Label rekaman musik yang membuat musik indie Kian melambung

u-cover – Dua tahun lalu, semua wartawan ingin mengatakan bahwa nada bebas Indonesia kembali “panas”. Apakah Anda ingin fakta? Tengok saja sejumlah merek rekaman gratis terbaru Indonesia satu tahun terakhir. Merek-merek ini telah mencapai status tertinggi sejak asalnya, terus-menerus menunjukkan tanda-tanda dan meningkat.

Label rekaman musik yang membuat musik indie Kian melambung

Label rekaman musik yang membuat musik indie Kian melambung

Label rekaman musik yang membuat musik indie Kian melambung – Biaya pembuatan masih terjangkau (merk digital sangat ekonomis untuk dijalankan dan dengan pencetakan kaset yang murah, bentuk ini sudah dalam 6-7 tahun terakhir Populer kembali). Tumbuhnya minat mendirikan brand ini juga didukung oleh para penggemar musik yang terus mempertimbangkan untuk menggunakan social tools dan mengakses data dari berbagai tutorial membangun industri rekaman DIY.

Selain mendengarkan zine dan webzine lokal, Anda dapat mengunjungi Bandcamp atau Soundcloud untuk memasukkan nama panggilan “Indonesia” atau kota Anda, atau menghadiri acara musik underground dan pameran rekaman. Tidak sulit untuk merilis album indie baru yang mungkin menjadi favorit Anda. Tapi bagaimana dengan beralih dari merek biasa-biasa saja ke perusahaan rekaman yang mengumpulkan suara lawan Anda? Misalnya, bagaimana cara mengetahui brand indie bandung atau kera yang sedang diputar? Jangan khawatir, catatan ini telah diunggah untuk membantu Anda.

Kemudian sebuah saran (tentu saja subjektif) tentang label musik indie terbaik dari Indonesia saat ini.

1) Leeds Record

Merek ini meminjam julukan klub sepak bola Inggris yang terkenal dengan aktivitas rekreasinya sebelum turun pangkat. Leeds didirikan pada tahun 2015 oleh aktivis adegan Zakasandra Novian, yang awalnya adalah kolektor kronis publikasi indie lokal. Zaka Leisure adalah seorang penulis zine yang telah menjadi pendukung aktivitas radio internet hingga menjadi pemilik merek musiknya. Leeds tidak fokus pada genre tertentu, memproduksi lembaran musik dari band fuzz rock Zaff, buah aneh rock indie eksperimental hingga pendatang baru Shoegaze di dunia, Sirati Dharma. Salah satu utas yang umum untuk rilis merek ini dapat menjadi bagian besar dan kabur dari suara rock. Merek tidak memiliki tema yang solid atau metode periklanan tradisional (saya menemukan kebocoran karena rahasia bahwa beberapa band Zaka tidak senang dengan sikapnya yang terlalu bebas), tetapi dengan antusiasme Zaka. Partisipasi dalam kancah musik indie adalah Warisan penting Merek ini.

2) Nanaba Records

Nanaba Records adalah salah satu merek terbaru yang mengkhususkan diri dalam kaset. Didirikan pada tahun 2014, Nanaba hanya merilis kaset (kemudian merilis bagian CD khusus, Missashi Records) dan sangat produktif dalam produksi rilisan tersebut. Hal ini berlanjut hingga hari ini. Sangat bagus bahwa merek ini memiliki keseimbangan antara kualitas dan kuantitas. Pamflet Nanaba dijalankan oleh Jodi Setiawan, salah satu pemilik merek paling beruntung di Indonesia yang juga bermain di band pop impian Peonies, termasuk pop kota Jepang (Ikubal), arena rock (lightcraft), dan punk liar. Termasuk jam (Jalan) dan banyak lagi . lagi. Merek ini juga mendapatkan banyak momentum dengan merilis versi terbatas dari versi kaset album, yang sebelumnya hanya tersedia dalam bentuk CD (Kaveh Kanes, Sigmun, Mocca). sampai hari ini.

3) Hummingbird Records

Merek yang dipilih dengan cermat ini mungkin paling mendekati bentuk ideal merek “bintang hip” dalam hal suara dan dampak, tetapi tidak harus menjadi yang pertama. Dengan sengaja merilis band yang menggunakan banyak reverb dalam gaya koleksi C86 (dengan beberapa perubahan), Kolibri berhasil memantapkan dirinya sebagai merek dengan estetika asli.
Kelebihan lainnya adalah fokusnya pada rilis CD daripada kebangkitan kaset pengikut (yang lebih murah). Sangat menarik dan mudah untuk mengabaikan merek ini karena menyerupai banyak band indie Amerika modern yang diakui secara terbuka oleh pemilik label, tetapi beberapa anggota memiliki penulisan lagu yang hebat.

4) Tandem Tape

Tandem Tape adalah merek yang berada di luar negeri dan didirikan oleh warga negara Australia Morgan Keller, yang pindah ke Jakarta dua tahun kemudian. Dengan bergandengan tangan, menemukan berbagai aktivitas di luar negeri dan mencari teman baru, McKeller berencana mempertemukan dua musisi yang memperkenalkan suara berbeda dari negara yang berbeda (biasanya Indonesia dan negara lain). ..
Sebuah fitur pembeda penting dari tandem dengan merek lain adalah dedikasi mereka untuk nada eksperimental yang berbagi pengalaman mereka saat ini, meskipun tidak selalu mudah didengar. Stabilitas karya seni noir hitam putih modern juga membuat koleksi rilisan tandem nyaman.

5) Tromagnon Records

Merek muda Bogor, Tromagnon, terbukti menjadi kombinasi yang sangat baik antara nada lo-fi dan rock indie tradisional. Bergabunglah dengan band penggemar Pavement, Texpact, lagu gitar mengantuk Swellow, atau Identitas Rahasia Saya Brit-Pop yang menarik. Intinya, Tromagnon adalah merek revitalisasi nada 90-an. Pesona dan antusiasme anak kecil ditekankan pada saat yang sama, dan Anda dapat memahami efek dari suara mereka yang sangat realistis. Untuk keluar dari materi, merek-merek ini perlu mengiklankan lebih banyak dan menambahkan lebih banyak edisi ke pamflet mereka.

Baca Juga : Rekomendasi Label Rekaman Musik Teratas

6) Rekor ketinggian

Lahir dari meteran jurnalis. Anda bisa menyebutnya Taufiq Rahmat, Elevation Records Academia Indie. Karena sebagai sebuah merek, Elevation tidak hanya tertarik pada suara, tetapi juga pada asal mula pelepasan dan keadaan otak. Ada rumor sosial politik, tim rap legendaris Bandung yang sangat berhati-hati dengan pembunuhan. Selain itu, ada nada bumi religi baru oleh Lulur Semak dan tentu saja komedi khas Indonesia oleh Bandempo. Kecenderungan Elevation untuk menghasilkan banyak catatan liner dan catatan konteks juga membuat merek ini istimewa. Tidak mengherankan, merek tersebut juga memiliki area publikasi, Elevation Books, yang menerbitkan novel. Beberapa novel Elevation ditulis oleh musisi, termasuk pemikiran mendalam tentang nada lokal dan global.

7) Yesnowave

Ya, nomor gelombang adalah saga. Arsip online Ya Number Wave menyembunyikan banyak koleksi nada digital yang dapat Anda unduh secara gratis. Banyak dari rilis tersebut sangat tidak biasa dan banyak yang bagus. Penggambaran mendetail dari dunia musik Yogyakarta, merek legendaris ini membuktikan bagian avant-garde dan eksperimental Kota Guducci, termasuk album awal “Compound”. Bagi penggemar nada neo-tradisional yang langka di Indonesia, Yes Number Wave menawarkan harta karun berupa nada rasa lokal. Ada banyak musisi dari kota lain dan layak untuk didengarkan. Jika Anda ingin menghabiskan waktu berjam-jam untuk menciptakan lagu-lagu terbaru, sistem dokumen Yes Number Wave juga sangat bagus.

8) Grimloc

Jalur sosial politik Grimloc, yang diambil alih oleh Pembunuhan Ucok, menyerupai formasinya dengan grup hip-hop. Pendiri grup hip hop saat ini tidak aktif. Grimloc memiliki penggemar yang antusias yang menyukai merek Ucok dan penampilannya sebagai bukti pengakuan atas kegembiraan dan antusiasme merek. Rilisan Grimloc bertujuan untuk hidup di ranah rap dan rock hardcore, penuh dengan kegembiraan putus asa yang dipahami banyak anak muda Indonesia. Rilisan Grimloc tidak selalu enak didengar, jadi selalu menyenangkan untuk didengarkan.

9) Orange Cliff

Merek hip Indonesia lainnya, Orange Cliff, unggul dalam grafis, suara, dan jaringan. Kali ini seputar psychedelic rock and metal (ada jenis lain seperti nada elektronik instrumental Logic Lost). Merek ini berfokus pada band Sigmun, yang secara akustik mengelola pamflet merek tersebut. Haikal Azizi, penyanyi dan gitaris Sigmun, juga merupakan bagian dari merek ini. Tentu saja, suara tahun 70-an mengingatkan saya bahwa band ini fokus pada suara rock psychedelic, tapi saya belum pernah mendengar tentang retro atau kw. Faktanya, band-band muda merek membawa suara modern dengan cara kuno ini. Kemasan dan karya seni yang memukau juga merupakan nilai tambah.

10) Hema Records

Hema Records baru-baru ini didirikan dan memiliki aura merek yang tahu bagaimana mengkurasi dirinya sendiri. Sekali lagi, departemen citra dan suara yang kuat berbagi identitas merek berbasis solo ini-bersama dengan departemen penerbitan mereka yang masih sangat muda. Tidak banyak publikasi di pamflet, tetapi jika kita dapat terus menjaga kualitas EP Annie Hall yang solid, masa depan Hema terlihat cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *