Warner Music dalam pembicaraan untuk membeli katalog penulisan lagu David Bowie

Warner Music dalam pembicaraan untuk membeli katalog penulisan lagu David Bowie – Warner Music Group (WMG.O) sedang dalam pembicaraan dengan perkebunan David Bowie untuk memperoleh katalog penulisan lagu mendiang ikon musik itu, Financial Times melaporkan pada Rabu.

Warner Music dalam pembicaraan untuk membeli katalog penulisan lagu David Bowie

Warner Music dalam pembicaraan untuk membeli katalog penulisan lagu David Bowie

u-cover – Perusahaan ini mengumpulkan $ 535 juta utang untuk mendukung akuisisi potensial, laporan itu menambahkan, mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Warner Music, rumah bagi musisi termasuk Cardi B, Ed Sheeran dan Bruno Mars, juga telah bermitra dengan bintang pop Madonna pada bulan Agustus untuk meluncurkan kembali seluruh katalognya selama beberapa tahun ke depan.

Baca juga : Universal Music Meluncurkan Virgin Label dan Divisi Layanan Artis

Lahir pada tahun 1947, Bowie adalah bintang rock Inggris visioner di balik hits seperti “Space Oddity” dan “Let’s Dance”.

Bowie mengangkangi dunia rock hedonistik, mode, seni dan drama selama lima dekade, mendorong batas-batas musik untuk menghasilkan beberapa lagu paling inovatif dari generasinya.

Penyanyi itu meninggal pada tahun 2016 pada usia 69, dua hari setelah merilis album “Blackstar”, yang memenangkan beberapa ulasan kritis terbaik dalam karirnya.

Madonna, mitra Warner Music untuk menerbitkan kembali seluruh katalog popstar

Madonna, superstar musik pop wanita terlaris sepanjang masa, akan meluncurkan kembali seluruh katalognya selama beberapa tahun mendatang di bawah kesepakatan dengan Warner Music Group (WMG.O) , studio musik yang meluncurkan single debutnya. hampir empat dekade lalu.

Madonna, yang berusia 63 tahun pada hari Senin, adalah artis terbaru yang menandatangani kesepakatan dengan label rekaman terbesar ketiga di dunia setelah kesepakatan DJ Prancis David Guetta pada bulan Juni. Warner Music juga merupakan rumah bagi musisi termasuk Cardi B, Ed Sheeran dan Bruno Mars.

Pelantun “Material Girl” dan “Express Yourself” itu telah menjual lebih dari 300 juta rekaman dan dilantik ke dalam Rock & Roll Hall of Fame pada 2008.

Pemenang tujuh Grammy Awards, Madonna terkenal karena albumnya “Ray of Light,” “Like a Virgin” dan “True Blue.”

Kemitraan ini menandai revitalisasi hubungan selama beberapa dekade dengan Warner yang dimulai dengan perilisan single debut Madonna pada tahun 1982 dan 2022 akan menandai peringatan 40 tahun debut rekaman artis tersebut, kata WMG.

“Mereka telah menjadi mitra yang luar biasa, dan saya senang memulai bab berikutnya bersama mereka untuk merayakan katalog saya dari 40 tahun terakhir,” kata Madonna.

Dia juga berakting dalam film termasuk “Evita” dan “A League of Their Own” dan menyutradarai dan menulis film 2011 “W./E.” tentang skandal turun tahta kerajaan Inggris pada tahun 1930-an. Penyanyi ini juga akan merilis film dokumenternya “MADAME X” pada 8 Oktober.

Minggu ini, tuan rumah Louise Porter meminta pendiri MBW Tim Ingham tentang berita bahwa Warner Music Group adalah meningkatkan $ 535.000.000 untuk bagian-dana tiga akuisisi potensial baru.

Ingham menyarankan bahwa satu akuisisi yang masuk akal untuk Warner adalah katalog penulisan lagu David Bowie, yang dilaporkan di blok untuk sekitar $200 juta.

Dia menunjukkan bahwa Warner’s Max Lousada telah mengumumkan kesepakatan penting dengan Bowie estate tahun ini – dengan Warner melisensikan seluruh katalog rekaman pasca-1968 milik Bowie mulai tahun 2023 dan seterusnya.

Ini mungkin telah “membuka jalur negosiasi yang berkelanjutan” antara WMG dan perkebunan Bowie, saran Ingham.

Ingham berkata: “Jika Warner akan memegang kendali penuh atas katalog rekaman hit Bowie mulai tahun 2023 dan seterusnya, maka itu merupakan pelengkap yang jelas untuk juga mengendalikan – atau memang memiliki – hak penerbitan lagu-lagunya.

“Bayangkan sebuah SuperBowl atau Grammy spesial, misalnya, merayakan semua musik hit Bowie – mungkin sekitar ulang tahun rilis tertentu – dengan Warner menghasilkan baik di sisi rekaman maupun di sisi penerbitan, tidak hanya dari penggunaan musik di acara tersebut, tetapi juga pada peningkatan berikutnya dalam katalog Bowie.”

Kisah kedua dibahas di Talking Tren minggu ini adalah berita bahwa Universal Music Group yang bekerja sama dengan Authentic Brands Group untuk ‘nama dan rupa’ memperoleh hak dari seniman.

Ingham menyarankan bahwa langkah ini mungkin cukup berkaitan dengan perusahaan audio visual internal Universal, PolyGram, dan artis film yang diharapkan akan dibuat di masa depan.

Dia mengatakan: “Universal mulai memiliki kontrol yang lebih eksklusif atas nama dan hak rupa dari artis legendaris tidak hanya akan membantu mendorong bisnis audio-visual [UMG] ke depan, tapi saya rasa itu juga akan membantu Universal dan PolyGram mendapatkan eksklusivitas untuk membuat artis film biografi, menakut-nakuti orang lain di Hollywood agar tidak mencoba membuat film yang sama.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.