11 Hip Hop Kelas Berat Yang Mendirikan Label Rekaman Sendiri –¬†Amerika Serikat telah merayakan Musik Afrika Amerika pada bulan Juni sejak 1979. Apa yang biasanya disebut sebagai Black Music Month sekarang secara resmi diamati setiap bulan Juni dan didukung oleh dorongan besar dari industri musik, termasuk meningkatkan visibilitas di seluruh layanan streaming, pengecer musik, stasiun radio, dan media sosial. Selama sebulan dan seterusnya, penyanyi, musisi, penulis lagu, dan komposer kulit hitam dirayakan.

11 Hip Hop Kelas Berat Yang Mendirikan Label Rekaman Sendiri

u-cover – Bukan rahasia lagi musisi kulit hitam memelopori banyak genre musik, termasuk hip hop, jazz, swing, rhythm and blues, house, dan lainnya. Sepanjang abad terakhir, genre-genre ini telah mengubah lanskap budaya Amerika. Musik menyatukan seluruh generasi dan menjadi cara lain untuk mengekspresikan diri. Musisi kulit hitam juga memengaruhi musik yang kita dengar hari ini. Untuk menghormati Black Music Month, kami telah menyusun daftar artis kulit hitam sukses yang kemudian membuat label rekaman mereka sendiri.

1. Sean Diddy Combs (Bad Boy Records)

Bad Boy Records adalah perusahaan musik, media, dan hiburan peraih penghargaan yang didirikan oleh Sean Diddy Combs. Bad Boy adalah label perintis dalam hip hop dan, selama lebih dari 20 tahun, telah menjadi salah satu perusahaan produksi, distribusi, publisitas, promosi, dan pemasaran utama industri musik. Bad Boy membantu meluncurkan karir kelas berat hip hop dan R&B seperti Diddy sendiri, The Notorious BIG, Ma$e, Faith Evans, 112, Mario Winans, The Lox, Edisi Baru, Carl Thomas, Total, dan lusinan lainnya.

Baca Juga : 10 Lagu Belgia Yang Harus Anda Ketahui

2. Kanye West (GOOD Music)

GOOD Music adalah label rekaman Amerika yang didirikan oleh Kanye West pada tahun 2004. Label tersebut diakui telah menandatangani tindakan berpengaruh seperti Big Sean, Pusha T, Teyana Taylor, Mos Def, John Legend, dan lainnya yang masih memimpin budaya saat ini.

3. Travis Scott (Cactus Jack Records)

Cactus Jack Records didirikan oleh rapper Houston Travis Scott. Label melihat penandatangan pertamanya, Smokepurpp, pada bulan September 2017. Pada bulan Oktober tahun itu, rapper Harlem Sheck Wes juga menandatangani kontrak rekaman bersama dengan Cactus Jack dan GOOD Music. Beberapa hari setelah perilisan albumnya yang sangat dinantikan, ASTROWORLD, Scott juga Don Toliver, yang tampil di potongan albumnya CAN’T SAY. Cactus Jack sebelumnya telah bekerja sama dengan merek seperti Nike dan McDonald’s.

4. Drake (OVO Sound)

OVO Sound adalah label rekaman Kanada berbasis di Toronto yang didirikan pada tahun 2012 oleh artis hip hop Drake, produser 40, dan Oliver El-Khatib. Ini beroperasi sebagai anak perusahaan dari, dan didistribusikan melalui, Warner Records milik Warner Music Group. Label tersebut mewakili Drake, PartyNextDoor, Majid Jordan, Roy Woods, DVSN, Baka Not Nice, Popcaan, dan banyak lagi. Album studio keenam Drake Certified Lover Boy adalah rilis resmi pertamanya di bawah labelnya. Dalam minggu pertamanya, album berisi 21 lagu ini mengumpulkan 744 juta streaming di Amerika Serikat. Itu memecahkan rekor Spotify untuk streaming terbanyak dalam satu hari.

5. Yo Gotti (Collective Music Group (CMG))

Dengan 10 penandatangan, Gotti telah menetapkan CMG sebagai merek yang tangguh di industri musik. Label mencetak proyek dengan tangga lagu tertinggi dalam setahun terakhir saat memulai kemitraan baru dengan Interscope Records. Daftar artis Yo Gotti termasuk Moneybagg Yo, Blac Youngsta, 42 Dugg, EST Gee, Moozy, dan banyak lagi. A Gangsta’s Pain dari Moneybagg Yo menghabiskan dua minggu di No. 1 di Billboard Hot 200.

6. Tyler, The Creator (Odd Future Records)

Odd Future Records adalah label rekaman Amerika yang didirikan pada 2011 oleh rapper dan produser Tyler, pencipta Odd Future. Grup tersebut menandatangani kesepakatan dengan Sony dan RED Distribution untuk membuat label mereka sendiri. Pada 20 Maret 2012, di bawah usaha baru, Odd Future merilis The OF Tape Vol. 2, sekuel dari penawaran tahun 2008 mereka The Odd Future Tape. Album debutnya di No. 5 di tangga lagu US Billboard 200, terjual 40.000 eksemplar di minggu pertama.

7. Future (Freebandz)

Freebandz adalah perusahaan hiburan layanan lengkap internasional yang didirikan oleh artis rekaman multi-platinum peraih penghargaan Grammy Future pada tahun 2011. Perusahaan ini mendukung beragam daftar bakat melalui layanan label seperti manajemen artis, penerbitan musik, produksi, tur, merek strategis pengembangan, merchandising, dan lainnya. Rilis label didistribusikan melalui Rekaman Epik. Daftar mereka termasuk DOE BOY, DJ Esco, Young Scooter, Zoey Dollaz, Guap Tarantino, dan masih banyak lagi.

8. Lil Durk (OTF)

OTF, lebih dikenal dengan Only The Family, didirikan oleh Lil Durk. Label ini adalah rumah bagi artis rekaman seperti mendiang King Von, Booka600, Doodie Lo, THF Zoo, OTF Ikey, JusBlow600, Slimelife Shawty, dan banyak lagi. Pada April 2020, Lil Durk tampil pertama kali di Papan iklan 100 panas dengan single Momen Viral dari album studio kelimanya, Just Cause Y’all Waited 2. Kesuksesan komersial Lil Durk berlanjut dengan single seperti “3 Headed Goat, Backdoor, The Voice, dan penampilannya di Laugh Now Cry Later milik Drake dan Back in Blood milik Pooh Shiesty.

9. Lil Baby (4PF)

Superstar Kontrol Kualitas Lil Baby adalah salah satu rapper terbesar yang keluar dari Atlanta. Album My Turn-nya mendapatkan double platinum dan mencapai nomer 1 di tangga lagu Billboard 200 pada Maret 2020, menghabiskan enam minggu berturut-turut di posisi teratas. Ia juga dinobatkan sebagai Artist of the Year dari semua genre terbesar di Apple Music Awards 2020. Pada tahun yang sama, dia meluncurkan labelnya 4PF (atau, Four Pockets Full). 4PF sudah memiliki beberapa artis berbakat yang ditandatangani, termasuk 42 Dugg (yang memiliki kesepakatan bersama dengan CMG Yo Gotti), Rylo Rodriguez, Lil Kee, Lil Dan, dan yang terbaru adalah penyanyi wanita pertamanya, Chalynn Monee.

10. Chief Keef (43B)

Awal bulan ini, legenda bor Chicago Chief Keef mengumumkan bahwa dia bekerja sama dengan RBC Records/BMG untuk meluncurkan labelnya sendiri 43B. Usaha barunya menawarkan layanan distribusi dan pemasaran untuk artis dan produser. Penandatangan pertamanya adalah rapper Atlanta Lil Gnar. Kepala A&R dan Pemasaran Sophie Kaut mengatakan 43B akan beroperasi dengan model yang ramah artis, memberi artis dan produser sarana untuk berkembang dalam karier mereka.

11. Meek Mill (Dream Chasers Records)

Dream Chasers Records adalah perusahaan patungan dengan Roc Nation yang dipelopori oleh Meek Mill pada tahun 2019. Perusahaan terlibat dalam akuisisi bakat dan menawarkan strategi kreatif dan layanan pemasaran, bersama dengan fasilitas studio rekaman, untuk membantu artis pemula meningkatkan popularitas dan penjualan album mereka. Daftar mereka termasuk Vory, KUR, Tafia, dan Yungro.