsu lainnya, dan lebih banyak pendapatan akan berakhir di tempatnya: dengan artis dan penulis lagu sebenarnya yang sedang didengarkan. Salah satu argumen yang menentang peralihan ke UCPS adalah biaya untuk mengubah sistem dalam Digital Service Providers (DSPs) serta dengan label dan CMO. Meskipun kami mengakui faktor biaya, ini tidak mengubah fakta bahwa streaming dimulai dengan langkah yang salah dan harus diperbaiki.

Musik Besar Perlu Dipecah Untuk Menyelamatkan Industri
Album Record Artis Berita Berita Musik Informasi Label Music Musik

Musik Besar Perlu Dipecah Untuk Menyelamatkan Industri

Musik Besar Perlu Dipecah Untuk Menyelamatkan Industri

Musik Besar Perlu Dipecah Untuk Menyelamatkan Industri – PANDEMI COVID-19telah menghancurkan industri musik. Dengan menghilangkan musik live selama 18 bulan atau lebih, Covid telah mengakhiri aliran pendapatan yang menghidupkan seluruh ekosistem musik. Hal ini terutama berlaku untuk seniman independen dengan sedikit cara lain untuk mencari nafkah di industri saat ini. Musisi kehilangan dua pertiga dari pendapatan mereka pada tahun 2020. Pendapatan musik live turun 85 persen.

u-cover – RUU Save Our Stages , yang disahkan pada bulan Desember sebagai bagian dari putaran kedua bantuan pandemi, telah menawarkan penyelamat. Tetapi bahkan setelah pertunjukan langsung kembali aman, pendorong utama dari ketidakadilan yang mendalam di industri musik akan tetap ada.

Selama beberapa dekade, konsentrasi perusahaan dan kebangkitan platform musik streaming telah mengalihkan kekuasaan ke raksasa teknologi, dan ke konglomerat yang, melalui kegagalan regulasi monopoli AS yang mengejutkan, telah mendominasi radio terestrial dan satelit, promosi konser, tiket, manajemen artis. , dan kepemilikan tempat, pada dasarnya setiap bagian industri yang menghasilkan pendapatan.

Baca Juga : INILAH YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG PEMBATASAN RE-RECORDING 

Tiga label rekaman besar menghasilkan dua pertiga dari semua musik yang dikonsumsi di Amerika. Mereka adalah pembeli musik dan bakat yang paling kuat, dan mereka menggunakan kekuatan itu untuk memprioritaskan segelintir mega bintang dan hit pop. Mereka memasukkan musik ke dalam konglomerat radio besar dan platform streaming yang mengontrol bagaimana musik dikonsumsi, dan mereka mengumpulkan bagian pendapatan industri yang terus tumbuh.

Konser, ruang penting di mana tempat dan seniman independen sebagian besar menghindari penjaga gerbang perusahaan, semakin terancam oleh penutupan Covid dan prospek bahwa Live Nation dan raksasa yang didukung Wall Street lainnya akan membelinya atau membuat mereka gulung tikar.

Kelas menengah yang luas dari artis independen, label rekaman, tempat, dan usaha kecil lainnya sekarang harus bergantung pada—dan semakin membayar—monopoli untuk akses ke band dan penggemar. Bagi sebagian orang, pandemi membuat situasi sulit menjadi tidak mungkin.

Dekade kebijakan yang buruk membawa kami ke sini. Merger perusahaan yang berbahaya tidak terkendali, perilaku buruk tidak dihukum. Tapi sekarang, perubahan besar pada cara kita mengawasi kekuatan korporasi tampaknya sedang terjadi. Undang-undang baru yang diusulkan di Senat, bersama dengan perubahan hukum yang direkomendasikan komite DPR setelah melihat secara komprehensif kekuatan monopoli di antara Apple, Amazon, Google, dan Facebook, ditujukan untuk mengekang kekuatan perusahaan yang tidak terkendali. Jika diberlakukan dan berhasil, perubahan yang diusulkan akan menyeimbangkan kembali industri musik dari kebesaran perusahaan dan menuju kelas menengah musik yang dinamis dan penting.

LIMA TAHUN YANG LALU,seorang eksekutif industri rekaman bernama Darius Van Arman memberikan pidato pra-Grammy Awards tentang keadaan bisnis musik. Co-pemilik Secretly Group, ia memimpin label independen yang telah menjadi pembuat selera dan hit, dengan daftar artis termasuk Bon Iver, Dinosaur Jr., dan The War on Drugs. Van Arman menawarkan tes lakmus sederhana untuk mengetahui apakah musik itu “independen”, sebuah istilah yang mengubah bentuk yang diterapkan pada segala hal mulai dari band punk yang memainkan pertunjukan basement hingga anak perusahaan “indie” dari label-label besar yang cash-flush. “Anda mandiri jika Anda pro-kompetitif,” katanya.

Dia tidak secara spesifik menyebutkan tiga label besar—Universal, Sony, dan Warner Music—tetapi logikanya akan menunjukkan bahwa ada sesuatu yang secara inheren anti persaingan. Dia kemudian mengklarifikasi dalam sebuah wawancara: Jika Anda mandiri, Anda “tidak ingin mengurangi persaingan dengan memperoleh saingan” atau untuk keuntungan tidak adil lainnya yang memiringkan industri ke arah dominasi perusahaan.

Dia benar. Dari kemunculan industri melalui tahun 1940-an dan 1950-an, tidak ada label besar. Yang ada hanya label, banyak dan beragam. Dimulai pada pertengahan 1960-an, banyak yang bergabung menjadi beberapa label yang jauh lebih besar yang mengendalikan artis besar dan rekaman mereka. Pada pergantian milenium, hanya lima label yang mendominasi musik rekaman. Kemudian, pada tahun 2003, Sony membeli saingannya BMG, dan, hampir satu dekade kemudian, musik Universal mengambil alih EMI. Kelompok konsumen dan industri mendorong pejabat untuk memblokir kedua kesepakatan, terutama karena kekuatan gabungan label akan memiliki hak cipta musik dan distribusi album fisik. Agen antitrust membersihkan kedua merger tanpa syarat.

Saat ini, Universal Music Group, yang terbesar dari tiga besar, begitu besar sehingga banyak labelnya—Capitol Records, Interscope, Def Jam, Republic—memiliki anak perusahaan sendiri. “Konsentrasi selalu berbahaya; itulah mengapa ada otoritas persaingan,” kata Martin Mills, kepala label independen Beggars Group, yang mencakup Matador Records, Rough Trade, dan indie lainnya. “Saya pikir ini adalah hal yang sangat buruk jika menyangkut bisnis kreatif. Ketika hanya ada tiga perusahaan yang mewakili musik dan artis, itu jelas menjadi perhatian.”

Di antara kekhawatiran itu adalah bahwa jurusan melanggar undang-undang antimonopoli. Pada hari-hari awal streaming, Departemen Kehakiman menyelidiki jurusan atas dugaan penyalahgunaan kekuatan kolektif mereka dengan menolak untuk melisensikan katalog mereka ke layanan streaming yang baru lahir, alih-alih memulai aplikasi streaming mereka sendiri yang akan memiliki kontrol eksklusif atas konten. Pemerintah akhirnya tidak mengambil tindakan . Pada saat yang sama, jaksa agung negara bagian mengekstraksi $143 juta dari label-label besar dan beberapa pengecer karena bersekongkol untuk menaikkan harga CD, menunjukkan cengkeraman sang mayor dalam distribusi musik.

Jurusan masih mendistribusikan lebih dari 80 persen dari semua musik fisik hari ini, dominasi yang telah terbukti membawa bencana. Tiga tahun lalu, toko kaset independen di seluruh negeri mulai melaporkan pengiriman aneh yang tiba di pintu mereka: Sebuah truk penuh dengan apa yang seharusnya menjadi catatan rilis baru diisi dengan sirup obat batuk resep. Di toko lain, sebuah truk barang berukuran penuh tiba dengan hanya empat catatan di dalamnya. Jelas ada sesuatu yang salah dalam rantai pasokan.

Hanya beberapa bulan sebelumnya, Warner Music mengalihkan pengiriman dan penyimpanan rekamannya ke sebuah perusahaan bernama Direct Shot Distributing, yang telah menangani pemenuhan untuk Universal dan Sony, dan banyak label independen yang mengandalkan perusahaan besar untuk mencapai toko rekaman. Ketika Direct Shot gagal, hal itu memperlihatkan kerapuhan yang mengejutkan dalam industri yang, sekali lagi, hampir sepenuhnya bergantung pada label besar untuk mendistribusikan rekaman fisik. Tidak jelas mengapa ketiga jurusan memilih perusahaan pemenuhan yang sama, tetapi ketika mereka melakukannya dan gagal, mereka membahayakan keberadaan ratusan usaha kecil.

Label besar telah membantu mempersempit apa yang dianggap sebagai “musik populer”. Artis label besar merilis lebih dari 90 persen dari semua 10 lagu teratas selama dekade terakhir, dan dominasi mereka telah secara drastis mengurangi keragaman artis dan suara yang muncul dan tetap berada di tangga lagu. Menurut data yang dikumpulkan oleh Colin Morris, Michael EW Varnum, dan peneliti lain dan diberikan kepada WIRED, jumlah lagu baru yang memasuki Billboard Hot 100 mencapai puncaknya pada tahun 1966, dengan 740 lagu baru memasuki tangga lagu. Pada tahun 2001, jumlah itu turun menjadi hanya 308 lagu baru, dan hari ini tetap sekitar setengah dari puncak tahun 1960-an.

Dominasi musik pop yang berlanjut dan tidak terkendali dari sang mayor sebagian merupakan produk dari ” strategi blockbuster ” yang telah teruji waktu dari investasi berlebihan dalam segelintir artis dan album yang sangat menguntungkan. Tetapi jurusan sekarang lebih banyak mendapatkan uang tunai daripada sebelumnya, dan mereka telah menggunakan sumber daya itu untuk membeli sejumlah tindakan baru yang mengejutkan, rata-rata dua per hari .

Semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa mengandalkan menara kembar kekuatan industri musik lainnya: Spotify, Apple, YouTube, dan platform streaming lainnya.

STREAMING MEMILIKI HAMPIRseorang diri menyelamatkan bisnis musik. Dari tahun 1998 hingga 2013, pendapatan industri turun lebih dari setengah , dari lebih dari $14 miliar menjadi kurang dari $6 miliar, karena musik online secara tiba-tiba menghentikan penjualan CD yang sangat menguntungkan. Ketika Spotify pertama kali tiba di AS pada tahun 2011, banyak orang yang skeptis (pentolan Radiohead Thom Yorke dengan terkenal menyebut Spotify “kentut putus asa terakhir dari mayat yang sekarat”). Streaming, tentu saja, telah menjadi cara utama musik menjangkau massa dan merupakan penghasil pendapatan utama industri. Analis percaya streaming saja akan menghasilkan $75 miliar per tahun pada akhir dekade ini, lebih dari tiga kali lipat dari puncak industri pada akhir 1990-an.

Saat streaming menjadi terkenal, begitu pula kekuatan perusahaan yang sangat besar yang telah mengendalikan hampir semua distribusi dan pendapatan musik. Spotify dan akun YouTube Google untuk tiga perempat dari semua streaming secara global. Seiring dengan layanan streaming dari perusahaan monopoli teknologi Apple dan Amazon, empat perusahaan memiliki cengkeraman yang hampir total di pasar. “Tingkat kendali di beberapa perusahaan besar itu sangat berbahaya,” kata Louis Posen, kepala label punk legendaris Hopeless Records. Baginya itu tidak berbeda dengan di tempat lain dalam ekonomi yang semakin dimonopoli, dan tidak berbeda dari seabad yang lalu, ketika monopoli di rel kereta api, minyak, baja, dan barang-barang penting lainnya mengendalikan perdagangan Amerika. “Ketika hanya beberapa perusahaan yang mengendalikan kekuatan, hal-hal buruk terjadi.”

Ketidakseimbangan kekuatan itu telah memperburuk ketidakadilan industri. Apple, Google, dan Amazon dapat membiayai penawaran musik mereka melalui keuntungan monopoli di tempat lain. Spotify memiliki 150 juta pelanggan, lebih dari dua kali lipat Apple, dan nilai sahamnya meningkat dua kali lipat selama pandemi. Pasar saham menilai perusahaan lebih dari $50 miliar.

Sementara streaming telah membantu sebagian besar bertahan, itu membantu label besar menjadi lebih kaya. Pada tahun 2019, grup riset MBW memperkirakan bahwa tiga label besar masing-masing menghasilkan sekitar $1 juta per jam dari streaming; hanya label independen terbesar yang jelas sebanyak itu dalam setahun. Tujuh artis teratas di Spotify masing-masing mendapatkan sekitar setengah juta dolar per tahun dari streaming di layanan tersebut, sementara royalti Spotify membayar 99 persen artis terbawah rata-rata $25 per tahun.

Pendapatan per-aliran seringkali sangat kecil di antara semua layanan streaming. YouTube membayar paling sedikit : Untuk mendapatkan upah minimum bulanan ($1.472), seorang artis membutuhkan lebih dari 2 juta streaming. Spotify tidak membayar lebih; menurut Trichordist, label independen menengah rata-rata dapat menghasilkan sekitar sepertiga dari satu sen per streaming Spotify.

Streaming hari ini menyumbang 80 persen dari semua pendapatan industri. Sebanyak layanan streaming membutuhkan jurusan, jurusan lebih mengandalkan pendapatan streaming.

INILAH YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG PEMBATASAN RE-RECORDING
Album Record Artis Berita Musik Informasi Label Music Musik

INILAH YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG PEMBATASAN RE-RECORDING

INILAH YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG PEMBATASAN RE-RECORDING

INILAH YANG PERLU ANDA KETAHUI TENTANG PEMBATASAN RE-RECORDING – Saya mengajar kelas bisnis musik, jadi saya selalu mencari momen kehidupan nyata untuk dibawa ke dalam kuliah dan diskusi kelompok saya. Ada beberapa contoh menarik sepanjang tahun ini. Baru-baru ini, pembelian label Taylor Swift sebelumnya, Big Machine Label Group, oleh perusahaan media manajer artis Scooter Braun, Ithaca Holdings LLC , telah memberi saya kesempatan untuk berbicara tentang aspek kontrak artis yang kurang diketahui: pembatasan perekaman ulang.

u-cover – Untuk perusahaan rekaman, pembatasan perekaman ulang agak mirip dengan polis asuransi: kebanyakan memilikinya, jarang digunakan, tetapi ketika mulai berlaku, itu sangat penting. Memikirkan mereka dengan cara ini adalah tepat: kehadiran mereka dalam kontrak rekaman menjamin perusahaan rekaman dari persaingan yang tidak diinginkan.

Untuk artis rekaman, mereka paling sering merupakan kejutan yang tidak diinginkan, tertidur sampai mereka mencegah penciptaan master baru. Dalam situasi ini, kehadiran mereka membuat frustrasi dan membuat marah. Hal ini membuat banyak orang mempertanyakan mengapa beberapa artis favorit mereka dipaksa melakukan kesepakatan ini.

Baca Juga : Label musik Belgia melacak tweet untuk mencari hits

Kenyataannya seperti biasa jauh lebih kompleks.

Label berinvestasi besar-besaran pada artis yang mereka tandatangani, dan mereka mengambil risiko besar dalam melakukannya. Mereka memandang tuannya sebagai aset, dan menggunakan berbagai cara untuk melindungi investasi tersebut dan mengurangi risiko yang terkait dengannya.

Metode yang paling umum dipahami melibatkan struktur keseluruhan dari kesepakatan rekaman. Di dalamnya, label akan memiliki hak cipta dalam setiap rekaman suara yang dibuat selama jangka waktu kontrak rekaman. Sebagai imbalan untuk melepaskan hak-hak tersebut, artis akan menerima uang muka dan royalti sehubungan dengan eksploitasi mereka (belum lagi uang pemasaran dan promosi yang dihabiskan atas nama mereka). Struktur ini memungkinkan label untuk memperlakukan master tersebut sebagai aset, dan menutup biaya tertentu dari artis yang dikeluarkan sehubungan dengan eksploitasi mereka, sehingga melindungi investasi mereka dan mengurangi risiko mereka.

Namun, meskipun struktur kepemilikan dan pengembalian adalah cara standar dan lama bagi label untuk melindungi diri mereka sendiri, label juga dikenal mengubah bahasa dalam kesepakatan mereka untuk mengimbangi perubahan dalam bisnis. Pembatasan perekaman ulang adalah cara yang kurang dikenal di mana label melakukan itu, tetapi menjadi berita karena keterusterangan Taylor Swift atas penjualan labelnya dan saran Kelly Clarkson selanjutnya bahwa Taylor merekam ulang versi baru dari master .

Pembatasan rekaman ulang tidak standar dalam kontrak rekaman sampai setelah Everly Brothers terkenal meninggalkan label mereka, Cadence, pada tahun 1960 untuk kesepakatan satu juta dolar dengan Warner Bros. Warner merilis kompilasi “Sangat Terbaik” segera sesudahnya, tetapi alih-alih hanya memasukkan hits duo dengan Warner, mereka merekam ulang beberapa materi irama mereka, pada dasarnya menyalin (dan karena itu bersaing dengan) pekerjaan mereka sebelumnya.

Orang mungkin bertanya: jadi bagaimana jika artis atau band itu tidak memiliki masternya: mengapa mereka tidak kembali ke studio, memotong versi baru dan merilisnya? Tanpa batasan perekaman ulang, seorang seniman dapat melakukan hal itu, mengulangi apa yang dilakukan Everly Brothers. Karena label ingin melindungi investasi mereka, mereka melihat persaingan semacam ini sebagai berbahaya, dan menambahkan bahasa ke kontrak mereka dimaksudkan untuk mencegahnya.

Pembatasan perekaman ulang bekerja dengan mencegah artis membuat versi baru dari rekaman suara apa pun yang dikirimkan berdasarkan persetujuan mereka untuk orang lain untuk jangka waktu tertentu, seringkali lebih dari lima tahun sejak pengiriman atau tiga tahun sejak akhir masa kontrak. . Mereka ditulis untuk mencegah perekaman ulang, bahkan dalam situasi di mana master aslinya tidak pernah dirilis.

Ini dulunya bukan masalah, karena siklus album biasanya memakan waktu bertahun-tahun, tetapi efek pembatasan perekaman ulang memburuk : tiga hingga lima tahun adalah keabadian dalam bisnis musik streaming saat ini, dan label sekarang menulis batasan yang dirancang untuk mencegah ulang -merekam khusus untuk penempatan film dan TV. Alasannya, penempatan seperti itu semakin mudah diperoleh artis tanpa label, baik artis yang didekati secara langsung, atau menggunakan perusahaan luar untuk mencari penempatan atas nama mereka. (Artis yang memiliki master DAN penerbitan dapat menyetujui penempatan tersebut sendiri, membuat perizinan menjadi lebih sederhana.)

Bahasa kontrak ini hanya dimaksudkan untuk melindungi investasi perusahaan rekaman, tetapi sering kali merugikan artis. Pembatasan ini dapat mempengaruhi produsen juga.

Sebagian besar perjanjian produser akan berisi klausul serupa, yang mencegah produser memproduksi lagu untuk artis lain untuk jangka waktu tertentu, biasanya tiga tahun. Sekali lagi, ini terutama dirancang untuk melindungi investasi label pada artis mereka dengan memastikan bahwa label tetap mengontrol master aslinya.

Situasi ini tidak mempengaruhi produser sebanyak artis. Karena mereka dipekerjakan untuk memproduksi trek khusus untuk artis tertentu, hasilnya sangat dibuat khusus sehingga mungkin tidak dapat digunakan di tempat lain. Produser juga tidak mungkin dapat memproduksi lagu yang sama untuk artis yang berbeda (setidaknya tidak dalam jangka waktu di mana mereka berada di bawah batasan). Dan terlepas dari pertimbangan ini, produksinya harus unik untuk artis aslinya, jadi tidak ada orang yang menginginkannya dibuat ulang.

Namun, pembatasan tersebut dapat menjadi masalah bagi produser yang juga penulis. Karena perannya sebagai penulis, dan karena lagu tersebut berasal dari mereka, pembatasan perekaman ulang dapat membuat produser tidak mungkin membawa lagu (atau produksinya) ke artis lain jika label memutuskan untuk tidak melakukannya. lepaskan. Pasar produsen sudah cukup sulit; masalah ini dapat membuat lebih sulit dengan menghilangkan kemampuan produser untuk menjual lagu mereka ke artis atau label lain.

Artis umumnya bebas merekam ulang komposisi mereka setelah pembatasan perekaman ulang berakhir, tetapi mereka juga harus bersedia menginvestasikan waktu, tenaga, dan uang yang dibutuhkan untuk membuat versi baru tersebut. Itu bukan prestasi kecil. Ada juga faktor persaingan, karena rekaman ulang tersebut akan bersaing dengan master yang sudah ada di pasar, dan penggemar yang akrab dengan aslinya mungkin merasa sangat terikat dengan mereka dan tidak pernah hangat dengan penggantinya.

(Masalah tambahan untuk Taylor Swift adalah dia juga harus mengingat bahwa kontrak rekaman barunya adalah dengan label Universal Republic Records. Karena Big Machine kemungkinan akan terus didistribusikan oleh Universal pasca-penjualan, mungkin saja dia akan kembali merekam versi baru dari hit masa lalunya, dia akhirnya bisa menempatkan Universal pada posisi di mana ia bersaing dengan dirinya sendiri.)

Rekaman ulang dapat dilakukan, dan dapat menjadi kesempatan bagi artis untuk membalikkan keadaan pada label mereka. Ambil contoh Def Leppard, yang ingin menciptakan pengaruh selama perselisihan dengan Universal tentang royalti digital . Seperti banyak tindakan warisan, Def Leppard menginginkan kontrol yang lebih besar dan peningkatan kompensasi dari katalog mereka. Tapi band ini memiliki ace di lubang: kontrak rekaman mereka memberi mereka kemampuan untuk menolak penggunaan tertentu dari master mereka.

Untuk menciptakan pengaruh itu, Def Leppard meminta Universal untuk menyimpan catatan mereka dari layanan digital. Band ini kemudian merekam ulang dan merilis versi baru yang dimaksudkan untuk menggantikan versi aslinya (setidaknya online dan dalam situasi yang dapat dikendalikan oleh band). Langkah pertama berhasil, karena bertahun-tahun kemudian—setelah mereka menyetujui persyaratan baru yang lebih menguntungkan, dengan Universal— mereka mengizinkan katalog asli mereka untuk ditempatkan secara online dan menghapus “pemalsuan” yang diposting band di tempat pertama .

Contoh lain adalah JoJo, yang merekam ulang versi baru dari dua album pertamanya sebagai cara untuk kembali ke label pertamanya, Blackground Records, karena menyandera musiknya. JoJo menandatangani kesepakatan itu di awal tahun 2000-an, ketika dia berusia dua belas tahun, dan merilis dua album yang diterima dengan baik: JoJo dan The High Road . Namun ketika ketenarannya meningkat, Blackground kehilangan kesepakatan distribusinya dan berhenti menerima telepon JoJo. Dia melanjutkan untuk merekam album ketiga, tetapi tidak bisa membuat Blackground merilisnya. Memperparah masalahnya, Blackground menghapus musiknya dari layanan streaming, mencegah penggemar mendengarnya dan JoJo mengambil keuntungan darinya.

Meskipun banyak tuntutan hukum, perselisihan berlanjut selama bertahun-tahun. JoJo baru bebas untuk menandatangani kontrak dengan label lain pada tahun 2014 . Dia merilis materi baru pada tahun 2016—setelah lebih dari satu dekade hening—tetapi para penggemarnya masih bertanya mengapa mereka tidak dapat menemukan dua album pertamanya. Untuk memuaskan mereka, JoJo menyusun rencana untuk membuat versi baru, seperti yang telah dilakukan Def Leppard.

Bagi JoJo, rekaman ulang tidak mewakili upaya untuk menang dalam negosiasi, mereka lebih pribadi: mereka tentang merebut kembali pekerjaan yang telah diambil darinya. Dia bertanya kepada pengacaranya apakah pembatasan perekaman ulangnya telah kedaluwarsa, dan kemudian mulai mengerjakan perekaman ulang versi baru dari dua album pertamanya. Bekerja dan mematikan saat tur selama 2018, dia membuat versi yang dikerjakan ulang itu, dan mengumumkan rilisnya pada hari ulang tahunnya. Bagi JoJo, waktu, tenaga, dan biaya untuk membuat rekaman ulang dari album lamanya sangat berharga, dan memungkinkannya untuk “menutup satu babak” dalam hidupnya.

Kedua artis ini mampu mengubah pembatasan rekaman ulang dalam kontrak mereka menjadi peluang baru. Sementara keduanya masih harus menunggu berakhirnya klausa, mereka menggunakan kebebasan yang baru ditemukan itu untuk mendapatkan sesuatu yang mereka, dan — yang lebih penting, penggemar mereka — inginkan.

Orang akan berpikir bahwa menangani masalah ini di muka, ketika kontrak sedang dinegosiasikan, akan mempermudah negosiasi. Yang sebaliknya sering benar. Klausa ini sangat jarang digunakan, dan sangat penting, sehingga label mungkin hanya bersedia mengurangi panjangnya satu tahun, atau paling banyak dua. Dan seringkali bagi artis, ada masalah yang lebih besar yang harus dihadapi selama negosiasi. Setelah kontrak ada di meja, mereka dan tim mereka mungkin memutuskan bahwa mereka tidak mau mengeluarkan pengaruh apa pun untuk mencoba mengubah bahasa yang mungkin tidak akan pernah mereka hadapi. (Inilah alasan mengapa klausa sering kali berakhir menjadi kejutan yang tidak diinginkan.) Pertimbangkan kepemilikan master atau bahkan pengembalian hak cipta: masalah ini lebih penting, dan artis lebih cenderung menggunakan pengaruh mereka dengan mencoba mengatasinya.

Penting untuk diingat bahwa situasi yang dialami Def Leppard dan JoJo adalah pengecualian dari norma. Label masih memiliki dampak besar pada karier artis yang mereka tandatangani, dan akan terus melindungi investasi mereka sebaik mungkin. Dengan demikian, ketika alat untuk mendistribusikan rekaman suara tumbuh semakin kuat, artis akan dapat meningkatkan pengaruh mereka, menggunakannya untuk mendapatkan persyaratan yang lebih baik dan pada akhirnya mendapatkan kontrol yang lebih besar atas hak-hak mereka.

Label musik Belgia melacak tweet untuk mencari hits
Informasi

Label musik Belgia melacak tweet untuk mencari hits

Label musik Belgia melacak tweet untuk mencari hits – Label rekaman Belgia yang membuat penggemar mendanai bandnya dan mengidentifikasi bintang masa depan dengan melacak Facebook dan Twitter, telah mencetak tiga hit nomor satu dalam setahun terakhir.

Label musik Belgia melacak tweet untuk mencari hits

u-cover – “Jika Anda melihat bagaimana musik didistribusikan saat ini, banyak orang membicarakan band favorit mereka di Twitter dan Facebook, jadi kami mengubah modelnya,” kata Bart Becks, mantan kepala eksekutif perusahaan internet Belgia, yang salah satu pendiri SonicAngel.

“Kami memiliki platform yang memindai jaringan yang kami inginkan, secara umum selalu YouTube, Twitter, dan Facebook,” kata Becks, 39, dalam sebuah wawancara di Brussels.

Tidak seperti situs web lain yang didanai penggemar, SonicAngel yang berbasis di Brussel secara aktif memilih artisnya sebelum penggemar mendapat kesempatan untuk ikut serta dan membantu membayar mereka untuk meluncurkan album.

Baca Juga : 5 Label Belgia untuk Dilihat di Pasar Label Independen Brussel

“Perbedaan terpenting dengan SonicAngel adalah kami menyukai A&R, jadi kami memilih artis dan tidak mengizinkan setiap artis tampil di platform,” kata salah satu pendiri Maurice Engelen, yang juga vokalis band elektronik Lords of Acid .

“Ini sama seperti Anda akan menjadi pendukung klub sepak bola, dan Anda tahu bahwa mereka memiliki pelatih hebat dan pencari bakat yang hebat, dan Anda dapat berinvestasi di klub sepak bola,” kata Engelen, 52 tahun.

SonicAngel, didirikan satu setengah tahun yang lalu, telah memiliki tiga hit nomor satu di Belgia pada tahun lalu, hit nomor tiga dan nomor tujuh di Prancis, dan 20 artis saat ini sedang didanai.

Ini memiliki sistem online terpisah di mana musisi dapat mengunggah lagu mereka dan mencoba untuk mendapatkan suara dari penggemar. Selain mengumpulkan suara, SonicAngel melacak desas-desus di sekitar band-band ini dengan melihat media sosial.

Becks dan Engelen memutuskan untuk membuat label setelah Engelen melatih kontestan X-Factor versi Belgia, Tom Dice, yang gagal mendapatkan kontrak rekaman.

“Ketika saya di X-Factor dan saya melihat kontestan yang satu ini sangat bagus, ketika kontes selesai dia tidak mendapatkan kontrak rekaman, tidak ada satu pun perusahaan rekaman yang tertarik,” kata Engelen.

“Kami mengatakan ada beberapa masalah dengan industri rekaman saat ini dan mari kita coba menyelesaikannya,” tambah Becks.

Melalui SonicAngel, penggemar dapat membeli bagian dalam sebuah band seharga 10 euro masing-masing dan kemudian mereka mendapatkan pembayaran ketika sebuah band mulai menghasilkan uang.

Itu dibayarkan setiap enam bulan, jadi untuk Tom Dice, artis pertama yang mereka luncurkan, mereka membayar kembali 26 euro per 10 euro untuk semester pertama dan 6,8 euro untuk semester kedua.

Sekarang mereka bekerja dengan University of Ghent dan Massachusetts Institute of Technology pada sebuah proyek baru yang dapat memindai seluruh web untuk band-band top-tren, kata mereka.

“Idealnya Anda dapat memindai band-band populer di seluruh web, tetapi itu masih di masa depan, itu adalah sesuatu yang sedang kami kerjakan dengan universitas,” kata Becks.

Penutup: Tom memikat Eropa untuk Belgia

Siapa dia?

Sejak dia bisa mengingatnya, Tom yang berusia dua puluh tahun telah mengerjakan musiknya. Dia memulai karir musiknya di sekolah musik tetapi segera menyadari bahwa dia merindukan sesuatu yang lain. Dia belajar sendiri cara bermain gitar dan menulis lagu pertamanya ketika dia berusia dua belas tahun. Pada usia lima belas tahun Tom memulai bandnya sendiri, The Dice. Nama itu sekarang hidup sebagai nama panggung Tom.

Tom selalu memiliki hubungan khusus dengan para penggemarnya. Sudah terkenal di daerah asalnya, salah satu penggemar lokalnya memasukkannya untuk audisi ajang pencarian bakat edisi Belgia X Factor pada tahun 2008.

Tidak hanya Tom Dice yang berhasil tampil di acara tersebut, berkat suaranya yang luar biasa dan dukungan yang tiada henti dari para penggemarnya, ia selamat dari sebelas acara TV langsung dan menempati posisi kedua. Pada bulan Juni tahun yang sama, Tom merilis single pertamanya, versi akustik bergerak dari Bleeding Love milik Leona Lewis . Single ini sukses instan di tangga lagu hit Belgia.

Langkah besar Tom selanjutnya adalah mewakili Belgia di Kontes Lagu Eurovision di Norwegia. Dia berhasil dengan sangat baik dan sekarang memiliki single yang populer di seluruh Eropa!

Apa yang dipikirkan para penggemar?

“Tom Dice memiliki suara yang bagus yang benar-benar memiliki kemampuan untuk menangkap pendengar dan lagunya juga bagus!” kata seorang penggemar dari Jerman.

“Saya harus mengatakan bahwa saya menyukai lagu ini dan saya dapat melihat bahwa Tom Dice memiliki banyak lagu di Youtube dari acara TV X Factor . Dia penyanyi yang sangat bagus, saya suka suaranya. Dan saya sangat menyukai lagu ini. Itu terus berulang. di komputer saya.” kata Jennifer Carlsson dari Swedia.

Dia finis keenam di Final Kontes Lagu Eurovision dengan 143 poin dan memenangkan Semi-Final pertama, yang diadakan empat malam sebelumnya.

Lihat juga siapa dia dengan mengklik Profil Artisnya . Atau lihat beberapa materi eksklusif di blog MyEurovision miliknya .

5 Label Belgia untuk Dilihat di Pasar Label Independen Brussel
Label Music

5 Label Belgia untuk Dilihat di Pasar Label Independen Brussel

5 Label Belgia untuk Dilihat di Pasar Label Independen Brussel – Tanggal 7 dan 8 April ini, Brussel akan menjadi tuan rumah edisi pertama Pasar Label Independen , dengan stand dari lebih dari 40 label rekaman Belgia dan Eropa. Kunjungi kembali musik klasik dan perluas cakrawala musik Anda dengan lima label 100% Belgia yang tidak boleh dilewatkan.

5 Label Belgia untuk Dilihat di Pasar Label Independen Brussel

Okraïna Records

u-cover – Jika kekuatan sebuah label terletak pada kekuatan visual mereka (seperti sampul Factory Records legendaris yang dirancang oleh Peter Saville, misalnya), Okraïna Records mungkin adalah label paling mencolok di Belgia saat ini. Didirikan oleh penduduk asli Brussel Philippe Delvosalle, Okraïna hanya mengeluarkan vinil 10 inci – sering kali menampilkan dua seniman. Bagian lengan – semuanya dirancang oleh Gwenola Carrère – memiliki estetika puitis yang polos dan dikerjakan dengan tangan menggunakan spidol.

Baca Juga : Pemeriksaan Pasar Musik Belgia – Promosi, Pemesanan, dan Media

Namun di luar visual yang indah, Okraïna Records membangun jembatan antara genre tradisional dan artis modern, musik rakyat dahulu kala dan musik pop saat ini. Rilisan pertama label ini menampilkan sampul lagu-lagu abad pertengahan oleh Eloïse Decazes (penyanyi dari Arlt) dan gitaris Kanada Eric Chenaux. Sejak itu, label telah mengeluarkan rekaman yang belum pernah dirilis oleh Ed Askew dan Ed Sanders, dua tokoh kunci dari adegan rakyat Amerika di tahun 60-an dan 70-an. Mereka juga meningkatkan eksposur ke musik baru dengan mengeluarkan banyak split, dan mereka telah menjelajahi konsep memori dengan rilisan folk mereka (Eloïse Decazes et Delphine Dora) sambil juga memasukkan kisah hidup ke dalam musik (David Greenberger, Glenn Jones et Chris Corsano).

Les Disques du Crepuscule

Ada suatu masa ketika Brussel dipenuhi dengan nama-nama besar post-punk dan avant-garde, dari Cabaret Voltaire hingga Josef K, Tuxedomoon, A Certain Ratio, Malaria!, Antena, Anna Domino, semuanya masuk ke label sekarang-kultus, Les Disques du Crepuscule. Pada tahun 1980 Tony Wilson, salah satu pendiri Manchester’s Factory Records, melintasi Channel bersama dengan beberapa bandnya. Di Belgia, ia bertemu Michel Duval dan Annik Honoré, yang mengorganisir pertunjukan yang mengesankan di Plan K dengan Joy Division, Cabaret Voltaire, The Human League, Delta 5, The Slits, The Pop Group, dll. Bersama-sama, mereka memutuskan untuk membuat cabang Belgia dari Factory Records, dan dengan demikian Les Disques du Crépuscule lahir. Sejak itu, label tersebut telah merilis ratusan rekaman ikonik.

Cakram Berjejal

Juga didirikan pada tahun 1980, Crammed Discs tentu saja telah membuat jejaknya dalam sejarah musik Belgia dan internasional. Dibuat oleh musisi dan produser Marc Hollander (dari band Aksak Maboul), Crammed Discs seperti pendirinya – sebuah peleburan pengaruh. Baik itu rock, musik dunia, atau elektronik, label ini telah melampaui batas sejak rilis pertama mereka. Dari eksplorasi elektronik grup Kongo Konono n°1 (yang lagu-lagunya telah ditinjau kembali oleh seluruh scene rock indie) hingga penciptaan Ziriguiboom, sub-label yang didedikasikan untuk scene Brasil, dan album oleh musisi jazz Ethiopia Mahmoud Ahmed, Crammed Discs telah menciptakan kembali seluruh gagasan “musik dunia” selama lebih dari empat puluh tahun.

62TV Record

Label ikonik lain dari kancah Belgia, 62TV Records merayakan ulang tahun ke-20 mereka pada tahun 2015. Dari headliner seperti Venus, Girls in Hawaii dan Sharko, hingga bintang yang sedang naik daun seperti Alpha Whale, Paon dan Italian Boyfriend (proyek sampingan oleh drummer BRNS), 62TV Records pasti menempatkan Belgia di peta rock indie.

Meeuw Muzaki

Anda memerlukan selera humor yang baik dan sentuhan eksentrisitas untuk menyebut label Anda Meeuw (artinya “camar” dalam bahasa Belanda). Dari apa yang kami ketahui, pendiri Jos Moers juga tidak kekurangan, seperti yang terlihat jelas dari catatan pada labelnya, yang ia buat di Belanda dan baru-baru ini pindah ke Brussel. Dari musisi elektronik seperti Felix Kubin dan Chris Himler hingga artis Belanda yang boros Harry Merry, Meeuw Muzak pada dasarnya adalah aula ketenaran hingga yang paling tidak jelas. Dan itu harus terbayar, karena sebagian besar dari 45-an mereka sudah terjual habis!

Pemeriksaan Pasar Musik Belgia – Promosi, Pemesanan, dan Media
Musik

Pemeriksaan Pasar Musik Belgia – Promosi, Pemesanan, dan Media

Pemeriksaan Pasar Musik Belgia – Promosi, Pemesanan, dan Media – MXD terus mengeksplorasi lingkungan musik di luar pasar ekspor yang besar dan paling jelas. Waktunya telah tiba untuk Belgia dan kami meminta Jochen De Vos dari majalah Cutting Edge untuk memberi kami sedikit wawasan tentang pasar musik Belgia.

Pemeriksaan Pasar Musik Belgia – Promosi, Pemesanan, dan Media

u-cover – Jochen adalah lulusan manajemen musik dan kepala editor musik di majalah Cutting Edge sejak empat tahun. Cutting Edge adalah salah satu outlet media musik terbesar di Belgia. Jochen juga melakukan PR dan promosi untuk seniman dan organisasi musik Belgia, Belanda dan internasional yang memasuki pasar Belgia. Kami pikir dia akan menjadi orang yang tepat untuk mengajukan beberapa pertanyaan tentang bidang media Belgia dan kesempatan manggung di area tersebut!

Baca Juga : Pasar Musik Yang Ada Di Rusia

Pasar Belgia (dan negara pada umumnya) dicirikan oleh fakta bahwa pasar itu terbagi di bagian barat laut Flemish (Flanders) dan bagian tenggara Prancis (Wallonia) – dengan minoritas Jerman yang sangat kecil di timur jauh. Menurut Jochen, ini juga tercermin dalam bidang media yang relatif kecil, sebagian besar karena hambatan bahasa: ”Mungkin ada sekitar enam situs web atau blog musik populer di Flanders, termasuk Cutting Edge, Indiestyle , dan Disco Naïveté .”

Juga bidang radio dipisahkan menjadi dua bagian besar. Untuk band rock dan indie, Studio Brussel adalah stasiun radio terpenting di Flanders. Di Wallonia yang setara adalah FM Murni. Stasiun radio nasional penting lainnya adalah Radio 1 (folk, penyanyi-penulis lagu, rock klasik), Q-Music (musik pop, “komersial”) dan MNM (pop, edm, dll). Ketiganya adalah stasiun Flemish.

Sebagai tambahan, ada beberapa stasiun mahasiswa yang beroperasi dari berbagai kota, di antaranya Jochen menyebutkan Urgent.fm (Ghent), Radio Scorpio (Leuven) dan Stereo03 (Antwerp).

Jochen juga menyarankan bukan hanya bahasa yang membagi pasar musik Belgia.

”Dari segi musik, umumnya ada lebih banyak peluang di Flanders. Tetapi Wallonia telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir – khususnya kota Luik. Tempat-tempat baru dibuka dan lebih banyak band akan bermain di sana, yang merupakan hal yang baik.” Ketika memasuki pasar Belgia sebagai pendatang baru, Jochen merekomendasikan pendekatan langkah demi langkah untuk promosi.

”Mulai saja dengan riset dan minta seseorang menjelaskan pasar Belgia kepada Anda. Setelah itu, berbicara dalam hal promosi, cobalah untuk membangun portofolio untuk meyakinkan media yang lebih besar. Mulailah dengan blog dan situs Belgia dan pergi ke radio mahasiswa. Gunakan liputan untuk pergi ke majalah dan surat kabar sesudahnya dan kemudian radio nasional.”

Masalah utama adalah hadir dan memiliki cerita untuk diceritakan, katanya. “Kami menyukai cerita, jadi lakukan sesuatu dengan itu! Sesuatu tentang mengapa Anda berada di Belgia bermain pertunjukan dan mengapa Anda ada di sekitar. Orang-orang perlu melihat Anda, mendengar Anda, dan tahu tentang kisah Anda!”

Jochen mengatakan tidak perlu dikatakan lagi bahwa mempekerjakan PR lokal pasti akan memiliki manfaat besar, terutama saat mempromosikan musik Anda ke label dan agen pemesanan dan ketika mencoba memesan di tempat yang lebih besar.

Bagaimana cara pemesan memesan di Belgia? Di mana Anda harus bermain?

“Ketika Anda datang ke Belgia, Anda pasti harus mencoba bermain di salah satu kota besar. Mungkin Brussel masih merupakan tempat terbaik untuk bermain karena itu adalah pusat Belgia dan orang-orang dari bagian Flemish dan Prancis di Belgia dapat datang ke pertunjukan. Jika itu tidak memungkinkan, cobalah untuk mengatur sesuatu di Antwerpen atau Ghent. Pilihan berharga lainnya adalah Leuven, Hasselt dan Luik.”

“Karena Belgia adalah negara yang sangat kecil, semua kota sangat dekat satu sama lain, tetapi pasti ada lebih banyak pilihan di kota-kota besar. Coba mainkan pertunjukan di bagian Flemish dan Prancis! ”

“Sangat umum bahwa agen pemesanan memesan untuk Belgia dan Belanda. Tapi mungkin itu lebih umum untuk seniman internasional daripada seniman Belgia atau Belanda. Beberapa agensi penting di Belgia dan Belanda adalah Belmont Bookings, Friendly Fire, Peter Verstraelen dan tentu saja… Live Nation.”

Banyak orang cenderung melihat seniman Nordik dan Skandinavia sebagai sesuatu yang istimewa. Jochen setuju bahwa juga di Belgia, ada kabut khusus yang menyelimuti seniman Skandinavia.

”Dalam banyak kasus akan menjadi keuntungan bagi sebuah band yang berasal dari Skandinavia karena telah menjadi label berkualitas selama beberapa tahun terakhir di Belgia, sebagian besar berkat artis seperti The Knife, Lykke Li, Mø, The Radio Dept. dan Mengeong. Bangsa Nordik juga terkenal dengan musik metal, berkat artis seperti Finntroll, Turisas, Sabaton dan King Diamond. Banyak dari mereka selalu bermain setiap tahun di Graspop, festival metal terbesar kami.”

Tempat yang bagus untuk mulai memperkenalkan industri musik Belgia adalah Glimps Festival .

”Glimps adalah festival showcase nasional di Belgia. Itu terjadi pada bulan Desember di pusat Ghent. Ini mirip dengan Eurosonic dan banyak festival showcase lainnya, tetapi perbedaan sebenarnya adalah bahwa seluruh industri musik Belgia menghadiri acara tersebut. Setiap tahun ada tema sentral dan negara, dan ya, negara fokus tahun ini adalah Denmark. Jadi banyak band Denmark akan datang ke Belgia tahun ini! Bermain di festival mungkin cara termudah untuk memperkenalkan band Anda ke industri musik Belgia.”

Pasar Musik Yang Ada Di Rusia
Berita Musik Informasi Musik

Pasar Musik Yang Ada Di Rusia

Pasar Musik Yang Ada Di Rusia – Musim gugur ini saya telah mempersiapkan untuk merilis album baru saya. Rekaman sudah menunggu Anda untuk mendengarnya.

Pasar Musik Yang Ada Di Rusia

u-cover – Dalam hal ini, saya memutuskan untuk mempelajari keadaan industri musik di dunia pada umumnya dan di Rusia pada khususnya, dan saya ingin mengetahui bagaimana tren global sesuai dengan situasi di negara kita.

Merekam album adalah proses yang agak rumit dan melelahkan, tetapi merekam dan merilis hanya setengah dari perjuangan, maka Anda perlu melakukan upaya agar karya Anda sampai ke pendengar dan dihargai. Karya ini tidak sekreatif proses menciptakan musik, namun, pentingnya di zaman kita sudah jelas.

Setelah muncul ke dunia, musik menemukan jalannya ke hamparan rak musik yang tak berujung, dan agar tidak tenggelam dan menghilang, musisi perlu memahami tren apa yang saat ini ada di pasar dan mencoba memprediksi apa yang akan terjadi. dia berikutnya. Mari kita mulai dengan melihat grafik pendapatan industri musik global dari 1999 hingga 2017, menurut Global Music Report 2018 Annual State of the Industry:

Grafik menunjukkan bagaimana layanan streaming (ditandai dengan warna biru) mendapatkan momentum dan telah menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi global industri musik. Layanan streaming mencakup berbagai format, termasuk layanan berlangganan berbayar YouTube, Vevo, Spotify, serta berbagai platform radio streaming (dan di Rusia ini adalah musik Yandex, Apple Music, dll.).

Total pendapatan di seluruh dunia dari layanan streaming meningkat 41,1% dan untuk pertama kalinya menjadi sumber pendapatan terbesar di industri musik. Pada akhir tahun 2017, terdapat 176 juta pengguna saluran berlangganan berbayar di seluruh dunia, dengan peningkatan 64 juta selama tahun 2017. Sekarang itu kecepatan!

Dan jika Anda melihat 2018, maka menurut laporan lain – RIAA 2018 tentang untung rugi industri musik, maka pendapatan dari platform streaming tumbuh 30% lagi dan sudah menyumbang 75% dari total pendapatan global untuk 2018. Dan bagaimana dengan media fisik musik yang begitu familiar bagi kita hingga saat ini: CD, DVD, dan piringan hitam yang tersayang?

Baca Juga : 2020 Mengubah Industri Rekaman Selamanya

Grafik menunjukkan penurunan popularitas media fisik secara keseluruhan (ditandai dengan warna biru tua yang mengkhawatirkan). Pada tahun 2017 mereka turun 5%, dan menurut laporan RIAA pada tahun 2018 mereka turun lagi 23%, dan dengan format situasinya terlihat seperti ini:

CD turun di 2018 sebesar 34% dibandingkan tahun lalu dan untuk pertama kalinya sejak 1986 penjualan CD di seluruh dunia berjumlah kurang dari satu miliar dolar
DVD runtuh sedemikian rupa sehingga penulis bahkan tidak menganggap perlu untuk menulis tentang mereka secara rinci (kami bahkan tidak akan bertanya kepada mereka tentang kaset)
Rekaman vinil masih merupakan pengecualian. Pendapatan album vinil pada 2018 adalah $419 juta, naik 8% dari tahun ke tahun dan mencapai level tertinggi sejak 1988. Berdasarkan nilai, vinil menyumbang lebih dari sepertiga pendapatan format fisik.

Seluruh pasar musik di Rusia tumbuh hanya 1% pada tahun 2017, menjadi $557 juta, menurut Survei Hiburan dan Media Seluruh Dunia PwC: Prakiraan 2017-2021. Pada 2015-2016, pendapatan industri musik Rusia turun karena situasi ekonomi umum yang memburuk, khususnya, penduduk lebih menyukai jenis hiburan yang lebih murah daripada menghadiri konser musik langsung, misalnya. Namun, karena penguatan rubel, para ahli memperkirakan peningkatan volume segmen konser: ia tumbuh sebesar 2% setiap tahun dan akan mencapai $ 535 juta pada tahun 2021.

Para ahli percaya bahwa tren utama dalam industri musik global juga akan meningkat di negara kita. Ini karena perubahan preferensi pengguna: alih-alih membeli musik, mereka akan semakin banyak menggunakan layanan streaming. Meskipun demikian, segmen musik digital pada tahun 2016 untuk pertama kalinya melampaui pendapatan dari konten musik fisik ($8,5 miliar) dan berjumlah $10,7 miliar.

Di segmen musik digital, pertumbuhan terutama didorong oleh layanan streaming. Total pendapatan mereka di Rusia pada tahun 2017 diperkirakan mencapai $ 22 juta, yang 52% lebih tinggi dari pada tahun 2016. Pada akhir 2016, layanan streaming musik Rusia terkemuka Yandex. Music mengumumkan bahwa jumlah pelanggan berbayarnya telah mencapai 250 ribu orang, meningkat tiga kali lipat sejak 2015.

Namun demikian, Yandex.Music menduduki peringkat kedua (pada saat 2017), di belakang Apple Music, jumlah pelanggan Rusia yang melebihi 600.000. Tempat ketiga diambil oleh Google Play Musik dengan 100.000 pelanggan. Pada pertengahan 2016, dilaporkan bahwa perusahaan Swedia Spotify, pemimpin dunia dalam streaming,

Dalam banyak hal, perubahan ini terkait dengan perubahan generasi konsumen, menurut Pwc: alih-alih generasi baby boomer, generasi milenial (lahir antara 1981 dan 1998) dan generasi Z (lahir setelah 1998) akan datang, yang “tumbuh up” di jaringan, yang lain mengkonsumsi konten dan membayar lebih sedikit untuk itu juga.

Mereka mendengarkan musik secara online daripada membeli album, membaca berita di media sosial daripada membeli koran cetak, menonton video YouTube daripada berlangganan TV kabel atau satelit. Dan kini hadir generasi yang berkali-kali lebih “media” dari generasi sebelumnya. Jelas, kebiasaan konsumsi berbeda dalam beberapa hal tergantung pada layar (ponsel atau TV rumah besar) dan pada waktu seseorang menggunakan perangkat akses konten.

Penonton banyak berubah, dan kini hadir generasi yang berkali-kali lebih “media” dari generasi sebelumnya. Jelas, kebiasaan konsumsi berbeda dalam beberapa hal tergantung pada layar (ponsel atau TV rumah besar) dan pada waktu seseorang menggunakan perangkat akses konten.

1 2 3 5