Industri Musik Belgia Tumbuh 8% Di Tahun 2019 – Industri musik Belgia tumbuh 8% pada tahun 2019 dengan langganan streaming berbayar naik 31% dan sekarang menyumbang 60% dari total omset menurut BEA , asosiasi industri hiburan Belgia.

Industri Musik Belgia Tumbuh 8% Di Tahun 2019

u-cover – Total penjualan mencapai €78,32 juta pada 2019 dibandingkan dengan €72,49 juta pada 2018. Pertumbuhan langganan berbayar merupakan faktor terpenting dalam pertumbuhan keseluruhan tahunan dengan Spotify, Deezer, dan Apple Music sebagai layanan streaming paling populer.

Streaming, dengan omset €46,7 juta, menyumbang 60% dari total omset musik. Jika unduhan disertakan, penjualan digital pada 2019 mencapai €52,93 juta atau 68% dari total. Banyak faktor yang berkontribusi pada pertumbuhan streaming. Berbagai artis, lagu dan daftar putar, keramahan pengguna, aksesibilitas dan dukungan promosi dari perusahaan musik dan penyedia streaming memastikan tren ini.

Pada 2019, penjualan musik fisik, dengan omset €25,38 juta, menyumbang 32% dari total omset. Ini merupakan penurunan 14% dibandingkan tahun 2018 dimana penjualan musik fisik sebesar €29,54 juta. Penjualan CD terealisasi €17,27 juta yang merupakan penurunan besar sebesar 22% dibandingkan tahun lalu. Penjualan vinil menghasilkan penjualan lebih dari €5,9 juta, meningkat 8% dibandingkan tahun lalu.

Patrick Guns, Ketua ‘BEA Music’ dan General Manager ‘Universal Music Belgium’: “Sektor kami kembali menunjukkan pertumbuhan penjualan yang kuat di tahun 2019. 8% plus dibandingkan 2018 sangat fantastis. Kami sangat senang dengan perkembangan positif ini. Terutama peningkatan 31% dalam omset digital menunjukkan bahwa orang Belgia dapat menemukan jalan mereka dengan lebih mudah menuju layanan streaming seperti Spotify, Apple Music, Deezerdiantara yang lain.

Baca Juga : Curaprox Menjadi Sponsor Utama Industri Musik Terbesar Di Asia

Jika kita melihat pasar musik lain yang sebanding, kami yakin bahwa tren pertumbuhan ini akan terus berlanjut. jelas lebih potensial, perkembangan yang menjanjikan untuk masa depan. Tahun 2019 merupakan tahun yang baik bagi dunia musik. Baik streaming, download, dan fisik menawarkan banyak cara bagi konsumen untuk menikmati musik dan menikmati jangkauan luas dan menarik dari artis lokal dan internasional.”

Sam Jaspers, direktur pelaksana Ultratop: “Angèle selalu hadir di tangga lagu Ultratop pada tahun 2019. Di Flanders, dia mencetak 4 hit top 20 dan albumnya ‘Brol’ bertahan di 20 besar selama hampir satu tahun penuh. Di Wallonia dia mencetak 5 hit besar, termasuk 2 hit nomor 1, dan menempatkan albumnya di peringkat 1 selama tidak kurang dari 18 minggu. Sebagian besar kesuksesannya diraih melalui layanan streaming. Hal yang sama berlaku untuk saudara laki-lakinya Roméo Elvis, yang selesai di 2, dan mantan pemenang Damso, Dimitri Vegas & Like Mike dan Lost Frequencies yang menyelesaikan 5 besar “.

Streaming dan vinil: Lebih banyak musik dibeli lagi di Belgia

Penjualan musik di Belgia telah mencapai level tertinggi dalam beberapa tahun. Berkat streaming dan kebangkitan yang luar biasa dari piringan hitam tua yang bagus, lebih banyak orang membawa musik ke rumah mereka lagi, seperti yang dapat dilihat dari angka terbaru dari Belgian Recorded Music Association (BRMA). Asosiasi ini mewakili distribusi dan produksi pembawa musik dan suara di Belgia.

Industri musik Belgia menghasilkan penjualan sekitar €90 juta pada tahun 2021. Itu adalah penjualan 16% lebih banyak daripada di tahun Corona 2020. Namun penjualan ini juga lebih tinggi dari sebelum pandemi. Saat ini, sekitar tiga perempat penjualan (78%) di Belgia dihasilkan secara digital. Itu lebih dari dua kali lipat dari 5 tahun yang lalu. 75% di antaranya adalah streaming musik. Area ini adalah kekuatan pendorong di balik peningkatan penjualan yang signifikan ini.

Sektor ini mencatat bahwa di Belgia juga, platform seperti Spotify, Deezer, Apple Music, dan YouTube memastikan jangkauan yang luas dan bahwa penyedia ini ramah pengguna dan mudah diakses.

Rekaman vinil mengejar CD, tetapi rekaman lama yang bagus belum menyusul compact disc dalam hal angka penjualan. Ini bisa jadi karena harga piringan hitam yang terkadang cukup tinggi. Pada tahun 2021, penjualan pembawa suara klasik juga meningkat. CD senilai €9,4 juta terjual tahun lalu.

Dibandingkan dengan 2018, ketika CD dijual seharga € 22 juta, ini adalah penurunan tajam. Secara umum, penjualan CD di Belgia telah menurun selama bertahun-tahun, sementara piringan hitam kembali populer. Menurut BRMA, vinil senilai €8,96 juta terjual pada tahun 2021, 78% lebih banyak dari tahun lalu (!). Sebagai perbandingan, pangsa pasar vinyl dan CD saat ini hampir sama: 44,4% vinyl versus 48% CD. Pada 2019, penjualan CD masih menyumbang 68% dari penjualan pembawa suara fisik di Belgia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.